Kisah Nyata Pilihan 25 Cerita Nabi dan Rasul Allah

Kisah Nyata Pilihan 25 Cerita Nabi dan Rasul Allah

kisah cerita nabi-nabi dalam Kegiatan bercerita kepada anak akan memberikan banyak manfaat yang positif. kegiatan bercerita disampaikan dengan metode dongeng akan lebih menarik minat dan perhatian anak pada pesan yang disampaikan.

Menarik Manfaat positif dari bercerita yaitu untuk perkembangan akal imajinatif dan kreativitas anak. Manfaat yang lain dan terutama tentang Cerita kisah nyata 25 nabi didalam Alquran adalah pendidikan akhlak dan budi pekerti anak.



Kumpulan cerita Nabi



Kata Nabi (Nabi dalam bahasa Arab) berasal dari kata Naba, yang berarti berita. Pesan Tuhan terungkap dan Nabi menyebarkan berita di antara umatnya. Seorang rasul, di sisi lain, datang dengan misi khusus, biasanya untuk menyampaikan penahbisan baru dari Tuhan. Setiap Utusan adalah seorang Nabi, tetapi tidak setiap Nabi, adalah seorang Utusan.

Dalam Islam percaya kepada Nabi dan Rasul Allah sebagai bagian dari akidah Islam. Agama mengajarkan bahwa semua nabi datang kepada umat mereka dengan tugas yang sama, Mengegakkan kebenaran dan memurnikan Tauhid bahwa Allah Maha tunggal. "Wahai bangsaku, sembahlah Allah, Tiada Tuhan selain Allah". (Al-Quran 11:50).

Kumpulan cerita kisah nyata 25 Nabi dan Rasul Allah didalam Alquran adalah suri tauladan yang paling baik. Berikut Beberapa cerita tentang 25 Nabi :


Nabi Adam AS



Cerita Nabi Adam 

Cerita Nabi Adam sebagai Manusia pertama yang diciptakan Allah di dunia sebagai khalifah. Diturunkan dari Surga ke bumi bersama Hawa karena melanggar larangan Allah, kemudian memulai kiprahnya dalam membangun peradaban manusia untuk diteruskan kepada anak cucunya hingga hari akhir.

Diciptakannya Nabi Adam sebagai Khalifah pertama dimuka bumi dipertanyakan oleh para malaikat, karena citra manusia sebagai perusak. Terekam dalam Alquran surah Al-Baqarah ayat 30

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah di bumi.” Mereka berkata, “Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?” Dia berfirman, “Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”

Dikatakan dalam kisah lain pada cerita Nabi, bahwa Allah menunjukkan kebenaran akan keputusanNya dengan mengutus malaikat Harut dan Marut untuk berkiprah di muka bumi sebagai perbandingan antara Malaikat dan manusia dibumi. Akhirnya malaikat Harut dan Marut mengakui bahwa betapa beratnya seorang khalifah, bagaimana mereka dapat menyembah dan taat kepada Allah, padahal mereka dikelilingi beberapa kesenangan dan kelezatan.

Baca selengkapnya :
Cerita Nabi Adam AS sebagai manusia pertama

2. Nabi Idris AS





Cerita Nabi Idris 

Dalam Cerita Nabi Idris, ia diangkat sebagai nabi kedua setelah Nabi Adam AS, Ia terangkat ke derajat yang tinggi, dalam tafsir ibnu Hatim Nabi Idris diwafatkan tatkala berada dilangit keempat dan dibawa oleh malaikat.

Baca selengkapnya :
Cerita Nabi Idris AS



3. Nabi Nuh AS




cerita nabi nuh

Cerita Nabi Nuh 

Kisah cerita Nabi Nuh dan bahteranya sebagai bentuk perjalanan peringatan yang panjang kepada kaumnya yang mendurhakai Allah. kaumnya tenggelam termasuk salah satu anak Nabi Nuh oleh banjir Bah dengan air yang tercurah dari langit dan memancar dari dalam bumi.


Tatkala anaknya berlari menyelamatkan diri ke gunung - gunung, dipanggilanya untuk naik ke bahtera yang dibuat bersama pengikutnya. Namun karena kedurhakaannya, anaknya enggan untuk patuh kepada ayahnya, ia memilih untuk ikut bersama orang-orang kafir.Cerita Nabi Nuh diwarnai perhelatan batin, antara kepatuhan kepada Allah dan kecintaan terhadap anaknya.

