Amalan Luar Biasa Sholat Tahajud Selama 40 Hari

Amalan Luar Biasa Sholat Tahajud Selama 40 Hari

Sholat Tahajud adalah amalan sunnah yang paling utama setelah yang wajib, sebuah jalan tempuh menuju sebuah pengharapan, baik hajat didunia maupun sebagai penghantar kebaikan di akhirat.


Lantas seberapa Istimewa Amalan sholat tahajud selama 40 hari?.

Mari kita melihat hubungan antara sholat tahajud dan waktu 40 hari.
amalan sholat tahajud selama 40 hari

Sholat Tahajud Selama 40 Hari

Yang perlu ditekankan adalah Tujuan Sholat tahajud bukan hanya amalan yang cukup dilakukan dalam 40 hari, namun apa yang dapat kita tarik manfaat luar biasa setelah dilakukan selama 40 hari.

Angka 40 adalah bilangan yang sangat populer dalam sebuah proses pencapaian, baik agama maupun budaya. Dalam kepopulerannya, kiranya angka 40 merujuk pada makna "kepenuhan" dan "kematangan".

Melihat dalam proses penciptaan seorang Manusia, bahwa ia diciptakan dalam 3 fase yaitu :
  • fase nutfah selama 40 hari,
  • fase alaqah selama 40 hari dan
  • fase mudgah selama 40 hari,
kemudian Allah memerintahkan malaikat meniupkan ruh padanya.

Kita bisa melihat dalam proses tersebut, bahwa kurun waktu 40 hari adalah lamanya sebuah proses yang dibutuhkan utnuk mencapai sebuah kematangan.

Tentu proses untuk setiap masalah akan berbeda, namun waktu "pematangan dalam proses".

Beberapa ahli teologi mengatakan bahwa angka 40 bisa diartikan sebagai "waktu pengujian dan pemurnian" atau periode "pembaruan". Artinya apa yang telah dilakukan selama 40 hari berarti telah melewati waktu uji hingga terjadi hasil dari pembaruan dan pemurnian.

Melihat makna "waktu pengujian" untuk angka 40 kita bisa lihat melalui kejadian Allah ketika mengangkat para Nabi dan Rasulnya, para nabi dan Rasul-Nya diangkat kebanyakan, pada usia 40 tahun, seperti kenabian dan kerasulan Muhammad, Nabi Musa, dan lainnya 'alaihim al-Shalatu wa al-Sallam.

Mengutip dari Imam al-Syaukani rahimahullah, beliau berkata,
"Para ahli tafsir berkata bahwa Allah Ta'ala tidak mengutus seorang Nabi kecuali jika telah mencapai umur 40 tahun." (Tafsir Fathul Qadir: 5/18)

Keutamaan 40 hari

Keikhlasan yang hakiki pada seseorang ketika melakukan sebuah amalan terutama sholat tahajud selama 40 hari, akan muncul bagi dirinya cahaya hikmah memancar didalam hatinya, dan  kebijaksanaan pada lisannya.

Umar bin Khattab pernah bertanya kepada seseorang tentang ibadahnya “berapa lama anda menekuninya ?” jawab orang itu, “ selama 30 hari , lalu Umar bin Khattab berkata “ Mengapa anda tidak menekuninya selama 40 hari?”

Rosuulalloh SAW bersabda :
“Tidak ada seorang hamba yang ikhlas mengerjakan amal karena Alloh selama 40 hari kecuali akan muncul pancaran nur-nur hikmah dari hati sampai ke lisannya”. (HR. Ibnul Addy dan Ibnul Juuzy dari Abi Musa Al-Asyary).

Dalam Alquran pada kisah Nabi Musa, diceritakan bahwa Allah menurunkan kitab Taurat dalam masa 30 hari, namun kemudian ditambah 10 hari sebagai proses penyempurnaan dari ibadah yang dilakukan oleh Nabi Musa.

...وَوٰعَدۡنَا مُوۡسٰى ثَلٰثِيۡنَ لَيۡلَةً وَّاَتۡمَمۡنٰهَا بِعَشۡرٍ فَتَمَّ مِيۡقَاتُ رَبِّهٖۤ اَرۡبَعِيۡنَ لَيۡلَةً ‌

Artinya ;
"Dan Kami telah menjanjikan kepada Musa (memberikan Taurat) tiga puluh malam, dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh (malam lagi), maka sempurnalah waktu yang telah ditentukan Tuhannya empat puluh malam...”

Apa yang didapat dengan Amalan sholat tahajud selama 40 hari?

Dalam Hadis disebutkan bahwa siapa yang melakukan sholat tahajud selama 40 malam berturut-turut, maka akan memiliki keutamaan luar biasa, doanya mustajab dan segala kebutuhannya dimudahkan oleh Allah swt. (Hadist)

Setelah seseorang melakukan amalan sholat tahajud selama 40 hari berturut-turut, ia telah melewati masa tempuh dalam "waktu pengujian", secara otomatis dia akan mendapat hasil pembaruan dan pemurnian bagi dirinya.

Maka atas ijin Allah ia berhak mendapatkan "tiket" bagi doa yang mustajab dan apa yang menjadi kebutuhannya niscaya (tidak mungkin tidak) dimudahkan dan dicukupi oleh Allah SWT.