Tata Cara Bacaan Doa dan Rahasia Sholat Dhuha

Tata Cara Bacaan Doa dan Rahasia Sholat Dhuha

Bila seseorang mendapat kesulitan hidup, ingin bertaubat dari dosa yang dilakukan, ingin mendapat pahala ganjaran yang besar, ingin bersedekah, maka sholat dhuha beserta doa solat dhuha adalah jawabannya.

tata cara sholat dhuha

Sholat Dhuha adalah Shalat Sunnah yang di kerjakan ketika waktu Dhuha yaitu waktu dimana Matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul tujuh pagi) hingga menjelang waktu zuhur.

Adapun Jumlah rakaat sholat dhuha, minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Dilakukan dalam kelipatan 2 rakaat sekali salam.

Tata Cara Sholat Dhuha

Berikut adalah bacaan niat sholat dhuha :

أُصَلِّي سُنَّةَ الضُحَي رَكْعَتَين ِللهِ تَعَاليَ

USHOLLII SUNNATADHDHUHAA ROK’ATAINI LILLAHI TA’AALAA


Ayat yang dibaca tidak menjadi ukuran baku dalam melakukan sholat dhuha, bila seseorang tidak hafal dengan surah AsySyams dan surah AdDhuha bisa membaca surat yang lain yang hafal.

Ayat yang Dibaca dalam rakaat Sholat Dhuha:

1. Rakaat pertama setelah membaca al-fatihah disunahkan membaca Surah AsySyams atau Surah Al-Kafirun

2. Rakaat kedua setelah membaca al-fatihah disunnahkan membaca Surah AdDuha atau Surah Al-Ikhlas

Bacaan Doa Sesudah Sholat Dhuha

Ada  Bacaan khusus doa sesudah sholat dhuha, meskipun pada dasarnya kita membaca dzikir atau doa apa saja juga boleh sesuai kemampuan, bagi siapa yangbelum menghafal doa solat dhuha bisa dibaca dengan melihat bacaan langsung.

berikut adalah bacaan doa sesudah sholat dhuha :


doa sholat dhuha

Bacaan Latin doa sholat dhuha :
ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA. WAL BAHAA-A BAHAA-UKA. WAL JAMAALA JAMAALUKA. WAL QUWWATA QUWWATUKA. WAL QUDRATA QUDRATUKA. WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU. WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU. WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU. WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU. WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU. BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA. WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA. AATINI MAA ATAITA ‘IBAADAKASH SHALIHIN.

Arti Doa sholat dhuha : 
“Duhai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu. keagungan adalah keagunan-Mu. keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, kekuasaan adalah kekuasaan-Mu. Penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rejekiku terdapat di langit maka turunkanlah (rejekiku). Apabila terdapat di dalam bumi maka keluarkanlah (rejekiku), apabila sukar mudahkanlah (mudah dalam mendapatkan rejeki), apabila haram sucikanlah (dijauhkan dari harta yang haram), apabila jauh dekatkanlah. Dengan kebenaran dhuha-Mu. keagungan-Mu, keindahan-Mu, Kekuatan-Mu, dan Kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku). Datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Baca Tentang : Makna Dan Rahasia Formulasi DOA Mustajab Dalam Islam

Doa solat dhuha adalah doa yang dipanjatkan untuk keberkahan rejeki yang diterima seseorang atas yang diberikan oleh Allah. Kunci keberkahan doa solat dhuha merupakan jalan menuju ridho Allah, dan bagi siapa yang bersyukur niscaya ditambahkan nikmat baginya.

Rahasia Keutamaan dan Manfaat Mendirikan Sholat Dhuha

Allah SWT dalam beberapa ayat bersumpah dengan waktu dhuha. Dalam pembukaan surat Asy-Syams, Allah berfirman, "Demi matahari dan demi waktu dhuha." Bahkan ada surat khusus di Al-Qur'an dengan nama ad-Dhuha. Pada pembukaannya, Allah berfirman, "Demi waktu dhuha."

Imam Arrazi menerangkan bahwa Allah SWT setiap bersumpah dengan sesuatu, itu menunjukkan hal yang agung dan besar manfaatnya. Bila Allah bersumpah dengan waktu dhuha, berarti waktu dhuha adalah waktu yang sangat penting. Benar, waktu dhuha adalah waktu yang sangat penting.

Keberkahan Di Pagi Hari

Manfaat mendirikan sholat dhuha mendapat keberkahan di pagi hari, karena telah didoakan oleh Rasulullah ﷺ. Di antara doa Rasulullah ﷺ : 

Allahumma baarik ummatii fii bukuurihaa. 

Artinya : "Ya Allah berilah keberkahan kepada umatku di waktu pagi." 

Ini menunjukkan bahwa orang-orang yang aktif dan bangun di waktu pagi (waktu subuh dan dhuha) untuk beribadah kepada Allah dengan sholat dhuha dan mencari nafkah yang halal, ia akan mendapatkan keberkahan.
Sebaliknya, mereka yang terlena dalam mimpi-mimpi dan tidak sempat shalat Subuh pada waktunya, ia tidak kebagian keberkahan itu.

