Penyebab Sakit perut anak dan cara mengatasinya

Penyebab Sakit perut anak dan cara mengatasinya

Nyeri perut adalah keluhan umum yang pernah dialami oleh  anak-anak, dari segala usia dan dapat disebabkan oleh berbagai alasan, Sakit perut anak beberapa disebabkan oleh sebab yang serius dan yang lainnya hanya keluhan biasa.

sakit perut anak
source: promhex.com






Gejala Umum Sakit Perut pada anak


Ketika anak anda merintih kesakitan, menangis tanpa henti atau membuat wajah kesakitan karena gangguan pada perutnya. Berikut ini adalah beberapa pengamatan yang akan membantu Anda menilai gejala sakit perut pada anak Anda:

1. Durasi Nyeri
Kasus-kasus sakit perut yang normal pada anak-anak seperti kembung, tidak bertahan lama. Namun, jika rasa sakitnya lebih dari 24 jam, Anda perlu mencari bantuan medis segera.

2. Lokasi Nyeri
Serangan sakit perut pada anak-anak biasanya terletak di tengah perut; Namun, jika anak Anda mengeluh sakit di daerah perut bagian bawah atau di wilayah tertentu, maka itu mungkin menjadi penyebab yang lebih mengkhawatirkan.

3. Kondisi Anak
Anda mungkin dapat mendeteksi tingkat keparahan Sakit perut anak dengan melihat kondisi anak Anda, jika Anda menemukan anak Anda pucat, berkeringat, mengantuk, atau lesu. Anak itu mungkin menolak makan dan minum.

4. Demam
Sakit perut disertai demam pada anak tidak berhubungan dengan masalah kesehatan yang serius. Bahkan, dalam beberapa kasus komplikasi kesehatan yang serius, demam bukanlah indikasi pasti berhubungan dengan penyakit serius. Ada beberapa kasus serius mungkin tidak ada demam dengan sakit perut.

5. Diare
Diare sangat umum terjadi pada Sakit perut anak dan umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Sebagian besar serangan sakit perut karena diare mereda dalam 3 sampai 4 hari tetapi mungkin juga memakan waktu lebih lama. Namun, jika ada darah terlihat di tinja, Anda harus membawa segera ke Dokter.

6. Infeksi Saluran Kemih
Anak Anda mungkin mengeluh sakit perut saat buang air kecil. Ini mungkin merupakan tanda infeksi saluran kemih dan membutuhkan antibiotik, namun jangan sembarang mengkonsumsi antibiotik, harus menggunakan resep dokter dan diagnosa lebih lanjut untuk mengatasi Sakit perut karena infeksi saluran kemih pada anak.

7. Ruam
Jika anak Anda mengeluh sakit perut dan juga terdapat ruam pada kulit, Anda perlu mendapatkan bantuan medis dengan segera. Sakit perut anak mungkin berindikasi lain seperti demam berdarah, atau penyakit lainnya yang lebih serius.

8. Sakit perut disertai muntah
Jika Anak Anda mengeluh sakit perut disertai muntah yang berwarna agak kehijauan, dan juga sakit perut disertai demam. Rasa Sakit berada dibawah pusar kebawah, Anda harus mewaspadai bahwa kondisi tersebut mengarah pada gangguan usus buntu.





Beberapa Penyebab Sakit Perut pada Anak

Ada sejumlah alasan yang dapat menyebabkan sakit perut pada anak-anak. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum:

1. Alergi Susu


Beberapa anak memiliki reaksi alergi terhadap protein yang ada dalam susu, yang dapat menyebabkan Sakit perut anak. Kasus ini biasanya banyak terjadi pada anak bayi ketika mengkonsumsi pertama kali jenis susu sapi. Reaksi alergi tidak terlihat langsung, bisa beberapa jam. Bayi yang kurang mengkonsumsi ASI lebih rentan mengalami alergi daripada yang lebih banyak mengkonsumsi ASI.

Gejala umum yang disebabkan karena Alergi susu:
 1. Sesak nafas dan batuk
 2. Perut terasa mual dan tidak nyaman hingga muntah.
 3. Perut mengalami keram
 4. Ruam pada kulit
 5. Masalah pada percernaan hingga Diare

Konsultasi dengan Dokter spesialis anak adalah tindakan yang tepat untuk mengatasi alergi anak terhadap susu yang berakibat Sakit perut anak.


2. Masalah Pencernaan atau Sembelit

Gangguan Pencernaan atau sakit perut karena sembelit / susah BAB juga dapat menyebabkan tidak nyaman pada anak-anak. Kurangnya cairan dan serat dalam makanan penyebab umum akan gangguan sembelit.