Baca selengkapnya :
Kisah Cerita Nabi Nuh AS dan banjir bah


4. Nabi Hud AS




cerita nabi hud

Cerita tentang Nabi Hud 

Cerita Nabi Hud dengan kaum Aad yang durhaka dan sombong karena kepintarannya membangun peradaban tinggi dengan gedung yang dipahat dari gunung batu, seta sistem penataan arsitektural dan pertanian pada masanya.


Dakwah Nabi Hud untuk menegakkan Tauhid kepada kaumnya hanya dianggap bualan belaka, kesombongan akan kpeintarannya telah menutup mata hati kaum Aad. Karenanya mereka terkena adzab dar Allah atas doa yang dipanjatkan Nabi Hud. 

Maka Allah menjadikan lembah Mughits tempat tinggal kaum ‘Aad menjadi kering kerontang. Dalam cerita Nabi Hud, Allah menurunkan adzab atas kedurhakaan mereka, Bangsa Aad kemudian ditimpa musim kemarau selama tiga tahun
 
Baca selengkapnya :
Kisah Cerita Nabi Hud AS dengan kaum Aad


5. Nabi Shaleh AS



cerita nabi shaleh

Cerita tentang Nabi Shaleh 

Sebagai seorang Nabi dan Rasul yang berdakwah melalui bukti mukjizat unta betina diatas bangsa Tsamud yang mempunyai peradaban tinggi pada kala itu. Inilah cerita Nabi Shaleh pada Kaum Tsamud yang berkuasa menggantikan Kaum Aad dibinasakan pada jaman Nabi Hud AS.

Kaumnya Nabi Shaleh mendurhakai dengan membunuh unta betina dan menantang Nabi untuk mendatangkan adzab bila benar ia seorang utusan Allah. Bahkan kaumnya pun berencana untuk membunuh Nabi.

Baca selengkapnya :
Kisah Cerita Nabi Shaleh AS dan mukjizat unta betina


6. Nabi Ibrahim AS



cerita nabi ibrahim

Cerita Nabi Ibrahim 

Kisah Mulia cerita Nabi Ibrahim yang hidup ditengah kekuasaan kerajaan Babilon, Mesopotamia. kisah mukjizat Nabi Ibrahim ketika ia menghancurkan berhala sesembahan raja Babilon hingga dihukum dengan dibakar hidup-hidup oleh raja Namrud. Ibrahim melahirkan keturuan nabi-nabi berikutnya sampai berkesinambungan hingga Nabi muhamad SAW.

Hidupnya pun penuh penantian akan adanya keturunan, lama ia menunggu hingga diusia senja lahirlah Ishak dan Ismail. Ajarannya pun menjadi turunan hingga disempurnakan oleh Nabi penutup dan terakhir melalui Alquran.

Baca selengkapnya :
Cerita Nabi Ibrahim AS tak mempan dibakar

 


7. Nabi Luth AS



cerita nabi luth di negeri sodom

Cerita Nabi Luth

kisah cerita Nabi Luth di negeri Sodom / Sadum. Kaum yang melakukan perbuatan menyeleweng, hubungan antara sesama jenis. Allah mengharamkan dan membenci perbuatan mereka, telah diutus Nabi luth diatas mereka namun mereka semakin ingkar terhadap Allah. Kaum yang akhirnya terkena adzab ditelan bumi.

Hingga kaumnya yang diuji oleh Allah dengan didatangkannya 3 malaikat sebagai tamu di kediaman Nabi Luth. Mereka diincar untuk diculik dan diperkosa. Namun itulah tanda akhir untuk kaum Sadum mendapat adzab dari Allah.

Baca selengkapnya :
Cerita Nabi Luth AS di negeri Sodom

 


8. Nabi Ismail AS




cerita nabi ismail

Cerita Nabi Ismail

Tentang kisah pilu cerita Nabi Ismail yang disembelih oleh ayahnya sendiri yaitu Nabi Ibrahim AS. Kisah tauladan anak yang patuh pada perintah Allah dan orang tua, meski nyawa yang dikorbankan. Juga mengisahkan tentang awal pembangunan berdirinya Ka'bah sebagai kiblat umat muslim diseluruh dunia. Cerita Nabi Ismail dan pengorbananannya diabadikan dalam berkurban selama Ibadah haji pada hari raya Idul Adha.

