Bacaan Sholawat Jibril as dan Manfaatnya

Bacaan Sholawat Jibril as dan Manfaatnya

Bacaan Sholawat Jibril as. salah satu bacaan sholawat ghoiru matsur atas Nabi saw

Allah selalu melindungi hamba-Nya yang selalu mengamalkan sholawat dengan tekun dan ikhlas, tidak saja melindungi dari kejahatan niat orang lain namun juga kejahatan yang timbul dari diri sendiri. Termasuk dari salah satu manfaat Bacaan Sholawat Jibril yang tersebut juga sebagai penarik rezeki paling kuat dari segala arah dan untuk hajat mendesak.

bacaan sholawat jibril


Bacaan Sholawat Jibril sebagai pengingat bahwa kita Sebagai umat Nabi Muhammad ﷺ yang mencintai junjungannya lebih dari siapapun didunia ini marilah bersholawat dalam kehidupan kita sehari-hari, jangan jadi orang yang bakhil atau pelit kata Nabi kita sendiri, yang tidak mau bersholawat kepadanya.

Kita sering mendengar keinginan agar kita semua mendapat syafaat Nabi Muhammad ﷺ, tetapi kita enggan bersholawat. Bagaimana mungkin itu bisa terjadi?

“Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai, orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya,” (Qs. Al-Ahzaab: 56)


Sholawat Jibril as

Dengan bersholawat, Bacaan Sholawat Jibril ini dapat menyebabkan tumbuh rasa cinta kepada Nabi Muhammad ﷺ, yang akhirnya kita memperoleh cintanya Nabi Muhammad saw. dan cintanya Allah swt.

karena Allah pasti mencintai siapapun yang mencintai kekasih-Nya. kalau kita ikhlas dan sabar mengamalkan bacaan Sholawat bukan hanya pahala saja yang kita dapat, tapi juga insya Allah keselamatan kita pun akan dijaga oleh-Nya.

Salah satu dari sekian banyak bacaan sholawat atas Nabi ﷺ, Ghoiru matsur adalah sholawat Jibril, sholawat yang mempunyai manfaat rezeki mengalir juga yang terpenting fadhilah yang tinggi dan utama. Salah satu ulama besar yaitu, As-Sya'roni membahas fadhilah utama dari sholawat Jibril yang diterangkan dalam kitabnya, Afdholus sholawat ‘Ala Sayyidis Saadat karya Imam Yusuf bin Ismail an-Nabhani dari Imam as-Sya’roni :

قَالَ إِمَامْ الشَّعرَنِى كَانَ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ يَقُوْل مَنْ قَالَ هَذِهِ الصَّلاةَ فَقَدْ فَتَحَ عَلَىْ نَفْسِهِ سَبْعِيْنَ بَاباً مِنَ الرَّحْمَة والقَى اللَّهُ مَحَبَّتَهُ فِي قُلُوْبِ النَّاسْ فَلاَ يَبْغَضُهُ إِلاَّ فِي قَلْبِهِ نَفَاقٌ

Artinya : "Imam as-Sya’roni berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, 

"Bagi siapa yang membaca sholawat Jibril, maka Allah SWT akan membukakan pintu-pintu rahmat baginya dan juga Allah SWT  akan menjadikan hati para manusia untuk mencintai dirinya. Serta tidak akan ada orang yang membencinya kecuali orang-orang munafik.”
Hadis diatas, menggambarkan tentang apa manfaat sholawat jibril untuk yang membacanya. Hadiah langsung yang diberikan Allah SWT berupa rahmat dari berbagai macam pintu, juga untuk didunia dari para manusia lainnya untuk mencintai yang membaca sholawat Jibril ini. Dengan demikian, dimudahkanlah segala urusannya termasuk rezeki mengalir.


Semoga kita menjadi hamba Allah yang senantiasa ikhlas dan Istiqomah bersholawat kepada Nabi Muhammad ﷺ.



Berikut ini Teks Bacaan Sholawat Jibril as.

Bacaan Sholawat Jibril as. I

Bacaan sholawat Jibril ini sangat ringkas dan mudah untuk dihafalkan, untuk mengamalkan hingga bilangan 1000x pun membutuhkan waktu yang singkat.


 صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد 

Shollallohu A’la Muhammad 

 صَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد 

Shollallohu A’la Sayyidina Muhammad. (Artinya: "Semoga Allah Swt. Mencurahkan shalawat kepada Muhammad ")

Manfaat Bacaan Sholawat Jbiril as. I :

Al Imam Assya’rany telah menjelaskan, bahwasannya Nabi Muhammad saw telah bersabda:
”Bagi Siapapun yang membaca Sholawat Jibril ini, maka tidak mungkin tidak dibukakan baginya 70 (tujuh puluh) pintu rahmat dan Allah swt memberikan baginya cinta kasih pada hari setiap orang untuknya, dan tidak ada orang yang benci kepada dia kecuali orang-orang yang dihatinya tersimpan sifat nifaq atau kemunafikan.”

