Fadhilah Dzikir 99 ASMAUL HUSNA Arab dan Latin

Fadhilah Dzikir 99 ASMAUL HUSNA Arab dan Latin

ALLAH SWT adalah dzat pemilik segala keagungan dan kesempurnaan. Dia tidak berawal, dan juga tidak berakhir. Dia Maha Esa tiada sekutu baginya. Dia tidak beranak, dan tidak pula diperanakkan. Tiada seorang pun yang setara dengan dia.

Dia tidak menyerupai sesuatu, dan tiada sesuatu pun yang menyerupai-Nya

Dialah pencipta, penguasa dan mengatur tunggal alam semesta beserta isinya. Tiada Pencipta selain Dia. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Kerajaan dan kekuasaan-Nya sangat sempurna. Dia adalah Raja diraja.

Dia berada di atas Arasy (singgasana Tuhan diatas langit ketujuh yang tidak dapat diketahui hakikatnya oleh akal manusia, tapi dapat diyakini kebenarannya), namun Dia Maha suci dari sifat istiqrar (menetap).

Dia juga dekat dengan segala sesuatu, bahkan dekat kepada hati manusia, melebihi urat leher manusia itu sendiri.

99 asmaul husna

Al Asmaul Husna

Nama Allah SWT adalah ismudz Dzat yang mengandung seluruh pengertian yang ada dalam Asmaul Husna. Al Asmaul Husna berasal dari kata ismi (nama) dan husna indah).

Artinya nama-nama yang indah. Namà-nama tersebut hanya dimiliki dan disandang oleh Allah SWT. Jumlahnya sebanyak 99 (sembilan puluh sembilan).

Menurut Abdullah bin Sani dalam bukunya Asmaaul Husna dalam Komentar, 76 nama dari Asmaul Husna terdapat dalam Al Quran, sedang yang 23 lainnya terdapat dalam hadis.

Adanya Asmaul Husna diterangkan dalam Al Quran, antara lain dalam Surat Thaha ayat 8: "Dialah Allah, Tidak ada Tuhan melainkan Dia. Dia memiliki Al Asmaaul Husna (nama-nama baik yang indah)."

Asmaaul Husna merupakan amalan yang bermanfaat dan mempunyai nilai yang tak terhingga tingginya. Diterangkan dalam Surat Al Araf ayat 180:
"Allah memiliki Asmaaul Husna, maka bermohonlah kepadaNya dengan menyebut Asmaaul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan." 

Dijelaskan pula dalam sebuah hadis:

"Sesungguhnya Allah memiliki sembilan puluh sembilan nama, yaitu seratus dikurangi satu. Barangsiapa menghafalkannya, akan masuk surga. Sesungguhnya itu witir (tidak genap). Dia menyukai witir itu," (H.R. Imam Baihaq).

99 Asmaul Husna dan Fadhilah

Adanya Asmaul Husna secara rinci diterangkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra. sebagai berikut :
  
1. Al Ahad ( اَلاَحَدُ )
Yang Maha Esa        
apabila dibaca 500 kali setiap malam, terutama setelah sholat tahajud atau solat sunat 2 rakaat mempunyai pengaruh yang besar di dalam mencapai segala yang dihajatkan.

2.  Ar Rahman  (  يَا رَحْمٰن  )    
Yang Maha Pengasih
apabila dibaca sesudah sholat 5 waktu sebanyak 500 kali, maka hati kita akan menjadi terang, tenang & sifat-sifat pelupa & gugup akan hilang dengan izin Allah.

3.   Ar Rahiim  (  يَارَحِيْم   )  
Yang Maha Penyayang
apabila dibaca sebanyak 100 kali setiap hari, Insya Allah kita akan mempunyai daya tarik yang besar sekali hingga manusia merasa cinta & kasih serta sayang terhadap kita.

4.   Al Malik  ( ياَ مَلِكُ  )     
Yang Maha Merajai/Memerintah
apabila dibaca sebanyak 121 kali setiap pagi atau setelah tergelincir nya matahari, segala pekerjaan yang dilakukan setiap hari akan mendatangkan berkat & kekayaan yang di ridloi Allah.

5.   Al Quddus (  يَا قُدُّوْس    )
Yang Maha Suci
apabila dibaca sebanyak 100 kali setiap pagi menjelang, maka hati kita akan terjaga dari semua penyakit hati seperti sombong, iri hari, dengki dan sebagainya.

