Amalan Doa Sholat Tahajud Dan Dzikir Rasulullah

Amalan Doa Sholat Tahajud Dan Dzikir Rasulullah

Amalan Doa Sholat Tahajud Dan Dzikir Rasulullah - Dzikir dan doa setelah sholat tahajud adalah bagian yang penting dalam hidup. Adalah senjata orang mukmin dan inti dari ibadah. Amalan Doa Sholat Tahajud Dan Dzikir Rasulullah adalah amalan sunnah yang sangat utama, ibadah semakin kuat dan semakin khusyu. Berdoa itu sendiri pun ibadah. Di dalam doa ada kekuatan yang luar biasa. Tidak heran jika Allah memerintahkan kita untuk berdoa.

doa sholat tahajud

Allah Berfirman dalam surat Al-Baqarah :

وَاِذَا سَاَلَـكَ عِبَادِىۡ عَنِّىۡ فَاِنِّىۡ قَرِيۡبٌؕ اُجِيۡبُ دَعۡوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِ فَلۡيَسۡتَجِيۡبُوۡا لِىۡ وَلۡيُؤۡمِنُوۡا بِىۡ لَعَلَّهُمۡ يَرۡشُدُوۡنَ

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (Q.s. Al-Baqarah [2]:186)

Rasulullah juga memerintahkan kita untuk Amalan dzikir dan doa sesudah sholat tahajud Rasulullah yang ikhlas pasti tidak akan sia-sia. Beliau mengisyaratkan bahwa ada saat-saat yang sangat mustajab di setiap sholat malam yang dirahasiakan Allah agar umat Islam semakin bergairah dan bersemangat mengejarnya.

Hadis yang berkaitan dengan Amalan dzikir dan doa sesudah sholat tahajud    

"Doa itu bermanfaat, baik yang sudah dikabulkan maupun yang belum dikabulkan. Karena itu, wahai hamba Allah, berdoalah!" (h.r. Hakim)

"Sesungguhnya Allah itu Mahahidup lagi Mahamulia, merasa malu jika ada seseorang yang mengangkat kedua tangannya dan tidak dikabulkan." (h.r. Ahmad, Ibnu Hibban, Hakim, dan Tirmidzi)

"Sesungguhnya di malam hari terdapat satu saat apabila seorang muslim memonon kepada Allah kebaikan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu itu, Allah pasti mengabulkannya, dan waktu itu ada di setiap malam." (h.r. Muslim).
 

Doa-doa setelah sholat tahajud

Berikut adalah doa-doa setelah sholat tahajud yang dapat dibaca untuk amalan sunnah terbaik, kumpulan doa ini berdasar pada Amalan Doa Sholat Tahajud Dan Dzikir Rasulullah saw

Doa Mohon Petunjuk

Dzikir dan doa sesudah Sholat Tahajud memohon petunjuk agar menjadi orang yang tak tersesat, ditunjukkan jalan kebaikan baik dunia maupun akhirat kelak. Doa setelah sholat tahajud ini diawali dengan mengagungkan Allah, sebagai pencipta langit dan bumi.

Diriwayatkan dari Aisyah rah. Beliau berkata:

"Bila Rasulullah mengawali qiyamullail, beliau membaca doa setelah sholat tahajud sebagai berikut.

أَللَّهُمَّ رَبَّ جَبْرَائِيْلَ ، وَمِيْكَائِيْلَ ، وَإِسْرَافِيْلَ ، فَاطِرَ السَّمّوَاتِ وَاْلأَرْضِ عَالِمَ الْمَغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ ، أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيْمَا كَانُوْا فِيْهِ يَخْتَلِفُوْنَ ، إِهْدِنِي لِمَااخْتُلِفَ فِيْهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ ، إِنَّكَ تَهْدِيْ مَنْ تَشَاءُ اِلَى صِرَاطِمُّسْتَقِيْمِ

"Allaahumma robba Jabroolila, wa miikaaiila, wa Isroofila, faathiros samaawaati wal ardhi aalimal ghoibi wasysyahaadati, anta tahkumu baina "ibaadika fimaa kaanuu fiihi yakhtalifuuna, ihdinii limaakhtulifa fihi minal haqqi bidznika, innaka tahdii man tasyaau ilaa shiroothi mustaqiim."

Artinya :
Ya Allah Tuhan-nya Jibril, Mikail, Israfil. Pencipta seluruh langit dan bumi, mengetahui hal yang gaib dan alam nyata, Engkau memutuskan apa saja yang diperselisihkan manusia, berilah aku petunjuk kepada kebenaran di dalam hal-hal yang dipersellisihkan dengan izin-Mu, karena Engkau memberi petunjuk kepada orang yang Engkau kehendaki ke jalan yang lurus. (h.r. Muslim).

Doa Mohon Cahaya Allah

Doa setelah Sholat Tahajud Dan Dzikir mohon cahaya Allah sebagai penerang dari segala sisi untuk menerangi hidup kita.

