Sunah tentang Siwak dan Manfaatnya bagi kesehatan gigi

Sunah tentang Siwak dan Manfaatnya bagi kesehatan gigi

Kita mengenal siwak karena telah populer dalam sunah yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW tentang kebiasaan beliau, setelah pada masa kini ditetili ternyata apa yang dilakukan dengan ber siwak mempunyai manfaat luar biasa, dan terbukti bahwa beliau adalah suri tauladan yang sempurba bagi umat manusia seluruhnya.

sunah tentang siwak
source image : winnetnews.com


Siwak adalah nama pohon yang diambil atau dimanfaatkan dahan atau akarnya. Pohon  ini berserat lembut mempunyai kandungan zat sepeti fluoride, antiseptik, deterjen, alkaloid, silika, sodium bikarbonat. Dan juga mengandung vitamin c.

pohon siwak
source : bobo.grid.id

Jenis pohon dengan akar atau dahan berserat lembut ditambah dengan kandungan yang dimilikinya sangat ideal digunakan untuk membesihkan gigi dan bermanfaat untuk kesehatan mulut. Hal ini pun telah diteliti dan direkomendasikan oleh WHO atau organisasi kesehatan dunia.

Ratusan tahun yang lalu, sebelum ilmu kedokteran berkembang, Nabi Muhammad SAW telah mengetahui Esensi dan manfaat dari siwak ini. dan luar biasanya kebiasaan bersiwak pun dianjurkan kepada umatnya untuk membersihkan mulut. Bisa dibayangkan betapa tingginya ilmu beliau.

Terekam dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib :

Rasulallah bersabda, "Sesungguhnya seorang hamba bila bersiwak lalu berdiri mengerjakan sholat, maka berdirilah seorang malaikat dibelakangnya lalu mendengarkan bacaannya dengan saksama kemudian dia mendekatinya (atau dia mengucapkan kalimat seperti itu) hingga malaikat itu meletakkan mulutnya di atas mulut orang yang membaca al-Qur'an, maka tidaklah keluar dari mulutnya bacaan al-Qur'an itu melainkan langsung ke perut malaikat, oleh sebab itu bersihkanlah mulut-mulut kalian untuk membaca al-Qur'an."

“Kalau bukan karena akan memberatkan umatku maka akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan wudlu”. (HR: Bukhori dan Muslim)

Manfaat siwak untuk kesehatan gigi dan mulut :
  • Mencegah karang gigi
  • mengharumkan mulut dan tenggorokan
  • membersihkan gigi dan mulut
  • Melindungi gigi dan menguatkannya
  • Dapat juga untuk membersihkan lidah
  • Dan yang terpenting adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW