Bacaan Sholawat Ibnu Abbas Bagi Ketinggian Derajat

Bacaan Sholawat Ibnu Abbas Bagi Ketinggian Derajat

Bacaan Sholawat Ibnu Abbas Bagi Ketinggian Derajat

Ibn 'Abbas adalah sahabat Nabi yang telah didoakan Rasul saw. agar diberi Allah hikmah, pemahaman terhadap agama, dan kemampuan dalam mentakwil. Berkat doa Rasul, Ibn 'Abbas menjadi seorang mufassir, dan seorang muhaddits yang memiliki koleksi Hadis banyak.

Ada beberapa sahabat yang membuat sholawat tersendiri untuk Rasululloh SAW karena kecintaan mereka saat berdampingan diamasa hidupnya. Diantaranya adalah shahabat Abdullah bin Abbas seperti yang disebutkan pada hadits berikut ini:


وَعَنِ ابْنِ عَباسٍ رَضيَ اللهُ عَنْهُ اَنهُ كَانَ اِذَا صَلى عَلَى النبِي صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ قاَلَ : اَللهُم تَقَبلْ شَفَاعَةَ مُحَمدٍ الْكُبْرَى وَارْفَعْ دَرَجَتَهُ الْعُلْيَا وَأَعْطِهِ سُؤَلَهُ فِى اْلاَخِرَةِ وَاْلاُوْلَى كَمَا اَتَيْتَ اِبْرَاهَيْمَ وَمُوْسَى

Ibn Abas r.a apabila membaca sholawat kepada Rasulullah SAW beliau berkata,” Ya Alloh kabulkanlah syafaat (perantara dan pertolongan) Muhammad yang agung, tinggikanlah derajatnya yang luhur, dan berilah permohonanya."


bacaan sholawat ibnu abbas

SHOLAWAT IBNU ABBAS ra

Pada sebuah riwayat dikatakan bahwa Ibnu Abbas ra berkata  “Barangsiapa pada malam Jumat atau pada siang harinya membaca shalawat (sebagaimana yang telah tersebut diatas) sebanyak 10 kali, maka Allah SWT akan mencatat untuknya 100 (seratus) juta kali kebaikan, menghapus 100 juta keburukannya (dosa-dosanya) dan mengangkat baginya 100 juta derajat. Dan apabila nanti pada hari kiamat, Nabi Ibrahim as sebagai kekasih Allah akan memintakan rahmat di kubahnya”.


Teks bacaan sholawat Ibnu Abbas :


بِسْمِ اللّٰــٰـهِ الرَّحْـمٰنِ الـرَّحِــيْمِ
اَللّـٰـــهُمَّ يَـادَائِـمَ الْـفَـضْل عَـلـٰى الْـبَـرِيَّــةِ يَـابَـاسِطَ الْيَدَيْنِ بِـالْعَـطِيــَّـةِ يَـاصَاحِبَ الْمَوَاهِبِ السَّـنِـيَّـةِ صَلِّ عَلـٰى سَيِّــدِنَـا مُحَــمَّدٍ خَـيْرِ الْــوَرَى سَـجِـيَّةٍ وَاغْــفِـرْلَــنَا يَـاذَالْــعُلـٰى فِى هٰـذِهِ السَّـنِـيَّـةِ بِـرِحْـمَـتِكَ يَـاأَرْحَـمَ الرَّاحِـمِـيْنَ

Artinya :

“Ya Alloh, Dzat Yang Maha Tetap (memberi) anugerah kepada manusia, Wahai Dzat Yang membentangkan kedua tangan dengan pemberian, Wahai Dzat Yang mempunyai pemberian-pemberian yang tinggi. Lipahkan rahmat takdzim kepada junjungan kami Muhammad saw, , beliau sebaik-baiknya manusia yang sangat luhur budi pekertinya. Dan ampunilah dosa-dosa kami, Wahai Dzat yang mempunyai keluhuran derjat, dengan Rahmat-Mu,Wahai Dzat Yang Maha Penyayang”.


Manfaat Sholawat Ibnu Abbas

1.        Jika dibaca sebanyak 1 (satu) kali maka pahalanya sama dengan membca 1.000 (seribu) kali atau 600.000 (enam ratus ribu) kali bacaan sholawat Nabi biasa. Dan pahalanya akan berlipat menjadi 100.000.000 (seratus juta) pahala. Dan dapat menghapus 100.000.000 (seratus juta) keburukan. dan akan dinaikan derajatnya oleh Allah SWT.


2.        Apabila shalawat ini dibaca sebanyak-banyaknya pada malam jumat, insya Allah akan diberikan pikiran terang, kecerdasan akal. Dengan cara Sholawat ini dibaca sebanyak 3 (tiga) kali selama 40 hari, setelah selesai sholat hajat 4 rokaat. Sebelum membaca sholawat ini didahului dengan bacaan istighfar 100 (seratus) kali  hadiah Alfatihah kepada Nabi Muhammad saw. Syaikh Abdul Qodir Al-Jaelani, Ibnu Abbas ra