Manfaat Kandungan Dalam Surah Alfatihah

Manfaat Kandungan Dalam Surah Alfatihah

SURAH alFåtihah adalah satu-satunya surah dalam Kitab Alquran yang paling banyak dihafal oleh Umat Islam, karena surah ini wajib dibaca di dalam salat.


Sesuai dengan namanya yang berarti pembukaan, surah ini memang biasa dibaca oleh orang-orang Islam ketika hendak berdoa, berzıkir, atau membuka suatu hajat.


Surah ini bukan hanya untuk membuka hal-hal yang bersifat lahiriah, tetapi juga untuk membuka pintu batin kita.


Al-Fâtihah termasuk kelompok surah pendek dalam Alquran. la hanya terdiri dari tujuh ayat. Dapat dikatakan bahwa, semua ulama menyepakati surah ini terdiri dari tujuh ayat, yang dimulai dari ayat, bismi al-lähi al-ramâni al-rahîm.' Mayoritas ahli tafsir menyatakan bahwa surah ini disebut sebagai tujuh ayat yang dibacaberulang-ulang, Sab'u al-Matsān." Mereka merujuk pada surah al-Hijr (15): 87, yang bunyinya :


"Dan sungguh Kami telah mendatangkan kepada engkau tujuh ayat yang diulang-ulang dan Alquran yang agung."


Tentu saja kalau ditelaah lebih dalam, ayat tersebut bukan hanya berkaitan dengan al-Fâtihah, tetapi juga menyangkut karakter alam. Namun yang pasti, sebagian besar ulama tafsir meyakini bahwa tujuh ayat yang diulang-ulang adalah surah al-Fâtihah.

Hadis riwayat Tirmidzi dalam Tafsir ibn Katsir :


 "sesungguhnya alFâtihah itu sebagai tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan sebagai Alquran mulia yang diberikan kepadaku."


Kandungan Surah AlFatihah

Nabi Muhammad s.a.w. pernah bersabda :

 Pahala yang didapat seseorang ketika membaca Al Fatihah adalah sepertiga Al-Quran

Nabi Muhammad s.a.w.bersabda:

Surat Al-Fatihah adalah untuk apapun yang dihajatkan dalam bacaannya. dan alFatihah itu pembukaan hajad bagi orang-orang mukmin.

Manfaat :

Untuk Ilmu dan Hikmah

1. Dan barangsiapa membaca surah Al-Fatihah dalam keadaan masih berwudhu sebanyak 70 kali setiap hari selama tujuh hari, kemudian ditiupkan pada air yang suci kemudian diminumnya, maka ia akan memperoleh ilmu dan hikmah serta hatinya dibersihkan dari pikiran yang rusak maupun kotor.

Perlindungan

2. Diantara khasiat Fatihah adalah siapa saja yang membaca ‘Al-Fatihah’ diwaktu hendak tidur, membaca Surah ‘Al-Ikhlas’ sebanyak 3 kali dan Mu’awwidzatain maka ia akan aman dari segala hal selain ajal. Maka dari itu siapa pun yang berhajat (berkeinginan sesuatu) kepada Allah s.w.t maka hendaknya dibaca surah Al-Fatihah sebanyak 41 kali diantara sembahyang sunnah Subuh dan sembahyang fardlu Subuh sampai 40 hari (tidak Lebih) kemudian memohon kepada Allah s.w.t. maka Insyaallah Allah akan memenuhi semua keperluan hajatnya.

3. Barangsiapa membaca surah Al Fatihah berserta Bismillah diantara sholat sunnah Subuh dan fardu Subuh dengan Istiqomah maka kalau berhajat pangkat terkabullah ia dan kalau ia fakir maka akan kaya serta jika ia punya hutang maka mampu membayanrnya dan kalau ia sakit maka akan sembuh serta kalau ia punya anak maka anaknya itu menjadi anak yang soleh dan sholehah, berkah dari surah surah Al-Fatihah.

4. Barangsiapa mengamalkan bacaan surah Al-Fatihah sebanyak 20kali setiap selesai sholat fardu lima waktu maka Allah s.w.t. meluaskan rezekinya, baik akhlaknya, mempermudah urusannya, menghilangkan keperihatinan dan kesusahannya, serta menganugerahkan apa yang ia impikan, mendapatkan berbagai kemuliaan dan berkah, menjadikan ia berwibawa, berpangkat luhur, mendapat penghidupan baik dan ia pula anak-anaknya terlindung dari kemudharatan dan kerusakan serta dianugerahkan kebahagiaan dan sebagainya.