6.   As Salaam  (  يَا سَلاَمُ )
Yang Maha Memberi Kesejahteraan
apabila dibaca sebanyak 136 kali, Insya Allah jasmani & rohani kita akan terhindar dari segala penyakit sehingga badan menjadi segar sehat & sejahtera.

7.  Al Mu`min (  يَا مُؤْمِنْ )
Yang Maha Memberi Keamanan
apabila dibaca sebanyak 236 kali, Insya Allah diri kita, keluarga & segala kekayaan yang dimiliki akan terpelihara & aman dari segala macam gangguan yang merusakkan.

8.  Al Muhaimin (  يَا مُهَيْمِنُ )
Yang Maha Pemelihara
apabila dibaca sebanyak 145 kali sesudah sholat fardlu Isyak, Insyaallah pikiran & hati kita akan menjadi terang & bersih.

9.   Al `Aziiz ( يَا عَزِيْز )
Yang Maha Perkasa
apabila dibaca sebanyak 40 kali sesudah sholat subuh, Insya Allah, kita akan menjadi orang yang mulia, disegani orang karena penuh kewibawaan.

10.  Al Jabbar  ( ياَ جَبَّارْ )
Yang Memiliki Mutlak Kegagahan
apabila dibaca sebanyak 226 kali pagi & petang, semua musuh akan menjadi tunduk & patuh dengan izin Allah.

11. Al Mutakabbir ( ياَ مُتَكَبِّرْ )
Yang Maha Megah, Yang Memiliki Kebesaran
apabila dibaca asma ini sebanyak 662 kali, maka dengan tindakan yang bijaksana, kita dapat menundukkan semua musuh, bahkan mereka akan menjadi bawahan yang setia.

12. Al Khaliq ( يَا خَالِقُ )
Yang Maha Pencipta
dibaca sesuai dengan kemampuan masing-masing atau sebanyak 731 kali, Insya Allah yang ingin otak cerdas, cepat menerima suatu pelajaran.

13.  Al Baari` ( يَا بَارِئْ )
Yang Maha Melepaskan (Membuat, Membentuk, Menyeimbangkan)
sekiranya kita berada didalam kesukaran atau sedang sakit, dibaca sebanyak 100 kali selama 7 hari berturut-turut, Insya Allah kita akan terlepas dari kesukaran & sembuh dari penyakit tersebut.

14.  Al Mushawwir ( يَا مُصَوِّرُ )
Yang Maha Membentuk Rupa (makhluk-Nya)
sekiranya seorang istri yang sudah lama belum mempunyai anak, maka cobalah ikhtiar ini dengan berpuasa selama 7 hari dari hari Ahad hingga Sabtu. Di waktu hendak berbuka puasa, ambil segelas air & dibacakan “Ya Musawwir” sebanyak 21 kali, kemudian diminum air tersebut untuk berbuka puasa. Untuk suami, hendaklah menjalani usaha yang sama tetapi hanya dengan berpuasa selama 3 hari. Kemudian pada waktu hendak berjima', bacalah dzikir ini sebanyak 10 kali, Insya Allah akan dikaruniai anak yang soleh.

15.  Al Ghaffaar ( يَاغَفَّارْ )
Yang Maha Pengampun
sambil beri’tikaf (diam dalam masjid dalam keadaan suci) bacalah dzikir ini sebanyak 100 kali sambil menunggu masuknya waktu sholat Jumat, Insya Allah akan di ampun kan dosa-dosa kita.

16.  Al Qahhaar ( يَا قَهَّارُ )
Yang Maha Memaksa
Dibaca sesuai dengan kemampuan masing-masing atau sebanyak 306 kali, maka hati kita akan dijaga dari sifat tamak dan kemewahan dunia juga Insya Allah orang-orang yang selalu memusuhi kita akan sadar serta tunduk.

17.  Al Wahhaab ( يَا وَهَّابْ )
Yang Maha Pemberi Karunia
dibaca sebanyak 100 kali, sesudah sholat fardlu, barang siapa yang selalu didalam kesempitan, Insya Allah segala kesulitan atau kesempitan dalam soal apa pun akan hilang.

18.  Ar Razzaaq ( يَا رَزَّاقُ )
Yang Maha Pemberi Rezeki
dibaca mengikut kemampuan sesudah sholat fardlu khususnya solat subuh, Insya Allah akan dipermudah kan rezeki yang halal & membawa berkat. Rezeki akan datang tanpa diduga!! tetapi perlulah dilakukan dengan ikhtiar yang dhohir.

