Keistimewaan Sholat Tahajud dan panduan melaksanakannya

Keistimewaan Sholat Tahajud dan panduan melaksanakannya

Sholat tahajud termasuk dalam shalat sunah yang dikerjakan pada waktu malam; sedikitnya dua raka'at dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas, Waktunya sesudah shalat isya' sampai terbit fajar. Sholat di waktu malam hanya dapat disebut sholat tahajud dengan syarat apabila dilakukan sesudah bangun dari tidur malam, sekalipun tidur itu hanya sebentar.

keistmewaan sholat tahjud dan tata cara

Sholat Tahajud


Sebuah Kerugian besar tak berujung sebgai orang Islam tidak memotivasi diri unutk mencintai sholat tahajud. Kerugian besar itu akan semakin menjadi bertambah besar tatkala kita sudah dipanggil-Nya memasuki kehidupan yang sesungguhnya. Kehidupan abadi setelah kematian. Untuk itu marilah kita mengenal amalan sholat sunnah ini untuk mendorong kita semakin mendekatkan diri kepada Allah.
Hukum sholat tahajud sunnah apa?
Hukum Sholat tahajud adalah sunnah muakkad, yaitu amalan sunnah yang sangat dianjurkan dan diutamakan dalam pengerjaannya.

1. Waktu Sholat Tahajud

Sholat tahajud tapi tidak tidur dahulu
Jadi apabila dikerjakan tanpa tidur sebelumnya, maka ini bukan sholat tahajud, tetapi shalat-shalat sunah saja seperti sholat witir dan sebagainya. urutan sholat tahajud dan witir tidaklah harus berurutan, eitir bisa diawal sholat tahajud, bisa diakhir. Namun lebih utama diakhir sebagai penutup.

Sholat tahajud yg paling bagus jam berapa?
Kalau sudah diketahui waktu melakukan ibadah ini dari waktu isya' sampai waktu subuh, sedang sepanjang malam ini ada saat-saat utama, lebih utama serta paling utama, maka waktu malam yang panjang itu dapat kita bagi menjadi tiga bagian :

1. Sepertiga pertama, waktu sholat tahajud yaitu kira-kira dari jam 19 sampai dengan jam 22, ini saat utama.

sholat tahajud selepas solat isyak bisa dilakukan yang jelas menjadi prinsipnya sudah tidur terlebih dahulu walaupun sebentar.

2. Sepertiga kedua, waktu sholat tahajud yaitu kira-kira dari jam 22 sampai dengan jam 1, ini saat yang lebih utama dan,

3. Sepertiga ketiga, waktu sholat tahajud paling utama dikerjakan pada pukul yaitu kira-kira dari jam 1 sampai dengan masuknya waktu subuh, ini adalah saat yang paling utama untuk sholat tahajud yg mustajab.

Sholat tahajud terakhir jam berapa?
Tiap daerah akan berbeda-beda untuk penentuan waktu sholat tahajud terakhir,yang paling mudah menentukan adalah masuknya waktu subuh.


Sholat tahajud saat bulan ramadhan juga sangat dianjurkan, kerena keberkahannya akan semakin berlipat dibulan penuh berkah.
Demikianlah menurut hadits Rasulullah saw. yang berbunyi :

Yanzilu rabbunaa ilaa samaa'id-dun-yaa hiina yabqaa tsu- lutsul-lailil-akhiiri fa yaquulu : Hal min daa'in fa astajiibu lahu. Hal min saa'ilin fa a'thiyahu. Hal min mustaghfirin fa aghfiru lahu. Hattaa yathlu'al-fajru.

Artinya :

"Perintah Allah turun ke langit dunia di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru : Adakah orang- orang yang memohon (berdoa) / sholat tahajud, pasti akan Kukabulkan, bila ada orang yang meminta, pasti akan Kuberi dan adakah yang mengharap / memohon ampunan, pasti akan Kuampuni baginya. Sampai tiba waktu subuh.

2. Tata cara Sholat Tahajud


Tata cara Sholat tahajud sama seperti sholat sunnah rawatib atau sholat sunnah lainnya, hanya berbeda pada niatnya saja dan dilakukan setelah bangun tidur pada malam hari.

Niat Sholat Tahajud
Lafazh niat sholat tahajud sebagai berikut :

اُصَلِّىْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى اللهُ اَكْبَرُ

Ushallii sunnatat-tahajjudi rak'ataini lillaahi ta'aalaa. Allaahu akbar.

Artinya: "Aku niat shalat sunah tahajjud dua raka'at karena Allah Ta'ala. Allaahu akbar,"

Rasulullah mencontohkan dengan berbagai macam contoh tata cara sholat tahajud, artinya tidak tetap pada hanya satu cara. Hal tersebut beliau tidak menitik beratkan mengenai "bagaimana", namun beliau lebih menekankan mengenai dorongan dan anjuran yang besar kepada umatnya melakukan sholat tahajud.