Dikabulkan Hajat

Kepada siapa saja yang mengamalkan bacaan surah Al-Fatihah sejumlah 125 kali sehabis sholat Subuh maka ia peroleh hajatnya dan ia temukan apa yang dicari-carinya, ada baiknya panjatkan doa ini :
“Yaa Allah yaa Robb, sesungguhnya aku mohon kepada Engkau dengan kebenaran dan perantara Surah Al-Fatihah dan rahasianya, agar Engkau mudahkan bagiku segala urusanku, seperti halnya urusan dunia atau urusan akhirat, serta dikabulkan dari permohonanku dan ditunaikan hajatku”

Melimpahkan Rejeki

Kepada siapa saja yang mengamalkan bacaan surah Al-Fatihah diwaktu sahur (tengah malam) sebanyak 41 kali maka Allah s.w.t akan membukakan pintu rezekinya dan Allah s.w.t mudahkan urusannya tanpa kepayahan dan kesulitan sedikitpun. Sehabis membaca Al-Fatihah tersebut kemudian memanjatkan doa :
“Yaa Allah yaa Robb, sesungguhnya aku mohon kepada Engkau dengan kebenaran dan perantara surah Al-Fatihah dan rahasianya, agar Engkau membukakan untukku pintu-pintu rahmatMu, serta karunia dan rezeki Mu. Begitu pula aku mohon Engkau mudahkan setiap urusanku, lapangkanlah bagiku rezekiMu yang banyak lagi berkah tanpa kekurangan dan tanpa susah payah sedikitpun, dan sesungguhnya Engkau berkuasa atas setiap sesuatu. Maka Aku memohon kepada Engkau dengan kebenaran surah Al-Fatihah dan rahasianya, kabulkanlah apa yang kuhajatkan.”

Diriwayatkan oleh Syeikh Muhyiddin Ibnul Arabi didalam kitabnya Qoddasallohusirrohu’:

“Barangsiapa yang punya hajat sebaiknya ia membaca surat Al-Fatihah sebanyak 40 kali sehabis sholat Maghrib dan sunnahnya, setelah selesai itu lanjutkan dengan memohon hajatnya kepada Allah s.w.t”

 Surat Al-Fatihah bisa mengobati penyakit mata, penyakit gigi, penyakit perut dan lain-lainnya dengan membacanya sebanyak 41 kali.


Ikhtiar mengobati penyakit : Membaca Surah Al-Fatihah sebanyak 40 kali pada tempat berisi air, kemudian air itu diusap-usapkan pada kedua belah tangan, lalu kedua belah kaki, wajah, dan kepala serta seluruh tubuh, kemudian diminum, Insyaallah menjadi sembuh.



Apabila Surah Al-Fatihah itu dituliskan dengan huruf-huruf terpisah lalu dileburkan dengan air suci dan diminumkan kepada orang yang sakit, insya Allah dengan izin Allah s.w.t ia akan sembuh.


Menguatkan Ingatan

Ikhtiarnya untuk orang yang punya sifat pelupa cara menghilangkannya : Tulislah surat Al-Fatihah dengan huruf Arab pada tempat putih dan suci lalu dihapuskan dengan air dan diberi minum pada orang tersebut, insya Allah akan hilang sifat pelupanya dengan izin Allah s.w.t


Disengat Kalajengking

Mengobati sakit disebabkan oleh sengatan kalajengking : Ambil sebuah tempat bersih lalu diisi air dan sedikit garam lalu dibacakan padanya Surah Al-Fatihah sebanyak 7 kali lalu diberi minum pada orang yang tersengat kalajengking, Insya allah ia akan sembuh.


Untuk sakit gigi

Mengobati sakit gigi dan lain-lain sebagainya : Untuk dirinya sendiri, taruh posisi jari pada tempat yang sakit lalu membaca Al-Fatihah dan berdoa sebanyak 7 kali:


 (Yaa Robb, hamba memohon jauhkan dari keburukan dan kekejian yang aku dapati dengan doa Nabi-Mu yang jujur (al- Amin) dan tetap disisi engkau yaa Robb ).


 Mengobati penyakit gigi orang lain : Setelah selesai membaca surah Al-Fatihah maka berdoa 7 kali:


 (Ya Allah, hamba memohon hilangkanlah untuk orang ini keburukan dan kekejian yang aku dapati dengan doa Nabi-Mu yang jujur (al- Amin) dan tetap disisi engkau yaa Robb )



Untuk penyakit mata

Adapun faedah dan khasiatnya dari Surah Al-Fatihah adalah dapat menyembuhkan penyakit mata yang kabur (rabun).


 Sabda Nabi Muhammad s.a.w :


Memandang bulan pada awal bulan, kalau belum kelihatan atau masih terhalang oleh awan, maka lakukan pada malam kedua, kalau masih belum melihat bulan, hendaklah dicoba lagi pada malam ketiga atau begitu seterusnya hingga nampak kelihatan bulan itu.


-          Apabila sudah terlihat, maka hendaklah menyapukan tangan kanannya kemata dengan membaca    Al-Fatihah sebanyak 10 kali.
-          Sesudah itu membaca  doa ini sebanyak 7 kali :
    
[ Al-Fatihah itu akan menjadi obat tiap-tiap penyakit dengan rahmat Mu ya Tuhan yang pengasih lagi maha penyayang ]

-          Kemudian membaca Yaa Rabbi sebanyak 5 kali.

-          Yang terakhir membaca pula doa ini sebanyak 1 kali:

[ Yaa Allah sehatkanlah, karena sesungguhnya Engkaulah yang menyehatkan, Yaa Allah sembuhkanlah, karena Engkaulah yang maha menyembuhkan ]