19.  Al Fattaah ( يَا فَتَّاحْ )
Yang Maha Pembuka Rahmat
dibaca sebanyak 71 kali, sesudah selesai sholat subuh, Insya Allah hati kita akan dibuka oleh Allah, sehingga mudah menerima nasihat agama.

20.  Al `Aliim ( يَا عَلِيْمُ  )
Yang Maha Mengetahui (Memiliki Ilmu)
dibaca sebanyak 100 kali, setiap kali selesai sholat Maktubah, Insya Allah akan mendapat kemakrifatan yang sempurna.
21.  Al Qaabidh (  يَا قَابِضْ )
Yang Maha Menyempitkan (makhluk-Nya)
dibaca 100 kali setiap hari, maka dirinya akan semakin dekat dengan Allah & terlepas dari segala bentuk ancaman.

22.  Al Baasith (  ياَ بَاسِطُ )
Yang Maha Melapangkan (makhluk-Nya)
Bagi mereka yang mempunyai pekerjaan berniaga atau mempunyai usaha-usaha lain, untuk menambah kekuatan usaha & berniaga itu dengan memperbanyakkan membaca dzikir ini setiap hari, Insya Allah rezeki akan menjadi murah.
                                                              
23.  Al Khaafidh (  يَا خَافِضْ )
Yang Maha Merendahkan (makhluk-Nya)
dibaca sebanyak 500 kali setiap hari, dalam keadaan suci, khusyuk & tawaduk, Insya Allah segala maksud akan ditunaikan Allah. Selain itu bila mempunyai musuh, musuh itu akan jatuh martabatnya.

24.  Ar Raafi` (  ياَ رَافِعُ )
Yang Maha Meninggikan (makhluk-Nya)
baca setiap hari, baik siang atau malam sebanyak 70 x, Insya Allah keselamatan harta benda di rumah, di tempat usaha atau di tempat-tempat lain akan selamat & terhindar dari pencurian.

25.  Al Mu`izz  ( يَا مُعِزّ )
Yang Maha Memuliakan (makhluk-Nya)
dibaca sebanyak 140 kali setiap hari, Insya Allah akan memperoleh kewibawaan yang besar terutama ketua-ketua jabatan atau perniagaan.


26.  Al Mudzil  ( يَا مُذِلُّ )
Yang Maha Menghinakan (makhluk-Nya)
“يَا مُذِلُّ” Perbanyaklah baca  ini setiap hari, sekiranya ada orang berhutang kepada kita & sukar untuk memintanya, Insya Allah si penghutang akan sadar & membayar hutang nya kembali.

27.  Al Samii` (  يَا سَمِيْع )
Yang Maha Mendengar
Bila menginginkan doa kita terkabul & pendengaran telinga kita tajam, biasakan lah zikir ini setiap hari menurut kemampuan, terutama sesudah sholat Dhuha, Insya Allah doa akan mustajabah.

28.   Al Bashiir ( يَا بَصِيْرُ )
Yang Maha Melihat
“يَا بَصِيْر ” dibaca sebanyak 100 kali sebelum solat Jumat, Insya Allah akan menjadikan kita terang hati, cerdas otak & selalu diberikan taufiq & hidayah dari Allah.
                                                                            
29.  Al Hakam    (ياَ حَكَمْ)
Yang Maha Menetapkan
Baca dzikir Asma ul husna ini sebanyak 68 x pada tengah malam dalam keadaan berwudhu, InsyaAllah dapat membuka hati agar mudah menerima ilmu agama dan membantu kecepatan mempelajari ilmu agama.

30.  Al `Adl ( يَا عَدْلُ )
Yang Maha Adil
dibaca sebanyak 104 kali setiap hari sesudah selesai solat 5 waktu, Insya Allah diri kita selalu dapat berlaku adil.

31.  Al Lathiif ( يَا لَطِيْفُ )
Yang Maha Lembut
Dengan memperbanyakkan zikir ini sesuai dengan kemampuan, InsyaAllah bagi para pedagang, ikhtiar ini akan menjadikan dagangannya menjadi laris dan maju.

