Aisyah RA Umm al Muminin Isteri Rasulullah

Aisyah RA Umm al Muminin Isteri Rasulullah

Aisyah Umm al-Mu'minin (9 seb. H - 58 H)

Dia adalah Aisyah binti Abu Bakar Ash-Shiddiq, salah seorang istri Rasul ﷺ. Rasulullah menikahinya pada bulan Syawal tahun 2 H, yaitu setelah Peperangan Badar. Dialah satu-satunya istri Rasul ﷺ yang dinikahinya dalam keadaan gadis.  'Aisyah hidup bersama Rasul ﷺ selama 8 tahun 5 bulan.

Aisyah adalah seorang yang cerdas serta menguasai Al-Qur'an dan Hadis-Hadis Nabi ﷺ, terutama yang berkenaan dengan permasalahan wanita, dan bahkan dia juga seorang yang ahli dalam bidang Fiqh sehingga dianggap sebagai salah seorang fuqaha Sahabat. Dalam hal ini Urwah berkata,

"Saya tidak melihat seseorang yang lebih mengetahui tentang AlQuran dengan berbagai ketentuannya menyangkut hukum halal dan haram, tentang Syir, dan juga mengenai Hadis, daripada Aisyah."

Sedemikian hebatnya hafalan Aisyah, hingga Nabi ﷺ pernah bersabda:
"Ambillah sebagian dari agamamu dari si wanita merah (panggilan sayang Nabi bagi Aisyah)." Ia mendapat julukan wanita merah, karena kulitnya putih kemerah-merahan.

Selain langsung dari Rasul ﷺ sebagai sumber yang terbanyak dari perbendaharaan Hadisnya, Aisyah juga menerima Hadis melalui ayahnya Abu Bakar, Umar, Sa'ad ibn Abi Waqqash, Usaid ibn Khudhair, dan lain-lain. Dan dari Aisyah terdapat sejumlah Sahabat dan Tabi in yang meriwayatkan Hadis-Hadisnya, seperti Abu Hurairah, Abu Musa al-Asy'ari, Zaid ibn Khalid al-Juhni, Shafiah binti Syaibah, dan lainnya dari kalangan Sahabat; dan Saïd ibn al-Ajda', Aisyah binti Thalh ah, 'Amrah binti 'Abd al-Rahman, al-Musayyab, 'Alqamah ibn Qais, Masruq ibn Hafshah binti Sirin, dan lain-lain.

Jumlah Hadis yang diriwayatkan oleh 'Aisyah adalah 2210 Hadis. Sejumlah 316 Hadis terdapat pada Shahih Al Bukhari dan Imam Muslim, 54 Hadis diriwayatkan oleh Al Bukhari saja, 68 Hadis diriwayatkan oleh Muslim saja, serta Hadis-Hadis lainnya dijumpai pada Al-Kutub al-Sittah dan kitab-kitab Sunan lainnya.

Riwayat yang paling Shahih dari 'Aisyah adalah melalui jalur Yahya ibn Sa'id, dari 'Ubaid Allah ibn 'Umar ibn Hafsh, dari Al-Qasim ibn Muhammad, dari 'Aisyah.51 Sedangkan riwayat yang terlemah berasal dari 'Aisyah adalah melalui jalur Al-Harits ibn Syibl, dari Umm al-Nu'man dari Aisyah.
Aisyah r.a. meninggal dunia pada bulan Ramadhan tahun 58 H, dan ada yang berpendapat pada tahun 57 H.