Perjalanannya ketika semasa dalam susuan diharuskan untuk hijrah bersama Ibunya Hajar pun diabadikan dalam perjalanan ibadah haji umat muslim hingga sekarang.

Baca selengkapnya :
Cerita Nabi Ismail AS hendak disembelih ayahnya

 

9. Nabi Ishak AS



>
cerita nabi ishak

Cerita Nabi Ishak 

Nabi Ishak adalah saudara Nabi Ismail putra Ibrahim AS, yang berdakwah meneruskan ajaran agama Ibrahim, ayahnya.

Ketika Sarah, ibunda Ishak mendengar ia akan mendapat keturunan, maka ia tertawa tak percaya karena usianya telah senja. Karena kejadian itulah ia di beri nama Ishak, yang artinya tertawa.

Baca selengkapnya :
Cerita sejarah Nabi Ishak AS 

 

10. Nabi Yaqub AS




cerita nabi yaqub

Cerita Nabi Yaqub 

Nabi Yaqub adalah putra Ishak, cerita nabi ini mengisahkan perpecahan persaudaraan antara Yaqub dan saudaranya, hingga ia mengungsi ke negeri lain, Yaqub bertikai dengan saudaranya sendiri, bahkan hendak dibunuh, hanya karena sifat iri yang muncul dalama hati. Namun akhirnya bertemu dan berujung damai. Nabi Yaqub ayah dari Nabi Yusuf AS, yang diangkat juga sebagai nabi dan terkenal sebagai nabi yang berwajah sangat tampan.

Baca selengkapnya :
Cerita sejarah Nabi Yaqub AS 

 

11. Nabi Yusuf AS




cerita nabi yusuf

Cerita kisah Nabi Yusuf  

Kisah cerita nabi yang penuh cobaan, berbagai ujian dialami Yusuf diawal usia remajanya. Dibuang kedalam sumur dan dijual sebagai budak. Bahkan masuk penjara bukan karena kesalahannya. Nabi Yusuf mempunyai ketampanan yang mempesona, hingga wanita yang melihat, tak sengaja mengiris jari sendiri dan tidaklah terasa apa-apa.

Baca selengkapnya :
Cerita keteladanan Nabi Yusuf AS (1)

Kisah Nabi Yusuf menjadi Petinggi di Negeri Mesir (2)

12. Nabi Ayub AS




cerita nabi ayub


Kisah Cerita Nabi Ayub 

Kisah cerita Nabi Ayub sungguh dipenuhi oleh cobaan yang sangat berat, Ia digoda oleh setan atas ijin Allah untuk menguji keimanannya. Mulai dari kehilangan harta benda, kematian seluruh anaknya, terkena penyakit kulit yang membuat ditinggal oleh istri-istrinya dan terusir dari tempat tinggalnya.

Karena keteguhan iman dan kesabarannya lah sebab ia dicintai oleh Allah, tercabutlah kesusahan atas penyakitnya dan diberikan rizki kembali yang melimpah atasnya.

Baca selengkapnya :
Cerita keteguhan Nabi Ayub AS

 

13. Nabi Zulkifli AS




cerita nabi zulkifli

Cerita Nabi Zulkifli  

Kisah Nabi Zulkifli yang menjadi raja dengan mengikuti sayembara, dan diuji kesabarannya oleh setan untuk menghadapi keluhan rakyatnya dan pemberontakan kaum kafir didalam kerajaannya.

Baca selengkapnya :
Cerita Kisah kesabaran Nabi Zulkifli AS

 

14. Nabi Syuaib AS




cerita nabi syuaib

Cerita Nabi Syuaib

kisah Nabi Syuaib yang berdakwah di negeri Madyan dan kaum Aykah yang durhaka. Kedua kaum itu suka mengambil hak orang dengan bermain pada timbangan. 

Tak mampu untuk diluruskan oleh dakwahnya Nabi Syuaib, kedua kaum itu akhirnya terkena adzab Allah. Adzab yang sama menimpa kaum Tsamud dan Kaum Aad pada kisah nabi - nabi sebelumnya.