32.  Al Khabiir ياَ خَبِيْر) )
Yang Maha Mengenal
Dengan memperbanyak dzikir ini setiap hari, mempunyai manfaat yang teramat banyak sesuai dengan maksud dzikir ini, antara lain ialah dapat bertemu dengan seseorang yang telah berpisah sekian lama.

33.  Al Haliim ( يَا حَلِيْم )
Yang Maha Penyantun
dibaca sebanyak 88 x selepas solat lima waktu, bagi mereka yang mempunyai kedudukan di dalam pemerintahan, syarikat atau apa saja, Insya Allah dipastikan kedudukannya tidak akan dicabar atau diungkit-ungkit atau tergugat.

34. Al `Azhiim ( الْعَظِيمُ )
Yang Maha Agung
Baca Asma ini sebanyak 12 x setiap hari untuk orang yang sekian lama menderita sakit, InsyaAllah akan sembuh. Selain itu apabila dibaca 12 x kemudian ditiupkan pada tangan lalu diusap-usap pada seluruh tubuh, maka dengan izin Allah akan terhindar dari gangguan jin dan sebagainya.

35. Al Ghafuur ( الْغَفُورُ )
Yang Maha Pengampun
bagi orang ingin yang bertaubat dari dosa-dosa, hendaklah memperbanyakkan dzikir ini dengan mengakui dosa dan beritikad untuk tidak mengulanginya.
36. As Syakuur ( يَا الشَّكُورُ )
Yang Maha Pembalas Budi (Menghargai)
dibaca sebanyak 40 kali sehabis solat hajat, sebagai pengucapan terima kasih kepada Allah, Insya Allah semua hajat kita akan di makbulkan Allah. Baca setiap saat kita mempunyai hajat yang penting dan mendesak.

37. Al `Aliy ( الْعَلِيُّ )
Yang Maha Tinggi
Untuk mencerdaskan otak anak kita yang bebal, tulislah dzikir ini sebanyak 110 x (di dalam bahasa Arab) lalu direndam pada air yang dingin & diberikan si anak meminumnya, Insya Allah lama kelamaan otak si anak itu akan berubah cemerlang & tidak dungu lagi. Insya Allah mujarab.

38. Al Kabiir ( الْكَبِيرُ )
Yang Maha Besar
Bagi seseorang yang kedudukannya telah dirampas karena fitnah, maka bacalah dzikir ini sebanyak 1,000 kali selama 7 hari berturut-turut dalam keadaan berwudhu sebagai penyerahan segala urusan kepada Allah. Lakukanlah sesudah sholat malam (sholat tahajud atau hajat).

39. Al Hafizh ( الْحَفِيظُ )
Yang Maha Memelihara
dibaca sebanyak 99 kali, Insya Allah diri kita akan terlindungi dari gangguan binatang buas terutamanya apabila kita berada di dalam hutan.

40. Al Muqiit ( المُقيِت )
Yang Maha Pemberi Kecukupan

Sekiranya kita berada di dalam kelaparan seperti ketika sesat di dalam hutan atau di mana sahaja sehingga sukar untuk mendapatkan bekalan makanan, maka perbanyaklah dzikir ini. Insya Allah badan kita akan menjadi kuat & segar karena rasa lapar akan hilang.

al-ism al – a`zham

41.  Al Hasiib ( الْحسِيبُ )
Yang Maha Membuat Perhitungan
Untuk meneguhkan kedudukan dan karir yang telah kita rintis, amalkan zikir ini sebanyak 777 kali sebelum matahari terbit dan setelah sholat Maghrib, InsyaAllah akan meneguhkan kedudukan kita tanpa gangguan yang berarti.

42.  Al Jaliil ( الْجَلِيلُ )
Yang Maha Mulia 
Barangsiapa mengamalkan zikir ini pada sepertiga malam yang terakhir, Insya Allah kita akan mendapat manfaat yang mengagumkan, usaha dagang akan bertambah maju. Apabila seorang pegawai, maka tanpa disedari kedudukan kita akan lebih tinggi dan terhormat & begitulah seterusnya dengan izin Allah.

43.  Al Kariim ( الْكَرِيمُ )
Yang Maha Mulia
Untuk mencapai darjat yang tinggi & mulia di dunia mahupun di akhirat kelak, maka amalkan zikir ini sebanyak 280 kali ketika hendak masuk tidur. Nscaya Allah akan mengangkat derajat mereka yang mengamalkan zikir ini.

