Wirid Dzikir dan Doa Setelah Sholat Tahajud

Wirid Dzikir dan Doa Setelah Sholat Tahajud

Mengenai dzikir setelah sholat tahajud atau doa sesudah mengerjakan Shalat Tahajjud maka perbanyaklah memuji kepada Allah dengan berulang kali menyebut asma-asma Allah yang baik, memperbanyak bacaan shalawat atas Nabi, bacaan tasbih, tahmid, tahlil, takbir dan istighfar serta memohon kebahagiaan hidup didunia maupun kebahagiaan hidup di akhirat nanti. Dan tidak kalah penting adalah memohon ampunan kepada Allah.


Wirid Dzikir dan Doa Setelah Sholat Tahajud
 

Dinyatakan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari bahwa Rasulullah saw ketika bangun tidur tengah malam kemudian membaca dzikir dan doa setelah sholat tahajud seperti berikut ini:


doa sholat tahajud dan dzikir

dzikir dan doa sholat tahajud latin

Artinya :

"Ya Allah, bagi-Mu segala puji Engkau penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya, bagi-Mulah segala puji Engkau Raja Penguasa langit dan bumi. Bagimulah segala puji, EngKaulah yang hak dan janjimu adalah benar, dan perjumpaan denga-Mu adalah hak benar, dan firmanmu adalah benar, dan surga adalah benar dan neraka adalah benar, nabi Muammad Juga benar, demikian pula datangnya hari kiamat juga benar. Ya Allah kepadaMu aku menyerah, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali, kepadaMu aku mengadu, kepada-Mu pula aku mohon keputusan. Karena itu ampunilah dosa-dosaku yang terdahulu serta yang akan datang, yang kıusembunyilan maupun yang kutampakkan. Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir, tiada Tuhan melainkan Allalh yang patut disembah, serta tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah." (HR. Bukhari).

Kemudian dilanjutkan dengan dengan membaca untuk dzikir dan doa setelah sholat tahajud berikut :

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ


Rabbanaa Aatinaa Fiddunnyaa Hasanah, Wa Fil Aakhirati Hasanah, Waqinaa ‘Adzaa Ban Naar

"Wahai Tuhan kami, berilah kami kebahagiaan didunia dan kebahagiaan di akhirat dan jauhkanlah kami dari siksa api neraka."

Wirid Untuk Derajat Luhur

Sebagai wiridan derajat doa sholat tahajud dan dzikir Di dalam Al-Quran telah dijelaskan pada surat al-Isra" ayat 79 bahwa sholat Tahajud sebagai sholat sunnat tambahan yang dapat mengangkat derajat seseorang pada kedudukan yang mulia di sisi manusia, lebih-lebih di sisi Allah SWT

Untuk itu agar semakin lengkap dan sempurna dalam mengerjakan Shalat Tahajud tersebut maka sebaiknya setelah selesai shalat dilanjutkan dengan membaca beberapa wirid seperti di bawah ini.

(1) Istighfar

Dzikir dan doa sesudah sholat tahajud dengan Membaca istighfar sebanyak 100 kali

اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ وَاتُوبُ اِلَيْهِ


Astaghfirullahal’adzim wa atuubu ilaihi

"Kami memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung dan kami juga bertaubat kepada-Nya." 100x

Ada juga dzikir dan doa sesudah sholat tahajud dengan bacaan istighfar yang lebih lengkap (sempurna) lagi, seperti yang biasa dibaca oleh Rasulullah saw yaitu :

Latin :
Allohumma anta robbi laa ilaa ha illa anta kholaqtanii wa naa 'abduka wa anaa 'alaa 'ahdi ka wawa' dika mastatho'tu a'uu dzubika mim bdzambii fagh fir lii fainnahu laa yaghfiruddzunuu ba illa anta

Artinya :
"Ya Allalh, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau, Engkau Dzat yang telah menjadikan kami, dan kami adalah hamba Engkau, dan kamipun dalam ketentuan Engkau serta janjimu Sedapat yang kami kerjakan, kami mohon perlindungan-Mu dari kejahatan apa yang kami lakukan, kami mengakui kenikmatan yang telah Engkau limpahkan kepada kami, dan kami juga mengakui akan dosa kami karena itu berilah ampunan kepada kami, sesungguhnya tidak ada yang memberi pengampunan kecuali Engkau sendiri."