 

Bacaan Sholawat Jibril as. II

بسم اللـه الرحمن الرحيم
اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ عَلـٰى سَيَّـدِنَـا مُحَــمَّدٍ نــُوْرِ الْــكَامِلِ وَعَـلـٰى سَيَّـدِنَـا جِـبْرِيْـلَ الْمُـطَـوِّفِ بِالنــُّوْرِ رَسُوْلِ رَبِّ الْعَالَمِـيْنَ يَـاقَــرِيْبُ يَـامُـجِـيْبُ يَـاسَمِــيْعُ الــدُّعَــاءِ يَــالَــطِـيْـفًـا بِمَا يَــشَآءُ نَــوِّرِ اللّـٰــهُمَّ عَـلَـيْـنَا قُـلُـوْبَـنَا وَقُــبُوْرَنَـا وَأَبْـصَارَنَـا وَبَــصَائِــرَنَــا بِـرَحْــمَةٍ مِـنْكَ يَــاأَرْحَمَ الــرَّاحِــمِــيْنَ 


Lafadz latin :
Bismillaa hirrohmanirrohiim
Alloohumma sholli 'alaa sayyidinaa muhammadinnuuril kaamili wa 'alaa sayyidinaa jibriilal muthowwifi binnuri rosuul robbil 'alamiina yaa qoriibu yaa mujiibu yaa samii'ud du'aa iyaa lathiifaa bimaa yasyaaaaa u nawwirillaa humma 'alainaa qoluu banaa wa qabuu ronaa wa abshooronaa wa bashoo i ronaa birohmatimmi(n)ka yaa arhamarroohimiina



Manfaat Bacaan Sholawat Jibril as. II :

Fadhilah sholawat Jibril banyak sekali, baik didunia maupun diakhirat kelak, tersebut banyak tertuang dalam kitab ulama-ulama terdahulu, termasuk Imam Sya'roni ra.

manfaat sholawat jibril
  • Sholawat Jibril ini agar dapat meraih salam serta sambutan dari para malaikat saat kematian menjelang, mengamalkan dengan cara minimal dibaca 3 (tiga) kali setiap selesai sholat fardhu.
  • Sholawat Jibril sebagai salah satu sebab Memperoleh salam dan kebahagiaan dari junjungan/sayyidina(penghulu) kita Rasulullah Saw di alam barzah yang menjadi syafat bagi pendawamnya di hari kemudian kelak, 
  • Bahkan saat didunia akan berfadhilah padanya untuk menyambut pemilik ruh ini, bacaan sholawat Jibril dapat menyatu dalam kelembutan sifatnya.

 

Tata Cara Mengamalkan Bacaan Sholawat Jibril

Pada dasarnya untuk mengamalkan sholawat Jibril ini tidak perlu membutuhkan ijazah tertentu, cukup dibaca dengan istiqomah menurut kemampuan diri sendiri. Namun banyak pengalaman dari para alim ulama dan Kiyai mengamalkannya secara istiqomah dengan bilangan-bilangan tertentu 1000 (seribu) kali atau 3333 (tiga ribu tiga ratus tiga puluh tiga) kali untuk mencapai hajat masing-masing.

  • KIAI KHOLIL BISRI dalam Kitab kumpulan Ijazah Shalawat. Sholawat Jibril untuk wiridan sebanyak bilangan 1000 (seribu) kali,Untuk mendapatkan berkah dalam segala upaya, terutama dalam mencari rejeki.

  • KH. Ahmad Jauhari Umar dari pasuruan Sholawat Jibril untuk wiridan hajat mendesak sebanyak bilangan 100 (seratus) kali setelah selesai shalat wajib. atau bila mendapat kepentingan yang mendesak dibaca sebanyak 5000 kali setelah selesai shalat Isya atau shalat Tahajud.

 

 

Doa Setelah Sholawat Jibril

doa setelah sholawat jibril

Setelah mengamalkan wiridan , maka bacalah doa sholawat Jibril berikut ini untuk menyerahkan segala urusan kepada Allah semata.

بسم الله الر حمن الرحيم
اللهم إنا نسئلك ونتوسل إليك ونتشفع عندك بالصلاة على نبيك محمد صلىالله عليه وسلم أن تقضي حاجاتنا فإنه لايقضى حاجة أحد إلا أنت يا حي ياقيوم برحمتك نستغيث يامغيث أغثنا

Bismillaahir rohmaanir rohiim. Allaahumma innaa nas-aluka wanatawassalu ilaika wanatasyaffa'u 'indaka bishshalaati 'alaa nabiyyika Muhammadin shollallahu 'alaihi wasallam, antaqdhiya haajaatinaa fa-innahuu laa yaqdhii haajata ahadin illaa anta. Yaa hayyu yaa qoyyuum, birohmatika nastaghiits, (Yaa mughiitsu aghitsnaa...3x)
 

Artinya :
Ya Allah, sungguh kami memohon kepada-Mu dan berharap terhubung dengan-Mu, penuh harap akan pertolongan-Mu dengan keutamaan shalawat atas Nabi-Mu Muhammad SAW, perkenankanlah segala hajat kami, sebab tiada lagi Dzat yang akan mampu memenuhi kebutuhan selain Engkau, wahai Dzat yang senantiasa Hidup dan Terjaga, dengan curahan kasih sayang-Mu kami mohon perlindungan. Wahai Dzat Pemberi Naungan dan Perlindungan, Lindungilah kami! 

Demikian, Bacaan Sholawat Jibril beserta doa dan manfaatnya. Semoga menjadi keberkahan bagi kita, umat yang mencintai Nabi nya.