44.  Ar Raqiib ( الرَّقِيبُ )
Yang Maha Mengawasi
Bagi siapa yang meminta pertolongan kepada Allah terhadap barang yang di khawatirkan, maka zikirkan sebanyak 50 kali setiap hari. Dengan niat agar barang-barang yang di khawatir kan yang berada di tempat yang jauh dan sukar dijaga terhindar dari kejadian pencurian maupun gangguan lainnya. Bertawakkal dan yakinlah kepada Allah. Insya Allah

45.  Al Mujiib ( الْمُجِيبُ )
Yang Maha Mengabulkan
Sesungguhnya Allah adalah Dzat yang menerima doa hamba Nya. Agar doa kita mustajab selalu diterima Allah, hendaklah mengamalkan zikir ini sebanyak 55 kali sesudah solat subuh. Insyaallah Tuhan akan mengabulkan doa kita.

46.  Al Waasi` ( الْوَاسِعُ )
Yang Maha Luas
 Apabila di dalam kesulitan maka amalkan zikir ini sebanyak 128 kali setiap pagi dan petang, Insya Allah segala kesulitan akan hilang berkat pertolongan Allah. Andai zikir ini senantiasa diamalkan, Insya Allah Tuhan akan menjaga kita dari hasad dengki sesama makhluk.
                                                                                                     
47.  Al Hakiim ( الْحَكِيمُ )
Yang Maha Bijaksana
Bagi siapa yang sedang menuntut ilmu atau menginginkan kecerdasan, dengan memperbanyak zikir ini setiap hari, Insya Allah akalnya akan menjadi cerdas dan lancar didalam menghafal dan mengikuti pelajaran. Amalkan lah sekurang-kurangnya 300 kali setiap hari.

48.  Al Waduud ( الْوَدُودُ )
Yang Maha Mengasihi
Amalkan zikir ini sebanyak 11,000 kali pada setiap malam. InsyaAllah kita akan menjadi insan yang sentiasa bernasib baik, disayangi dan rumah tangga kita akan senantiasa  harmonis.

49. Al Majiid ( الْمَجِيدُ )
Yang Maha Mulia
Untuk ketenteraman keluarga di mana setiap anggota keluarga senantiasa menyayangi dan menghormati. Sebagai kepala keluarga, maka amalkan zikir ini sebanyak 99 kali, sesudah itu hembuskan kedua belah tapak tangan & usap ke seluruh muka. InsyaAllah semua anggota keluarga kita akan menyayangi & menghormati kita sebagai kepala keluarga.

50. Al Baa`its ( الْبَاعِثُ )
Yang Maha Membangkitkan
Amalkan dzikir ini sebanyak 100 kali dengan meletakkan kedua tangan ke dada, Insya Allah akan memberi kelapangan dada dengan ilmu & hikmah.
 
51. As Syahiid ( الشَّهِيدُ )
Yang Maha Menyaksikan
Apabila ada di kalangan anggota keluarga kita yang suka membangkang dan sebagainya, maka amalkan dzikir ini sebanyak 319 kali secara istiqomah setiap malam sehingga akan sadar & berubah perangainya.

52. Al Haqq ( الْحَقُّ )
Yang Maha Benar
Perbanyaklah zikir ini, Insya Allah ianya sangat berfaedah sekali untuk menebalkan iman & taat di dalam menjalankan perintah Allah.

53. Al Wakiil ( الْوَكِيلُ )
Yang Maha Memelihara
Saat terjadi hujan yang disertai angin ribut yang besar, atau terjadi gempa, maka ketika itu perbanyaklah zikir ini, Insya Allah bencana tersebut akan menjadi reda & kembali normal.

54. Al Qawiyyu ( الْقَوِيُّ )
Yang Maha Kuat
Amalkan zikir ini sebanyak mungkin agar kita tidak gentar apabila berdepan dengan sebarang keadaan maupun berdepan dengan si zalim.

55. Al Matiin ( الْمَتِينُ )
Yang Maha Kokoh
Amalkanlah dzikir ini sebanyak mungkin karena dzikir ini mempunyai manfaat yang besar sekali, antara lain untuk mengembalikan kekuatan sehingga musuh merasa gentar terhadap kita.
                                                                            
56. Al Waliyy ( الْوَلِيُّ )
Yang Maha Melindungi
Barangsiapa yang ingin mendapat kedudukan, maka amatlah bagus mengamalkan dzikir ini sebanyak mungkin karena dengan izin Nya,kedudukan kita akan kokoh dan terhindar dari gangguan oleh orang-orang yang bersifat dengki.