Pencegahan:

  • Perbanyak makan makanan untuk sembelit seperti sayur dan buah yang berkadar serat tinggi
  • Pastikan anak tidak kekurangan cairan dengan minum yang cukup
  • Hindari konsumsi makanan/minuman yang dapat memicu sembelit, seperti minuman bersoda, makanan cepat saji, gorengan,roti putih.
  • Jangan terlalu banyak diam

3. Infeksi ISK atau Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan rasa Sakit perut anak dan ketidaknyamanan di perut anak Anda. Rasa Sakit perut karena infeksi saluran kemih pada anak umumnya muncul di daerah perut bagian bawah.

Gangguan kesehatan ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tapi juga bisa pada anak-anak. Biasanya terjadi karena bakteri yang masuk melalui saluran kencing hingga mencapai kandung kemih. Untuk memastikan gangguan kesehatan sakit perut karena ISK, harus melalui uji laboratorium medis.

Gejala umum yang disebabkan karena gangguan ISK:
 1. Mengalami nyeri saat buang air kecil
 2. Perut terasa mual dan tidak nyaman hingga muntah.
 3. Nyeri terasa di daerah perut bagian bawah
 4. Saluran kencing membiru(berwarna kebiruan), kasus ini sering dialami bayi

Pencegahan :
  • Biasakan menjaga kebersihan setelah buang air kecil, terutama untuk anak perempuan, karena saluran kencing pada anak perempuan lebih dekat dengan anus, sehingga lebih rentan terhadap bakteri yang masuk.
  • Banyak juga kasus dialami oleh para bayi yang biasa menggunakan popok, pihak orang tua biasanya terlalu lama membersihkan atau mengganti popok.
  • Hindari pemakain celana dalam yang tidak kering, biasanya basah setelah buang air kecil dan setelah beraktivitas dengan banyak mengeluarkan keringat.
  • Perbanyak minum air putih
  • Hindari membersihkan saluran kencing menggunakan sabun yang dapat menyebabkan iritasi
  • Biasakan untuk tidak menahan kencing, terlebih dengan frekuensi yang sering. Hal tersebut berpotensi besar menyebabkan gangguan ISK.

4. Infeksi Radang Tenggorokan

Terlepas dari demam dan sakit tenggorokan, anak juga mungkin mengalami sakit perut disebabkan infeksi tenggorokan. Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan radang tenggorokan. Virus salah satu penyebab yang paling sering terjadi pada anak. Sedang faktor lain disebabkan oleh bakteri, infeksi jamur dan parasit.

Gejala umum yang disebabkan radang tenggorokan:
 1. Kondisi ini bisa membuat anak rewel dan sulit makan karena nyeri di perut
 2. menurunnya nafsu makan
 3. Susah untuk menelan makanan
 4. Mual hingga muntah
 5. Batuk, suara serak disertai demam

5. Radang usus buntu

Apendiks yang meradang dapat menyebabkan sakit perut dan kram hebat pada anak Anda. Ini adalah jenis yang serius sakit perut karena radang usus buntu membutuhkan perhatian medis dengan segera, karena dapat berakibat fatal bagi anak Anda.

Gejala awal radang usus buntu:
 1. Sakit perut anak bagian kanan bawah ditambah dengan kram
 2. Mual hingga menyebabkan muntah
 3. sering buang air kecil walaupun sedikit
 4. Disertai demam
 5. Tak mempunyai atau berkurangnya nafsu makan

Pencegahan Awal:
  • Hindari Sakit perut anak dengan makanan pedas, makanan kadar serat rendah dan makanan yang terlalu asin/banyak garam.
  • Hindari Sakit perut anak denagn makanan non higienis, gorengan dan makanan kemasan (terlebih yang mengandung pengawet)
  • Perbanyak minum air putih untuk Sakit perut anak

6. Kecemasan atau Nyeri Terkait Stres

Meningkatnya tingkat kecemasan atau tingkat stres juga dapat memicu sakit perut pada anak Anda. Nyeri perut ini umumnya tidak disertai dengan gejala lain, seperti diare, demam atau muntah. Jadi hal ini hanyalah gangguan kesehatan ringan.

7. Keracunan Timbal

Keracunan timbal biasanya terlihat pada anak-anak kecil, yang cenderung memasukkan segala sesuatu ke dalam mulut mereka, dan ini dapat menyebabkan sakit perut anak. Ada gejala lain seperti sembelit, lesu dan nafsu makan yang buruk, bersama dengan sakit perut.

8. Cedera pada Perut

Segala jenis cedera di daerah perut juga dapat menyebabkan sakit perut pada anak-anak.

9. Masalah Usus

Penyakit usus seperti malrotasi atau intususepsi dapat menyebabkan rasa sakit di perut anak.

10. Menstruasi

Menstruasi juga dapat menyebabkan sakit perut pada anak perempuan.