Untuk lebih jelas baca tentang: Tata Cara Sholat Tahajud ala Rasulullah


Beliau menekankan bahwa sholat tahajud bagaimana orang melakukannya dengan kemampuannya masing-masing, dilihat dari diri sendiri. bisa dilakukan hanya dua rakaat saja namun bila mampu hingga jumlah rakaat yang tak terbatas.



3. Doa Sholat Tahajud


doa sholat tahajud

Sebelum kita melakukan doa setelah sholat tahajud, terlebih dahulu membca Taawwudz, Basmalah, hamdalah dan bacaan sholawat nabi, Kemudian kalimat Tauhid dan pujian kepada Allah termasuk Asmaul Husna dan perbanyak Istghfar memohon ampunan.

Doa sholat tahajud dan dzikir yang dibaca di waktu melakukan sholat tahajud atau sesudahnya sebaiknya dari ayat-ayat AlQuran atau hadis.

a. Dari Al-Quran

doa sholat tahajud dan dzikir seperti :

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنۡيَا حَسَنَةً وَّفِى الۡاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّ قِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fid-dun-yaa hasanataw wa fil-aakhirati hasanataw wa qinaa adzaaban-naar.

Artinya :
"Ya Allah Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksaan api neraka.

b. Dari Dalam hadits

Doa sholat tahajud dan dzikir yang diambil dari dalam hadis Al Bukhari dinyatakan, bahwa Rasulullah saw. jika bangun dari tidur di tengah malam, terus melakukan sholat tahajud dan membaca doa sebagai berikut :  

اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَؤَا تِ وَاْلأرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ  

وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَوَاتِ وَالْأرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ 

 وَلَكَالْحَمْدُ نُوْرُالسَّمَوَا تِ وَالْارَضِ 

وَالَكَالْحَمْدُ اَنْتَالْحَقُّ وَوَعْدُكَالْحَقُّ وَلِقَاءُكَاحَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْخَنَّةُحَقُّ 

 وَالنَّارُحَقُّ وَالنَّبِيُّونَحَقَّ 

 وَمُحَمَّدٌصَلَّىاللهُ عَلَيِهِ وَسَلَمُ حَقٌّ 

 وَالسَّاعَةُحَقٌّ 

 اَللهُ مَّ لَكَ اَسْلَمْتُ 

 وَبِكَ اَمَنْتُ 

 وَعَلَيْكَتَوكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَا صَمْتُ 

 وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ 

 فَاغْفِرْلِىْ مَاقَدَّمْتُ 

 وَمَااَخَّرْتُوَمَااَسْرَرْتُ 

 وَمَااَعْلَنْتُ اَنْتَ الْمُقَدِّ مُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِرُلَااِلَهَ اِلَّااَنْتَ اَوْلَااِلَهَ غَيْرُكَ وَلاَحَوْلَ وَلَاقُوَّةَاِلَّابِاللهِ 


Allaahumma lakal-hamdu anta qayyimus-samaawaati wal- ardhi wa man fiihin, wa lakal-hamdu laka mulkus-samaawaati wal-ardhi wa man fiihin, wa lakal-hamdu nuurus-samaawaati wal-ardhi, wa lakal-hamdu antal-haqqu wa wa'dukal-haqqu wa liqaa'uka haqqun wa qauluka haqqun wal-jannatu haq- qun, wan-naaru haqqun, wan-nabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun shallallaahu 'alaihi wa sallama haqqun, was- saa atu haqqun. Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa 'alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfir lii maa qaddamtu, wa maa akhkhartu wa maa asrartu, wa maa a'lantu antal muqaddimu wa antal-mu'akhkhiru laa ilaaha illaa ilaaha gairuka wa laa haula wa laa quwwata illaa billah

Artinya:

"Ya, Allah, bagi-Mu segala puji. Engkaulah penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. BagiMulah segala puji. Engkau raja penguasa langit dan bumi. Bagi-Mulah puji segala puji, Pemancar cahaya langit dan bumi. Bagi-Mulah segala puji Engkaulah yang hak, dan janji-Mu adalah benar dan perjumpaan-Mu itu adalah hak, dan firman-Mu adalah benar, dan surga adalah hak, dan neraka adalah hak, dan nabi-nabi itu hak benar, dan Nabi Muhammad saw. adalah benar, dan saat hari kiamat itu benar Ya Allah, kepada-Mulah kami berserah diri (bertawakkal) kepada Engkau jualah kami kembali, dan kepada-Mu lah kami rindu, dan kepada Engkaulah kami berhukum
Ampunilah kami atas kesalahan yang sudah kami lakukan dan yang sebelumnya, baik yang kami sembunyikan maupun yang kami nyatakan. Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir. Tiada Tuhan melainkan Engkau Allah Rabbul- 'alamin. Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan kuasa dan kehendak Allah."

Sesudah membaca doa sholat tahajud itu perbanyaklah membaca dzikir istighfar. Adapun istighfar yang biasa ialah :

استغفرالله العظيم واتوباليه


Astaghfirullaahal-azhiim wa atuubu ilaiih.