57. Al Hamiid ( الْحَمِيدُ )
Yang Maha Terpuji
Perbanyakkan zikir ini sebagai pengakuan bahwa hanya Allah sahaja yang paling berhak menerima segala pujian.

58. Al Muhshii ( الْمُحْصِي )
Yang Maha Mengkalkulasi
Sekiranya kita inginkan diri kita digolongkan didalam pertolongan yang selalu dekat dengan Allah (muraqabah), maka amalkan zikir ini sebanyak mungkin sesudah solat 5 waktu.

59. Al Mubdi` ( الْمُبْدِئُ )
Yang Maha Memulai
Agar segala apa yang kita rencanakan akan berhasil, maka amalkan dzikir ini sebanyak 470 kali setiap hari InsyaAllah.

60. Al Mu`iid ( الْمُعِيدُ )
Yang Maha Mengembalikan Kehidupan
 Andai ada anggota keluarga yang menghilang atau yang lain, amalkan zikir ini sebanyak 124 x setiap hari sesudah sholat. InsyaAllah akan kembali dengan cepat.


61. Al Muhyii ( الْمُحْيِي )
Yang Maha Menghidupkan  
Amalkan zikir ini sebanyak 58 kali setiap hari, Insya Allah kita akan diberikan kemuliaan derajat dunia dan akhirat kelak.

62. Al Mumiitu ( اَلْمُمِيتُ )
Yang Maha Mematikan
Barangsiapa memperbanyak amalan dzikir ini, Insya Allah akan dimudahkan dalam usaha niaga, politik dan sebagainya.

63. Al Hayyu ( الْحَيُّ )
Yang Maha Hidup
Untuk mencapai kekuatan mental/batiniah didalam menjalani kehidupan, perbanyakkan zikir ini.


64. Al Qayyuum ( الْقَيُّومُ )
Yang Maha Mandiri
Telah berkata Imam Ghazali bahwa barangsiapa yang ingin memperoleh harta yang banyak lagi berkah, ingin dikasihi oleh setiap manusia, ingin berwibawa, ditakuti musuh dan ingin menjadi insan yang terhormat, maka berzikirlah dengan “Ya Hayyu Ya Qayyuum…” sebanyak 1,000 kali setiap malam atau siang hari. Hendaklah melakukannya secara istiqomah, Insya Allah akan tercapai segala hajat.
                                                                              
65. Al Waajid ( الْوَاجِدُ )
Yang Maha Penemu
Bila ingin mempunyai keperibadian yang kuat, tidak mudah terpengaruh & teguh pendirian, maka perbanyakkan zikir ini.

66. Al Maajid ( الْمَاجِدُ )
Yang Maha Mulia
Untuk kecerdasan otak dan agar dimudahkan untuk menerima ilmu, maka hendaklah orang tersebut memperbanyakkan zikir ini setiap hari.

67. Al Wahiid ( الْواحِدُ )
Yang Maha Tunggal
Bagi pasangan yang belum mempunyai buah hati dan sangat menginginkannya, amalkan dzikir ini sebanyak 190 kali setiap kali selesai menunaikan sholat wajib 5 waktu selama satu bulan, Dan selama itu juga hendaklah berpuasa sunnah senin dan kamis, InsyaAllah.

68. As Shamad ( الصَّمَدُ )
Yang Maha Dibutuhkan, Tempat Meminta
Ketika dalam kelaparan akibat kesempitan hidup, maka mohonlah kepada Allah dengan zikir ini sebanyak mungkin. Insya Allah, diri akan berasa segar & senantiasa.

69. Al Qaadir ( الْقَادِرُ )
Yang Maha Menentukan, Maha Menyeimbangkan
 Apabila kita berhajatkan sesuatu namun selalu gagal, maka amalkan zikir ini sebanyak 305 kali setiap hari, Insya Allah segala hajat akan berhasil.