Baca selengkapnya :
Cerita Nabi Syuaib AS 

 

15. Nabi Musa AS




cerita nabi musa dan firaun

Cerita kisah Nabi Musa 

Kisah Nabi dengan mukjizatnya membelah lautan dan menengelamkan Raja Firaun yang durhaka, Raja Mesir yang menganggap dirinya sebagai tuhan.

Baca selengkapnya :
Kisah Mukjizat Nabi Musa AS membelah lautan 

 

16. Nabi Harun AS




cerita nabi harun

Cerita Nabi Harun 

tak lepas dari kisah Nabi Musa, karena beliau adalah juru bicaranya ketika menghadapi Firaun.

Baca selengkapnya :
Kisah Nabi Harun AS Mendampingi Musa

 

17. Nabi Daud AS




cerita nabi daud

Cerita Nabi Daud 

dengan Bani Israil diangkat menjadi raja, mendapat keistimewaan oleh Allah dengan ditundukkannya besi dan gunung-gunung untuk bertasbih. demikian juga burung-burung yang tunduk kepada Daud AS. Kitab Zabur diturunkan kepadanya.

Baca selengkapnya :
Kisah Nabi Daud AS Mengalahkan Goliat

18. Nabi Sulaiman AS




cerita nabi sulaiman

Cerita Nabi Sulaiman 

dengan kekayaan tiada banding dan kerajaan yang mempunyai pasukan manusia, jin dan binatang. Mampu mengentarkan kerajaan Saba dan menundukkan Ratu Balqis

Baca selengkapnya :
Cerita Nabi Sulaiman AS dan Ratu Balqis

Cerita Nabi Sulaiman dan rombongan semut


19. Nabi Ilyas AS




cerita nabi ilyas

Cerita Nabi Ilyas 

merupakan keturunan dari Nabi Harun, dan kaumnya yang menyembah berhala ditimpa adzab gempa bumi

Baca selengkapnya :
CCerita Nabi Ilyas AS


20. Nabi Ilyasa AS




cerita nabi ilyasa

Cerita Nabi Ilyasa 

Nabi Ilyasa diutus diatas Bani Israil

Baca selengkapnya :
Cerita Nabi Ilyasa AS


21. Nabi Yunus AS




cerita nabi yunus dan ikan paus

Cerita Nabi Yunus AS

Cerita tentang kisah Nabi Yunus yang ditelan ikan paus untuk diselamatkan oleh Allah karena dibuang dari kapal ditengah laut

Baca selengkapnya :
Cerita Nabi Yunus AS dan ikan paus


22. Nabi Zakaria AS




cerita nabi zakaria

Cerita Nabi Zakaria 

Kisah seorang Nabi yang mendambakan seorang anak hingga menjelang tua barulah ia dapatkan, anaknya pun diangkat menjadi nabi, yaitu Nabi Yahya. Nabi Zakaria juga mengasuh Maryam ibu dari Nabi Isa, Maryam kehilangan ayahnya ketika lahir dan dirawat oleh Zakaria sebelum diserahkan kepada Allah di Baitul Aqsha.

Baca selengkapnya :
Cerita Nabi Zakaria AS


23. Nabi Yahya AS




cerita nabi yahya

Cerita Nabi Yahya 

Nabi Yahya adalah putra Zakaria yang hidup dalam pemerintahan Raja Herodus negeri Romawi, yang menguasai Palestina.

Baca selengkapnya :
Cerita Nabi Yahya AS dan Raja Herodus


24. Nabi Isa AS




cerita nabi isa

Cerita Nabi Isa 

Nabi Isa Diangkat kelangit dan kelak akan diturunkan ke dunia untuk memerangi Dajjal dan kaum kafir.

Baca selengkapnya :
Cerita Nabi Isa AS


25. Nabi Muhamad SAW




cerita nabi muhammad

Cerita Nabi Muhamad SAW 

Nabi Muhammad SAW adalah kekasih Allah, penutupnya para nabi. Dunia tidak lah diciptakan Allah melainkan karena Nabi Muhamad SAW. Segala ucapan dan tindak tanduknya merupakan contoh yang sempurna bagi umat manusia seluruhnya.

Baca selengkapnya :
Cerita Nabi Muhamad SAW