(2) Bacaan Shalawat Nabi

Dzikir dan doa sesudah sholat tahajud dengan Membaca bacaan shalawat atas Nabi Muhammad saw sebanyak 100 kali.

اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ


Allaahumma shalliwasallim alaa Sayyidinaa muhammadiwa alaa aali sayyidinaa muhammad

"Ya Allah, berilah kesejahteraan kepada Nabi Muhanmad dan keluarganya. "

Kemudian berkirim Al-fatihah (tawassul) kepada:
  • Rasulullah saw beserta sahabat dan keluarga beliau
  • Syeh Abdul Qadir Jaelani.
  • Syeh Ahmad Ad Darhoby
  • Kedua orang tua
  • Seluruh muslim dan muslimat.

 

(3) Doa dan Salam bagi rijalul ghaibi

Dzikir dan doa sesudah sholat tahajud selanjutnya dengan Membaca Doa dan Salam bagi rijalul ghaibi, dari Aisyah ra. Majaziahnya memohon kepada para nabi, para wali, hakekatnya meminta hanya kepada Allah SWT. 

Doa ini permohonan Siti Aisyah kepada Nabi: “Doa Seandainya engkau telah meninggalkan dunia ini?”.
Nabi menjawab, “Bacalah doa ini!”

Assalamu’alaikum yaa rijaalul ghaib, Assalaamu’alaikum yaa ayyuhal-arwaahul muqaddasah. Yaa nuqabaa, yaa nujabaa, yaa ruqabaa, yaa budalaa. Yaa autadal ardhi autaadun arba’atun. Yaa imaa-maini, yaa quthbu, yaa fardu, yaa umanaa-u aghiitsuunii bighautsatin. Wanzhu-ruunii binazhratin, warhamuunii wa hashshiluu muraadii wa maqshuudii, waquumuu ‘alaa qadhaa-I hawaa-ijii, ‘indanabiyyinaa Muhammadin saw

Sallamakumullaahu ta’aalaa fiddunyaa wal aakhirah. Allaahumma shalli ‘alaa nabiyyil Hidhri, Al-Faatihah!

Artinya :
Keselamatan atasmu, yaa rijalul ghaibi (laki-laki yg gaib). Keselamatan atasmu, yaa segenap arwah yang suci. Yaa segenap Wali Nuqaba (yg maha memelihara), yaa segenap Wali Nujaba (yg maha memperkenankan), yaa segenap Wali Ruqaba (yg maha mengawasi), yaa segenap Wali Abdal (yg maha adil). Yaa segenap Wali Paku Alam dari 4 penjuru angin. Yaa Wali imam, yaa Wali Qutub, yaa Wali Tunggal, yaa Wali Pengaman Dunia. Tolonglah kami dengan pertolonganmu. Dan lihat kami dengan penglihatanMu. Kasihanilah kami dan kabulkan hajat serta permintaan kami, dengan ijin MU. Selamatkanlah kami yaa Allah, di dunia dan akhirat. Semoga Allah menambah rahmat atas Nabi Hidhir, a.s. Al-Faatihah.


(4) Asmaul Husna

Dzikir dan doa sesudah sholat tahajud dengan Membaca beberapa Asmaul Husna, diantaranya

Yaa lathiifu Yaa Mu'izzu Ya Hamiidu Yaa Jadiilu


"Wahai Dzat yang memberi kelembutan, Wahai Dzat yang memberi kemuliaan, Wahai Dzat yang Maha Terpuji, Wahai Dzat yang mempunyai Kebesaran." 140x

Untuk lebih lengkapnya tentang Asmaul Husna baca juga : Fadhilah Dzikir 99 ASMAUL HUSNA

 

(5) Doa Segala Hajat

Membaca doa setelah sholat tahajud sesuai dengan keinginan atau apa yang dihajatkan. Demikianlah, mudah-mudahan uraian Dzikir dan Doa Setelah Sholat Tahajud ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Amin Allahumma amin.