Anas bin Malik Sahabat Nabi dan Perawi Hadis

Anas bin Malik Sahabat Nabi dan Perawi Hadis

Anas ibn Malik (10 Seb. H - 93 H)

Nama lengkapnya adalah Anas bin Malik ibn al-Nadhr ibn Dhamdham al-Anshari al-Khazraji al-Najjari. Ketika Rasul SAW hijrah ke Madinah, Anas baru berusia 10 tahun. Ibunya, Ummu Sulaim, menyerahkan Anas kepada Rasul SAW agar dapat berkhidmat kepada Rasul. Anas kemudian tumbuh dan besar bersama Rasul SAW, dan ia berkhidmat pada Rasul SAW selama 10 tahun.

Anas adalah seorang Sahabat yang terkenal wara', banyak ibadahnya,dan sedikit bicaranya, sehingga Abu Hurairah pernah berkomentar tentang Anas,

"Saya tidak melihat seseorang yang ibadah sholat nya menyerupai shalat Rasul SAW selain ibn Ummu Sulaim, yaitu Anas"

Pada masa Abu Bakar Ash Shiddiq, Anas ditugaskan sebagai amil zakat di Bahrain, dan selanjutnya Anas menetap di Basrah Sampai meninggal pada tahun 93 H. Dia adalah Sahabat yang terakhir meninggal di Basrah.

Sumber Hadis Anas, selain berasal langsung dari Nabi SAW., juga diperolehnya melalui Abu Bakar, 'Umar ibn Khattab, Utsman bin Affan, 'Abd Allah ibn Mas'ud, 'Abd Allah ibn Rawahah, Fathimah al-Zahra, Aisyah RA, Abd Rahman ibn 'Auf, dan lain-lain.

Dan, dari Anas, telah meriwayatkan Hadis-Hadisnya sejumlah Sahabat dan Tabi in, seperti Al-Hasan, Abu Qalabah, Abu Majaz, Muhammad ibn Sirin, Ibn Syihab al-Zuhri, dan lain-lain.

Anas adalah perawi Hadis terbanyak ketiga di kalangana Sahabat. Jumlah Hadis yang diriwayatkannya adalah 2286 Hadis. 2 Di antaranya 318 Hadis diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Imam Muslim, 80 Hadis diriwayatkan oleh Bukhari saja, dan 70 Hadis diriwayatkan oleh Muslim saja.

Riwayat yang paling Shahih dari Anas adalah melalui jalur Malik, dari Al-Zuhri, dan dari Anas Sedangkan yang paling lemah adalah melalui jalur Daud ibn al-Muhabbar, dari Aban ibn Abi 'Iyasy, dari Anas.