70. Al Muqtadir ( الْمُقْتَدِرُ )
Yang Maha Berkuasa
Agar tercapai tujuan yang dikehendaki, selain dari berikhtiar secara lahiriah, maka berzikir lah dengan zikir ini semampunya. sehingga ikhtiar kita itu berhasil, karena zikir ini akan mempercepat keberhasilan hajat kita

إِغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا بِأَسْمَائِكَ الْحُسْنٰى
وَذُرِّيَّاتِنَا وَلِوَالِدِيْناَ
al-ism al – a`zham

71. Al Muqaddim ( الْمُقَدِّمُ )
Yang Maha Mendahulukan
Dari Imam Ahmad bin Ali Al-Buuniy, berkata “Barangsiapa yang berzikir dengan zikir ini sebanyak 184 x setiap hari, InsyaAllah, niscaya segala usahanya akan berhasil”.

72. Al Mu`akkhir ( الْمُؤَخِّرُ )
Yang Maha Mengakhirkan
Untuk menambah ketaatan kita kepada Allah, perbanyakkanlah zikir ini.

73. Al Awwal ( الأوَّلُ )
Yang Maha Awal
Bagi siapa yang mengamalkan dzikir ini sebanyak 37 x setiap hari, InsyaAllah segala apa yang dihajati akan diperkenankan Allah.

74. Al Aakhir ( الآخِرُ )
Yang Maha Akhir
Amalkan berzikir sebanyak 200 x sesudah sholat wajib 5 waktu selama satu bulan, InsyaAllah Allah akan membuka pintu rezeki yang halal.

75. Az Zhaahir ( الظَّاهِرُ )
Yang Maha Nyata
Amalkanlah zikir ini sebanyak 1.106 x selesai sholat wajib 5 waktu dan baca di tempat yang sunyi (khalwat), niscaya Allah akan membuka hijab padanya dari segala rahsia yang pelik & sukar serta diberi kefahaman ilmu.

76. Al Baathin ( الْبَاطِنُ )
Yang Maha Ghaib
Seperti no. 75, tetapi amalkan sebanyak 30 x sesudah solat fardhu.

77. Al Waali ( الْوَالِي )
Yang Maha Memerintah
Memperbanyakkan zikir ini setiap pagi & petang dapat memberikan seseorang  menjadi orang yang ma’rifat, hatinya dibuka oleh Allah. Wali Allah selalu memperbanyakkan zikir ini.

78. Al Muta`aalii ( الْمُتَعَالِي )
Yang Maha Tinggi
Bagi siapa ingin menemui seseoran namun sukar untuk ditemui, maka bacalah zikir ini sebanyak mungkin sewaktu menghadap. InsyaAllah dengan mudah kita akan berjumpa dengannya dan segala hajat yang penting-penting akan berhasil.

79. Al Barri ( الْبَرُّ )
Yang Maha Penderma
Amalkan bacaan dzikir ini sebanyak mungkin setiap hari, InsyaAllah segala apa yang kita hajati akan terlaksana dengan mudah.

80. At Tawwaab ( التَّوَابُ )
Yang Maha Penerima Tobat
Bagi orang yang ingin bertaubat dari dosa yang lalu, maka hendaklah memperbanyakkan zikir ini supaya dengan mudah diberikan petunjuk kembali ke jalan yang lurus.

81. Al Muntaqim ( الْمُنْتَقِمُ )
Yang Maha Pemberi Balasan
Jika kita berhadapan dengan orang yang zalim dan agar terhindar dari kezalimannya, maka hendaklah memperbanyak bacaan dzikir ini setiap kali sesudah sholat fardhu. InsyaAllah akan mendapat pertolongan Allah.

82. Al Afuww ( العَفُوُّ )
Yang Maha Pemaaf
Barangsiapa memperbanyak bacaan dzikir ini, niscaya dia akan diampuni segala dosanya oleh Allah.



83. Ar Ra`uuf ( الرَّؤُوفُ )
Yang Maha Pengasuh
Bagi sesiapa yang inginkan dirinya disenangi oleh teman atau siapa saja yang memandangnya, amalkan zikir ini sabanyak-banyaknya.

84. Malikul Mulk ( مَالِكُ الْمُلْكِ )
Yang Maha Penguasa Kerajaan (Semesta)
Amalkan bacaan dzikir ini sebanyak 212 x sesudah solat fardhu & 212 pada setiap malam selama sebulan. InsyaAllah akan mendapat pertolongan Allah.

85. Dzul Jalaali Wal Ikraam ( ذُوالْجَلاَلِ وَالإكْرَامِ )
Yang Maha Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan
Amalkanlah bacaan dzikir ini sebanyak 65 x setiap hari selama satu bulan, InsyaAllah segala hajat kita akan tercapai dengan pertolongan Allah.