Tips Mencegah Sakit Perut pada anak

Anda dapat mengambil beberapa langkah berikut untuk membantu anak Anda menghindari sakit perut yang mungkin disebabkan oleh gangguan pencernaan, infeksi, atau sembelit:


  • Perbanyak mengkonsunsi makanan berserat tinggi ke dalam makanan anak Anda untuk mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan

  • Jangan makan sebelum tidur, karena berpengaruh pada proses metabolisme dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

  • Jangan biarkan anak Anda makan dengan porsi yang berlebih, sebagai gantinya berikan makanan kecil ketika lapar.

  • Biasakan anak Anda untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan untuk menjaga anak Anda aman dari infeksi bakteri dan virus

  • Pantau asupan cairan anak Anda karena kekurangan cairan dapat menyebabkan konstipasi




Obat sakit perut karena Diare

Diare adalah gangguan pada perut yang sering dialami anak-anak karena beberapa penyebab, masalah kebersihan adalah yang paling sering terjadi, berikut adalah cara penanganan pertama mengatasinya:
  • Oralit : Memberikan oralit bertujuan untuk mengatasi dehidrasi karena berkurangnya cairan karena diare 
  • Probiotik : Obat diare ini mengandung bakteri baik yang dapat membantu penyembuhan diare dan menteralisir racun. Namun secara umum pemberian probiotik masih perlu penelitian lebih lanjut.

  • Obat diare tanpa resep dokter. Rata-rata obat diare yang dijual umum dan apotik cenderung aman untuk penanganan pertama pada sakit diare anak. Mengenai merk dan jenisnya disesuaikan dengan umur dan kesesuaian anak.
Baca selengkapnya : Sakit perut karena Diare pada anak



Resep alami untuk pereda sakit perut anak

Nyeri perut adalah masalah medis yang sangat umum pada anak-anak dan sebagian besar kasus sakit perut tidak terlalu memprihatinkan. Dibawah ini terdapat Beberapa tindakan pengobatan secara herbal dan alami yang dapat dibuat sendiri di rumah mungkin dapat meredakan sakit perut pada anak Anda:

1. Teh Chamomile

Sifat anti-inflamasi dan obat penenang teh chamomile membantu mengendurkan otot dan sangat efektif dalam mengobati kram perut dan Sakit perut anak.









2. Madu

Madu juga efektif dalam mengobati masalah Sakit perut anak dan lambung karena sifat anti bakterinya. Tidak dianjurkan untuk anak di bawah satu tahun.









3. Jahe

Jahe sangat efektif untuk sakit perut anak yang diakibatkan oleh makan berlebihan. karena mengandung antioksidan kuat yang disebut "Gingerol", efektif juga untuk mengurangi rasa mual. Namun, tidak dianjurkan untuk memberikan jahe kepada anak di bawah usia 2 tahun.




4. Mint dan Lemon

Mint membantu melawan bakteri berbahaya dan lemon efektif untuk mengatasi sembelit. Teh yang terbuat dari lemon dan mint efektif untuk mengobati sakit perut anak. Juga dapat mengurangi rasa mual.






5. Yoghurt
 

Yoghurt mengandung bakteri baik yang efektif menetralkan sakit perut anak yang disebabkan infeksi bakteri.










6. Kompres Hangat











 





7. Aktivitas Luar Ruang
Manjakan anak Anda dalam beberapa kegiatan di luar rumah membantu meringankan sembelit dan gangguan pencernaan. Kegiatan seperti berjalan, berlari, bersepeda dll sangat efektif dalam merangsang saluran pencernaan.

Baca juga : Resep Herbal untuk Nyeri lutut anak




Kapan Harus ke Dokter

Sebagian besar kasus sakit perut tidak serius. Namun, Anda harus mencari bantuan medis untuk sakit perut anak dalam kasus-kasus berikut:
  • Jika anak Anda mengalami cedera perut di masa lalu.
  • Jika anak Anda menghadapi masalah pernapasan.
  • Jika perut anak Anda sangat keras dan kembung
  • Jika anak Anda mengalami sakit yang tiba-tiba dan bertambah parah
  • Jika Anda melihat ada darah di muntah atau tinja anak Anda
  • Jika anak Anda tidak dapat BAB
  • Jika anak Anda kurang dari tiga bulan dan mengalami diare
  • Jika anak Anda merasakan sakit saat buang air kecil
  • Jika anak Anda sedang menjalani perawatan untuk kanker
Waspadai juga jika terdapat gejala dehidrasi berat yang ditandai dengan:

  • Penurunan kesadaran
  • Kaki dan tangan dingin
  • Pucat
  • Jarang pipis atau tidak pipis sama sekali
  • Sesak napas
  • Anak merasa sangat haus
  • Muntah
Ada banyak alasan yang dapat menyebabkan sakit perut pada anak Anda. Jika Anda memperhatikan bahwa sakit perutnya menetap dan tidak kunjung sembuh dengan pengobatan rumahan, atau Anda melihat adanya gejala yang mengkhawatirkan, disarankan untuk segera mencari bantuan medis.