Rasulullah saw juga membaca doa setelah Sholat tahajud berikut ini
اَللّهُمَّ اجْعَلْ فِي قَلْبِ نُوْرًا ، وَفِي لِسَانِي نُوْرًا ، وَفِي سَمْعِيْ نُوْرًا ، وَفِيْ بَصَرِيْ نُوْرًا ، وَمِنْ فَوْقِيْ نُوْرًا ، وَمِنْ تَحْتِيْ نُوْرًا ، وَعَنْ يَمِيْنِيْ نُوْرًا ، وَعَنْ شِمَالِيْ نُوْرًا ، وَمِنْ بَيْنِيْ يَدَيَّ نُوْرًا ، وَمِنْ خَلْفِيْ نُوْرًا ، وَاجْعَلْ فِيْ نَفْسِيْ نُوْرًا ، وَأَعْظِمْلِيْ نُوْرًا

Allaahummaj 'al fii qolbii nuuron, wa fii lisaani nuuron, wa fii sam'ii nuuron, wa 'an yamiinii nuuron, waan syimaalii nuuron, wa min baina yadaiyi nuuron, wa min kholfi nuuron, waj al fii nafsii nuuron, wa a dhzim lii nuuron.

Artinya :
Ya Allah, sinarilah hatiku, sinarilah lidahku, sinarilah telingaku, sinarilah mataku, sinarilah dari atasku, dari bawahku, dari sebelah kanan dan kiriku, dari depan dan belakangku, beri aku sinar di dalam jiwaku dan besarkanlah sinar untukku. (h.r. Muslim).

Doa setelah Sholat Tahajud Dan Dzikir  ini mempunyai manfaat yang luarbiasa, apa yang kita lakukan selalu mendapat petunjuk dengan cahaya Allah dihindari dari kesesatan, baik yang berasal dari godaan Setan maupun dari Nafsu, diberinya kemudahan dalam rintangan yang kita hadapi, kecerdasan akal budi.

Doa Mohon Ampunan

Setiap manusia kecuali Nabi Muhammad adalah ladangnya dosa, Bahkan, Rasulullah yang telah diampuni dosanya saja memohon ampun dengan kuantitas paling banyak, maka hal yang utama yang kita minta dalam doa sholat tahajud adalah permohonan ampunan, Allah turunkan ampunan dengan RahmatNya dan RidhoNya. Ketika Rahmat dan kasih sayangNya telah tercurah maka permintaan apa yang tak terkabul?

Diriwayatkan oleh Al Bukhari dari IbnuAbbas. Beliau berkata: Bila Rasulullah bagun malam untuk sholat tahajud, beliau membaca doa setelah sholat tahajud seperti berikut.

اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَؤَا تِ وَاْلأرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَوَاتِ وَالْأرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ وَلَكَالْحَمْدُ نُوْرُالسَّمَوَا تِ وَالْارَضِ وَالَكَالْحَمْدُ اَنْتَالْحَقُّ وَوَعْدُكَالْحَقُّ وَلِقَاءُكَاحَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْخَنَّةُحَقُّ وَالنَّارُحَقُّ وَالنَّبِيُّونَحَقَّ وَمُحَمَّدٌصَلَّىاللهُ عَلَيِهِ وَسَلَمُ حَقٌّ وَالسَّاعَةُحَقٌّ اَللهُ مَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَتَوكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَا صَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِىْ مَاقَدَّمْتُ وَمَااَخَّرْتُوَمَااَسْرَرْتُ وَمَااَعْلَنْتُ اَنْتَ الْمُقَدِّ مُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِرُلَااِلَهَ اِلَّااَنْتَ اَوْلَااِلَهَ غَيْرُكَ وَلاَحَوْلَ وَلَاقُوَّةَاِلَّابِاللهِ

Lafaz doa setelah sholat tahajud : 
Allaahumma lakal-hamdu anta qayyimus-samaawaati wal- ardhi wa man fiihin, wa lakal-hamdu laka mulkus-samaawaati wal-ardhi wa man fiihin,

wa lakal-hamdu nuurus-samaawaati wal-ardhi, wa lakal-hamdu antal-haqqu wa wa'dukal-haqqu wa liqaa'uka haqqun wa qauluka haqqun wal-jannatu haq- qun, wan-naaru haqqun, wan-nabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun shallallaahu 'alaihi wa sallama haqqun, was- saa atu haqqun.

Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa 'alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfir lii maa qaddamtu, wa maa akhkhartu wa maa asrartu, wa maa a'lantu antal muqaddimu wa antal-mu'akhkhiru laa ilaaha illaa ilaaha gairuka wa laa haula wa laa quwwata illaa billah

Artinya:
"Ya, Allah, segala pujian untukMu. Engkaulah yang mengurusi seluruh langit,bumi dan yang segala yang ada diantaranya. Segala pujian untukMu. Engkau raja penguasa langit dan bumi dan yang segala yang ada diantaranya. Segala pujian untukMu, Pemancar cahaya langit dan bumi.

Segala pujian untukMu Engkaulah yang hak, dan janji-Mu adalah benar dan perjumpaan-Mu itu adalah hak, dan firman-Mu adalah benar, dan surga adalah hak, dan neraka adalah hak, dan nabi-nabi itu hak benar, dan Nabi Muhammad saw. adalah benar, dan saat hari kiamat itu benar

Ya Allah, kepada-Mulah kami berserah diri (bertawakkal) kepada Engkau jualah kami kembali, dan kepada-Mu lah kami rindu, dan kepada Engkaulah kami berhukum Ampunilah kami atas kesalahan yang sudah kami lakukan dan yang sebelumnya, baik yang kami sembunyikan maupun yang kami nyatakan. Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir.  Tuhan yang berhak disembah itu hanyalah Engkau. Hanya Engkaulah yang memiliki segala daya dan upaya."


Demikian Amalan Doa Sholat Tahajud Dan Dzikir Rasulullah, semoga menjadi manfaat kelak bagi bekal di akhirat. Baca Juga Tentang  Doa setelah Sholat Tahajud Dan Dzikir untuk rejeki dan Harta :