Keistimewaan Amalan sholawat jibril 40 hari

Keistimewaan Amalan sholawat jibril 40 hari

Amalan sholawat jibril 40 hari


Bacaan Sholawat Nabi mempunyai kedudukan yang istimewa disisi Allah SWT.  banyak sekali mengenai pembahasan kesitimewaan shalawat, bahkan sangatlah merugi bagi orang yang meninggalkannya. 

Dan banyaklah pula ragam dari bacaan sholawat itu, baik yang diajarkan secara langsung oleh nabi maupun yang diciptakan oleh para sahabat yang mencintai beliau. Bahkan Malaikat Jibril pun mengajarkan bacaan sholawat atas Nabi, yang kemudian dikenal dengan sholawat Jibril.

Keistimewaan Amalan sholawat jibril 40 hari

Mengamalkan Sholawat Jibril Dalam 40 Hari

Bacaan Sholawat Jibril sangatlah ringkas, sehingga mudah kita hafalkan dan amalkan dalam jumlah yang banyak dalam satu hari.


Berikut bacaan sholawat Jibril :

صَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد

Latin :
Shollallohu A’la Sayyidina Muhammad.

Artinya :
( "Semoga Allah Swt. Mencurahkan shalawat kepada Muhammad ")


Bila dilihat dari ringkasnya bacaan sholawat jibril, maka lebih mudah bagi kita dalam mengamalkan pada jumlah bilangan tertentu, tergantung pada hajat dan niat kita masing-masing. Baik itu :

  • sholawat jibril 500x (untuk kemudahan urusan)
  • Sholawat Jibril 4444x (untuk rejeki mengalir)
  • Sholawat Jibril 10000x (untuk makrifat yang lebih tinggi)

Namun Istiqomah dalam ijazah bilangan diatas harus kita capai dalam minimal 40 hari, untuk melihat dari keistimewaannya
 

Lantas seberapa istimewa dengan sholawat Jibril yang diamalkan dalam 40 hari? 

Untuk itu bisa dilihat tentang makna tersendiri dengan sholawat Jibril di Bacaan Sholawat Jibril as dan Manfaatnya


Apakah dapat kita rasakan bagi yang mengamalkannya ketika didunia? dan berapa lamakah hal itu dapat membantu kita dalam memberikan mustajabnya permintaan hajat kita dengan sholawat Jibril.


Dalam Islam, terdapat sebuah proses yang istimewa yang banyak disebutkan didalam Alquran maupun Hadis Nabi. Yaitu lama proses dalam 40 hari.


Makna 40 bukanlah sebuah target akhir dari amalan sholawat jibril ini, namun apa keistimewaan setelah mencapai 40 hari.


Sholawat adalah Doa permintaan rahmat Allah dan salam atas Nabi, dari pembacanya.

Permintaan Doa dalam salah satu shalawat "... bi dawami Mulkilahi," (ba) disni artinya menyatu dalam keabadian kerajaan Allah, artinya berlangsung dari sekarang hingga terus-menerus.
makna 40 hari dalam islam


Setiap hikmah dalam suatu kejadian adalah Allah yang mempunyai hak tunggal untuk mengenggamnya, kecuali diberikan kepada manusia dengan sedikit. Begitu juga dalam makna dari proses 40 hari maupun tahun.


dalam Bahasa Arab kata 40 disebut arba’un atau arba’in, bila dilihat dari artinya dalam kamus mempunyai banyak arti, salah satunya yaitu berhenti, menghindarkan, merasa tentram mengangkat dan menjunjung. Bahkan dalam kamus bahasa Arab Al-Munawir (Alm. Pondok krapyak-Yogyakarta) lebih banyak lagi ditemukan artinya.


Didalam Alquran, juga banyak menyinggung tentang makna dari lamanya dalam proses 40 hari dan tahun, dalam kisah Nabi Musa as.

...وَاِذۡ وٰعَدۡنَا مُوۡسٰٓى اَرۡبَعِيۡنَ
 

Dan (ingatlah) ketika Kami menjanjikan kepada Musa empat puluh malam...(QS Al-Baqarah : 51)


Dalam Surah lain dikatakan,

...وَوٰعَدۡنَا مُوۡسٰى ثَلٰثِيۡنَ لَيۡلَةً وَّاَتۡمَمۡنٰهَا بِعَشۡرٍ فَتَمَّ مِيۡقَاتُ رَبِّهٖۤ اَرۡبَعِيۡنَ لَيۡلَةً ‌ ۚ

Dan Kami telah menjanjikan kepada Musa (memberikan Taurat) tiga puluh malam, dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh (malam lagi), maka sempurnalah waktu yang telah ditentukan Tuhannya empat puluh malam..." (QS. Al-Araf : 142)

Penciptaan Nabi Adam

هَلۡ اَتٰى عَلَى الۡاِنۡسَانِ حِيۡنٌ مِّنَ الدَّهۡرِ لَمۡ يَكُنۡ شَيۡـٴً۬ـا مَّذۡكُوۡرًا

Bukankah pernah datang kepada manusia waktu dari masa, yang ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut? (QS. Al-Insan : 1)
 

Dari ayat diatas, Menurut keterangan ulama, tubuh Adam mengalami proses yang diawali dengan diselubungi dalam kurun waktu total 120 tahun, dalam 3 fase prosesi. Dan masing-masing proses membutuhkan waktu 40 tahun. 40 tahun di tanah yang kering, 40 tahun di tanah yang basah dan 40 tahun di tanah yang hitam dan berbau.


Termasuk dalam tahapan proses penciptaan setiap insan manusia, yang ditiupkan ruh milik Allah setelah masa 40 hari.

Masih banyak lagi dalam Alquran maupun hadis yang membahas tentang makna dari lamanya proses 40 hari atau tahun. secara garis besar mengandung hikmah dari sbuah proses pematangan, pembersihan untuk mencapai fase yang lebih tinggi.


Untuk melihat keajaiban dari manfaat dan fadhilah bacaan sholawat Jibril 500x atau lebih banyak, maka amalkanlah minimal dalam 40 hari, tentunya dilakukan secara ikhlas. Karena syarat tersebut adalah hal yang mutlak bagi  setiap amalan.