86. Al Muqsith ( الْمُقْسِطُ )
Yang Maha Pemberi Keadilan
Bagi siapa yang mengamalkan dzikir ini, InsyaAllah Tuhan akan menganugerahkan sifat adil kepada mereka yang mengamalkannya.

87. Al Jamii` ( الْجَامِعُ )
Yang Maha Mengumpulkan
Apabila ada keluarga kita yang lari dari rumah, maka amalkanlah zikir ini sebanyak mungkin pada setiap hari dengan niat semoga Allah menyadarkan orang tersebut. InsyaAllah, orang yang lari dari rumah itu akan cepat pulang.

88. Al Ghaniyy ( الْغَنِيُّ )
Yang Maha Kaya
Amalkanlah zikir ini pada setiap hari sebanyak mungkin, InsyaAllah apa yang kita usahakan akan cepat berhasil dan kekayaan kita mendapat berkah.

89. Al Mughnii ( الْمُغْنِي )
Yang Maha Pemberi Kekayaan
Mintalah kekayaan yang bermanfaat untuk kehidupan dunia dan akhirat kepada Allah dengan memperbanyakkan zikir ini, InsyaAllah keinginan kita akan tercapai.

90. Al Maani ( اَلْمَانِعُ )
Yang Maha Mencegah
Amalkan dzikir ini sebanyak 161 x pada waktu menjelang solat subuh setiap hari, InsyaAllah kita akan terhindar dari orang-orang yang zalim dan suka membuat munkar.

91. Ad Dhaar ( الضَّارَّ )
Yang Maha Penimpa Kemudharatan
Amalkanlah zikir ini sebanyak 1001 x setiap hari, InsyaAllah dengan ikhtiar ini penyakit yang diderita akan cepat sembuh.

92. An Nafii` ( النَّافِعُ )
Yang Maha Memberi Manfaat
Barangsiapa mengamalkan zikir ini setiap hari, maka bagi orang yang sakit, sakitnya akan sembuh. Bagi orang yang mengalami kesusahan akan dihilangkan kesusahannya itu dengan izin Allah.

93. An Nuur ( النُّورُ )
Yang Maha Bercahaya (Menerangi, Memberi Cahaya)
Barang siapa menghendaki kemuliaan dan memperoleh kebaikan dunia maupun kebaikan di akhirat kelak, maka hendaklah selalu berzikir dengan zikir ini setiap pagi dan petang.

94. Al Haadii ( الْهَادِي )
Yang Maha Pemberi Petunjuk
Bila seseorang dalam perjalanan ke suatu tempat lalu ia tersesat, hendaklah memohon petunjuk Allah dengan memperbanyak dzikir ini, Insya Allah akan diberikan pertolongan Allah.

95. Al Baadii ( الْبَدِيعُ )
Yang Indah Tidak Mempunyai Banding
Bila kita mempunyai rencana yang sangat penting, maka berzikirlah dengan zikir ini sebanyak 500 x selepas sholat fardhu. InsyaAllah Tuhan akan memberikan pertolongan hingga rencana kita berjaya dan berjalan lancar.

96. Al Baaqii ( اَلْبَاقِي )
Yang Maha Kekal
Amalkanlah zikir ini sebanyak mungkin tanpa batas waktu, InsyaAllah dengan dzikir Asma ini semua perkerjaan yang diinginkan tercapai, perdagangan tidak akan rugi atau bangkrut.

97. Al Waarits ( الْوَارِثُ )
Yang Maha Pewaris
Supaya segala urusan kita berjalan lancar, maka hendaklah pada setiap malam berzikir dengan zikir ini sebanyak 707 x. InsyaAllah dengan dzikir ini Allah akan memberi petunjuk sehingga usaha kita akan berhasil dengan baik.

98. Ar Rasyiid ( الرَّشِيدُ )
Yang Maha Pandai
Biasakanlah membaca dzikir ini sebanyak mungkin, niscaya otak kita akan menjadi bertambah cerdas.

99. As Shabuur ( الصَّبُورُ )
Yang Maha Sabar
Agar kita diberi kesabaran oleh Allah dalam segala hal, maka perbanyak zikir ini sesuai kemampuan. Dengan sifat sabar & penuh pengharapan kepada Allah, maka segala usaha dan upaya akan mencapai kejayaan.