Resep Herbal untuk nyeri lutut anak

Resep Herbal untuk nyeri lutut anak

Gangguan nyeri lutut tidak sedikit yang dialami oleh anak -anak, karena banyak faktor yang menyebakan nyeri pada lutut itu terjadi. Bukan hanya dari aktivitas yang dilakukan oleh anak, tapi ada juga dari faktor lain. Kenali Macam Gejala Gangguan Lutut pada Anak.

bahan herbal mengatasi nyeri lutut anak

Selain pengobatan dan terapi reguler, Anda dapat mencoba beberapa pengobatan herbal untuk nyeri lutut anak di rumah yang mudah dibuat dan bahan yang mudah didapat untuk meredakan nyeri lutut pada anak Anda bahkan juga untuk orang dewasa. Di bawah ini adalah beberapa pengobatan herbal yang bisa dibuat sendiri dirumah yang bisa digunakan:

1. Kompres Lutut dengan es

herbal atasi nyeri lutut anak

Mengompres menggunakan es batu atau sebungkus kacang polong beku di daerah lutut yang cedera, mampu mengurangi nyeri dan pembengkakan lutut. Ini karena suhu dingin mampu menyempitkan pembuluh darah, sehingga mengurangi aliran darah ke daerah yang terkena.

2. Willow Bark (Pohon Dedalu)

ramuan herbal willow bark
Di Indonesia mungkin ramuan ini masih asing terdengar, namun bisa ditemukan di toko ramuan herbal. Ramuan herbal ini bila secara teratur digunakan dalam pengobatan nyeri lutut terutama untuk peradangan dan demam. Juga diketahui telah memberikan bantuan lutut pada pasien yang menderita artritis. Ekstrak pohon dedalu ini pun telah tersedia.

3. Ekstrak Jahe

jahe bahan herbal untuk nyeri lutut

Obat ini juga telah terbukti efektif untuk menghilangkan rasa sakit bagi pasien dengan arthritis (Baca: 8 macam gangguan pada lutut anak). Jahe adalah bahan herbal yang mengandung senyawa anti-inflamasi alami yang mengurangi pembengkakan.

Mengkonsumsi teh jahe 2-3 kali setiap hari dianjurkan hingga nyeri lutut mereda. Atau, Anda bisa memijat bagian yang sakit dengan minyak jahe 2-3 kali setiap hari untuk menghilangkan rasa sakit. Ekstrak jahe juga bekerja dengan baik ketika dikonsumsi bersama dengan obat resep untuk nyeri lutut.


4. Cuka Sari Apel

cuka apel bahan herbal untuk nyeri lutut

Cuka apel dikenal memiliki sifat alkali yang berguna dalam mengurangi rasa nyeri, ini juga berguna bagi lutut anak yang nyeri. Minum ramuan herbal 1-2 gelas air hangat dicampur dengan cuka sari apel dapat menghilangkan racun di sekitar daerah lutut, sehingga membantu mengurangi nyeri pada lutut. Ini juga dapat meningkatkan fleksibilitas gerakan lutut dengan mengembalikan pelumas di sekitar lutut.

5. Cabe rawit

nyeri lutut bisa diatasi dengan cabai rawit

Ramuan herbal alami ini mengandung Capsaicin, yang merupakan pereda nyeri alami. Sifat penghilang sakit alami dari Capsaicin memberikan sensasi hangat pada lutut yang terkena, sehingga mengurangi sensasi rasa sakit.

Direkomendasikan untuk masalah nyeri lutut anterior, Anda dapat membuat pasta bubuk cabai rawit dan minyak zaitun dan menerapkannya pada daerah lutut yang terkena setiap hari. Atau, Anda bisa mencampurkan cabai rawit dengan cuka sari apel dan mengoleskan cairan pada area yang terkena. Anda juga bisa menggunakan beragam salep atau gel yang mengandung cabai rawit untuk menghilangkan rasa nyeri pada lutut dengan segera.


6. Minyak Mustard

herbal atasi nyeri lutut anak

Memijat lutut dengan minyak mustard dapat mengurangi rasa nyeri dan peradangan di lutut, serta meningkatkan sirkulasi darah di bagian itu.

7. Kunyit

resep herbal untuk nyeri lutut anak

Kunyit juga merupakan obat herbal yang efektif untuk pengobatan nyeri lutut. Kunyit mengandung bahan kimia Curcumin, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, yang keduanya baik untuk menghilangkan rasa sakit.
Minum segelas air panas yang dicampur dengan jahe dan kunyit dapat membantu mengurangi nyeri lutut pada anak.


8. Lemon

nyeri lutut anak dengan ramuan herbal

Lemon mengandung asam sitrat, yang bertindak sebagai pelarut untuk kristal asam urat, salah satu penyebab utama radang sendi. Lemon adalah obat rumah yang efektif untuk mengurangi nyeri lutut.
Iris 1-2 potong lemon dan tempelkan pada bagian lutut yang nyeri mengunakan kain, celupkan kain ke dalam minyak wijen, dan letakkan kain di bagian lutut yang terkena selama 5-10 menit. Atau, minum segelas air lemon hangat di pagi hari juga bermanfaat.

9. Bahan Herbal Lainnya

Bahan-bahan herbal lain seperti garam Epsom,  dan minyak kayu putih juga dikenal efektif dalam meredakan nyeri lutut atau cedera.

Kapan Harus Menghubungi Dokter?

Sebagian besar anak-anak mengalami luka pada lutut mereka saat jatuh, ketika bermain atau ketika mereka terbentur terhadap benda keras. Dalam kasus seperti itu, sebagian besar pengobatan rumahan, atau dalam kasus tertentu, obat penghilang rasa sakit atau salep atau semprotan penghilang rasa sakit, masih mampu mengatasinya.

Namun, disarankan untuk mengunjungi dokter jika nyeri lutut disebabkan oleh sebab yang membahayakan dan diikuti gejala:

    - Pembengkakan hebat di sekitar lutut
    - Kemerahan parah di sekitar daerah lutut
    - Rasa sakit yang menjadi
    - Suhu panas yang meningkat di sekitar sendi lutut
    - Mengeluarkan suara pada saat cedera lutut

Dianjurkan juga untuk memanggil dokter jika sakit lutut disebabkan oleh insiden kecil tetapi mengarah pada yang berikut:

    - Berlangsung untuk jangka waktu lama, terutama sepanjang hari
    - Anak pincang atau menunjukkan kelemahan pada lutut
    - Anak tidak dapat lagi menanggung rasa sakitnya
    - Mengganggu pola tidur anak
    - Rasa sakitnya menghambat aktivitas normal anak

Nyeri lutut bukan hanya iritan untuk anak aktif, tetapi juga bisa menjadi indikator atau alat ukur dari masalah jangka panjang jika tidak ditangani dengan tepat. Jika anak Anda mengeluh nyeri lutut yang parah atau sering, disarankan untuk mengunjungi dokter untuk diagnosa dan perawatan yang tepat.