Artinya:

"Kami memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung dan kami pun bertaubat kepada-Nya. "



4. Fadhilah Keutamaan / Keistimewaannya Sholat Tahajud

keistimewaan sholat tahajud

Ditetapkan dalam Alquran.
Sholat tahajud yakni shalat malam yang sangat dianjurkan,  sebagaimana firman Allah sebagai berikut:

 وَمِنَ الَّيۡلِ فَتَهَجَّدۡ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَ ‌ۖ عَسٰۤى اَنۡ يَّبۡعَـثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحۡمُوۡدًا

Wa minal-laili fatahajjad bihii naafilatal laka 'asaa ay yab'atsaka rabbuka maqaamam mahmuudaa.

Artinya :
"Hendaknya engkau gunakan sebagian waktu malam itu untuk shalat tahajud, sebagai shalat sunah untuk dirimu, mudah-mudahan Tuhan akan membangkitkan engkau dengan kedudukan yang baik". (S. Al-Israa': 79)

Ciri orang Bertakwa
Keitimewaan Sholat Tahajud Ketika disebutkan ciri-ciri orang yang bertakwa, Allah Subhanallohu wa Ta’ala berfirman dalam surah Adz Dzariyat


كَانُوۡا قَلِيۡلًا مِّنَ الَّيۡلِ مَا يَهۡجَعُوۡنَ 

وَبِالۡاَسۡحَارِ هُمۡ يَسۡتَغۡفِرُوۡنَ 

Artinya :
“Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum fajar.” (QS. Adz Dzariyat: 17-18)

Terbukanya pintu langit
Karena pentingnya keistimewaan sholat Tahajud sebagai waktu- waktu yang mustajab untuk seorang hamba meminta kepada Allah. Allah berfirman kepada Nabi-Nya dalam surah AlMuzammil

يٰۤاَيُّهَا الۡمُزَّمِّلُ 

قُمِ الَّيۡلَ اِلَّا قَلِيۡلًا 

نِّصۡفَهٗۤ اَوِ انْقُصۡ مِنۡهُ قَلِيۡلًا 

اَوۡ زِدۡ عَلَيۡهِ وَرَتِّلِ الۡقُرۡاٰنَ تَرۡتِيۡلًا 

Artinya :
“Hai orang yang berselimut, bangunlah pada sebagian malam (untuk sholat), separuhnya atau kurangi atau lebihi sedikit dari itu. Dan bacalah Al-Qur’an dengan tartil.” (QS. AlMuzammil: 1-4)

a. 5 keistimewaan Sholat Tahajud

Berikut beberapa keutamaan dan keistimewaan sholat Tahajud bagi seseorang yang mengerjakannya dengan penuh keikhlasan.

1. Sholat Tahajud Salah satu hal yang bisa jadi Sebab masuk surga.
keistimewaan sholat tahajud, Rasulullah SAW bersabda, “Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan dan sholatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah)

2. Sholat Tahajud Mampu Menaikkan derajat di surga.
Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh di dalam surga tedapat kamar-kamar yang bagian dalamnya terlihat dari luar dan bagian luarnya terlihat dari dalam. Kamar-kamar itu Allah sediakan bagi orang yang memberi makan, melembutkan perkataan, mengiringi puasa Romadhon (dengan puasa sunah), menebarkan salam dan mengerjakan sholat tahajud ketika manusia lain terlelap tidur.” (HR. At Tirmidzi)

3. Sebagai Penghapus dosa dan kesalahan.
Rasulullah sholallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hendaklah kalian melakukan sholat tahajud, karena itu adalah kebiasaan orang-orang sholeh sebelum kalian, dan ibadah yang mendekatkan diri pada Allah kalian serta penutup kesalahan dan sebagai penghapus dosa.” (HR. At Tirmidzi)

4. Adalah yang paling utama setelah sholat fardhu.
Rasulullah sholallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam atau sholat tahajud.” (HR. Imam Muslim)

5. Kemulian orang yang beriman dengan sholat Tahajud.
Ketika Jibril datang pada Rasulullah SAW lalu berkata tentang keistimewaan sholat Tahajud, “Hai Muhammad, kemuliaan orang beriman adalah dengan sholat malam / sholat Tahajud. Dan kegagahan orang beriman adalah sikap mandiri dari bantuan orang lain.” (HR. Al Hakim)

Akan tetapi disayangkan kebanyakan kaum muslimin meninggalkan sholat malam (sholat tahajud) yang berarti telah menyia-nyiakan keutamaan yang telah Allah sediakan dikarenakan kemalasan yang ada pada diri mereka atau terlena oleh godaan dunia.

Dalam riwayat Imam Bukhori disebutkan bahwa ketika Rasulullah SAW ditanya tentang seorang yang tidur sepanjang malam tidak mengerjakan sholat tahajud sampai waktu subuh, maka Rasulullah SAW bersabda,

“Dia adalah seorang yang kedua telinganya dikencingi oleh setan.”
Hal ini adalah penghinaan setan akan dirinya meninggalkan sholat tahajud, lalu bagaimana seorang yang bangun setelah waktu subuh??? Wallohu Musta’an.