Manfaat Sholat Dhuha Mendapat Sebuah rumah di surga

Bagi yang menjaga istiqomahnya mengerjakan sholat Dhuha, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di dalam surga. Hal berikut disandarkan dalam sebuah hadits Nabi Muahammad ﷺ:
“Barangsiapa yang melaksanakan sholat Dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan kelak sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami`: 634)

Manfaat Sholat Dhuha Mendapat Ampunan Dosa

Dalam Hadis diriwayatkan :
“Siapa pun yang melaksanakan shalat dhuha dengan Istiqomah, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.” (HR Tirmidzi)

Sedekah bagi seluruh persendian tubuh

Manfaat Sholat Dhuha memberi Sedekah bagi seluruh persendian tubuh manusia. Imam Muslim meriwayatkan Dari Abu Dzar al-Ghifari ra, ia berkata bahwa Nabi Muahammad ﷺ bersabda:

"Bagi tiap-tiap ruas anggota tubuh kalian hendaklah dikeluarkan sedekah baginya setiap pagi. Satu kali membaca tasbih (sublhanallah) adalah sedekah, satu kali membaca tahmid (alhamdulillah) adalah sedekah, satu kali membaca takbir (Allahu Akbar) adalah sedekah, menyuruh berbuat baik adalah sedekah, dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Dan, semua itu bisa diganti dengan dua raka'at shalat Dhuha." (HR Muslim).

Memperoleh Ganjaran Rejeki 

Manfaat bagi orang yang selalu mendirikan Sholat dhuha dikatakan dalam riwayat hadis Dari Abu Darda’ ra, ia berkata bahwa Rasulullah ﷺ berkata:

“Allah SWT berfirman : “Wahai anak Adam, shalatlah untuk-Ku empat rakaat dari awal di pagi hari, niscaya Aku akan mencukupi kebutuhanmu (imbalan) pada waktu sore harinya” (Shahih al-Jami: 4339).

Dalam satu riwayat disebutkan pula : “Innallaa `azza wa jalla yaqulu: Yabna adama akfnini awwala al-nahar bi’arba`i raka`at ukfika bihinna akhira yaumika” (“Sesungguhnya Allah `Azza Wa Jalla berkata: “Wahai anak Adam, cukuplah bagi-Ku empat rakaat diwaktu pagi hari, niscaya Aku akan mencukupimu di waktu sore hari”).

Ghanimah (keuntungan) yang besar

Sholat Dhuha juga mempunyai mafaat ghanimah yang besar, sesuai dari hadis berikut. Diriwayatkan dari Abdullah bin `Amr bin `Ash radhiyallahu `anhuma, berkata:

“Rasulullah ﷺ mengirim sebuah pasukan perang. Nabi ﷺ berkata: “Perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepatlah kembali!. Mereka kemudian saling berbicara mengenai dekatnya tujuan (tempat) perang dan kelebihan ghanimah (keuntungan) yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena dekat jaraknya).

Kemudian Rasulullah ﷺ bersabda; “Apakah kalian mau aku tunjukkan kepada tujuan paling dekat dari mereka (musuh mereka), paling banyak ghanimah (keuntungan) nya dan cepat kembalinya?

Mereka menjawab; “Ya!

Rasul ﷺ kemudian bersabda lagi: “Barangsiapa yang melakukan wudhu’, Lalu ia masuk ke dalam masjid  untuk melaksanakan sholat Dhuha, maka dia lah yang paling dekat tujuanannya (tempat perangnya), lebih banyak ghanimahnya (keuntungannya) dan lebih cepat kembalinya.” (Shahih al-Targhib: 666)

Mendapat Pahala Umrah

Seseorang yang mendirikan sholat dhuha mendapat pahala disisi Allah sebesar pahalanya orang yang berumroh. dikatakan Dari Abu Umamah ra bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

“Barangsiapa yang keluar dari tempat tinggalnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan sholat wajib, maka pahalanya seperti seorang yang melaksanakan haji. Barangsiapa yang keluar untuk melaksanakan sholat Dhuha, maka akan mendapat pahala seperti orang yang melaksanakan `umrah….(Shahih al-Targhib: 673).

Dalam sebuah hadis yang lain disebutkan bahwa Nabi ﷺ bersabda:

Imam At-Tirmidzi dan Imam Atthabrani meriwayatkan sebuah hadits yang menjelaskan bahwa bila seseorang melaksanakan shalat Subuh berjama'ah di masjid, lalu ia berdiam ditempat shalatnya sampai tiba waktu dhuha, kemudian ia melaksanakan sholat Dhuha, ia akan mendapatkan pahala seperti naik haji dan umrah diterima (Shahih al-Jami`: 6). Para ulama hadits merekomendasikan hadits ini kedudukannya hasan.

Jelaslah bahwa sholat Dhuha sangat penting bagi orang beriman. Penting bukan karena - seperti yang banyak dipersepsikan-shalat Dhuha ada hubungannya dengan mencari rezeki, melainkan ia penting karena sumpah Allah SWT dalam al-Qur'an. Maka, sungguh bahagia orang-orang beriman yang memulai waktu paginya dengan shalat Subuh berjama'ah di masjid, lalu dilanjutkan dengan shalat Dhuha.