Cerita Anak Tentang Kisah Sejarah NABI ISHAK AS

Cerita Anak Tentang Kisah Sejarah NABI ISHAK AS

Cerita Islam untuk anak mengisahkan Nabi Ishaq atau juga di sebut Ishak, yang harus kita kenal yakini, karena termasuk dalam 25 Nabi dan Rasul Allah yang diceritakan dalam Al-Quran, 25 nabi ini adalah para pemimpin nabi yang wajib kita teladani terutama Nabi Muhammad SAW. Kisah tentang Nabi Ishak sangat bagus kita kenalkan kepada anak melalui cerita dan dongeng.


Cerita anak islami tentang Nabi Ishak adalah putra Nabi Ibrahim AS bersama sarah, saudara tiri dari Nabi Ismail AS. Ishak artinya tertawa. Dinamakan demikian karena ibunya sewaktu mendengar kabar dari malaikat bahwa ia akan mengandung, padahal umur Sarah pada waktu itu sudah 99 tahun dan Ibrahim sudah 120 tahun .  ada juga riwayat cerita yang menyebutkan sarah pada waktu  itu berumur 90 tahun dan Ibrahim 100. tahun.


cerita anak islam nabi ihsak as
source: http://jsmccabe.com

 

Sarah merasa sudah lebih tua untuk melahirkan,itulah sebabnya ia tertawa mendengar kabar akan mengangandung dan melahirkan anak.Tentang kenabian Ishak ini tersebut di dalam Al-Qur'an:


'Dan kami beri dia khabar gembira dengan [ kelahiran] Ishak,seorang Nabi yang termasuk orang orang shaleh.Kami limpahkan keberkatan atasnya dan atas Ishak.Dan diantara anak cucunya ada yang berbuat baik dan ada yang berbuat dzalim terhadap dirinya sendiri dengan nyata.''[Ash-Soffaat : 112-113]
Dalam Surat lain juga dikatakan:


"Dan istrinya berdiri lalu dia tersenyum. Maka Kami sampaikan kepadanya kabar gembira tentang (kelahiran) Ishak dan setelah Ishak (akan lahir) Yakub." [QS Hud : 71]

Dalam Al-Qur'an tidak dikisahkan mengenai Ishaq / Ishak yang berdakwah kepada kaum tertentu, tetapi disebutkan bahwa dia selalu mengingatkan manusia kepada negeri akhirat. Nabi Ishak mengajak kaumnya untuk beribadah dan hanya menyembah kepada Allah saja tanpa menyekutukan-Nya Ia juga menerima wahyu dan  meneruskan ajaran ayahnya yaitu Ibrahim.

Nabi Ishak menikah dengan wanita Haran [IRAK] bernama Rafqah dan dikaruniai dua orang putra .Yang pertama bernama 'Ish dan kedua bernama Ya'qub. Kisah ini akan diteruskan sampai Nabi Isa AS. Sedangkan Nabi Ismail, saudara tirinya meneruskan hingga Nabi Muhammad SAW.

Dalam memimpin umat Nabi Ishaq dikenal sebagai Nabi yang bersifat ramah tamah hingga umatnya merasa senang, rukun dan diberi kemakmuran yang berlimpah ruah oleh Allah.