Panduan dan Bacaan Melakukan Shalat Sunnah Wudhu

Panduan dan Bacaan Melakukan Shalat Sunnah Wudhu

Pengertian Shalat Sunnat Wudhu : Yang dimaksud dengan Shalat Wudhu di sini adalah shalat yang dikerjakan sesudah berwudhu, kemudian membaca do'a sesudah wudhu lalu mengerjakan Shalat Wudhu.

Shalat Sunnah Wudhu

Dianjurkan agar sesudah berwudhu kita menunaikan shalat sunnat dua rakaat. Sebab wudhu adalah perbuatan yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan tujuannya adalah agar diperbolehkan shalat. Sedangkan hadas (sesuatu hal yang membatalkan wudhu) dapat terjadi setiap saat. Jadi hendaknya bersegera melaksanakan shalat rakaat dimaksudkan untuk memenuhi tujuan wudhu

Dalam sebuah hadis disebutkan begini:

"Wahai Bilal, ceritakanlah kepadaku, amalan apa yang paling utama yang telah engkau lakukan dalam Islam. Sebab aku mendengar suara sepatumu di hadapanku di dalam surga." Bilal menjawab, "Tidak ada suatu amalan yang banyak memberi harapan, selain aku tiada berwudhu dengan suatu wudhu di sembarang waktu saja, baik malam atau siang, melainkan aku mengerjakan shalat dengan wudhu itu shalat yang telah ditetapkan untukku, dua rakaat sunnat wudhu." (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam riwayat lain diterangkan bahwa Rasulullah saw bersabda:

"Aku masuk ke surga dan kulihat Bilal ada di sana. Aku pun bertanya kepada Bilal, "Bagaimana engkau bisa mendahuluiku masuk surga?" Bilal menjawab, "Aku tidak tahu apa-apa. Hanya saja setiap kali selesai berwudhu, aku pasti melakukan shalat dua rakaat segera sesudahnya."

Demikianlah keutamaan shalat sunnat wudhu. Oleh karena itu jika waktu memungkinkan maka hendaknya selesai berwudhu kita menyempatkan diri melakukannya.

Rasulullah saw bersabda:

"Tak ada seorang pun yang berwudhu lalu membaguskan wudhunya, dan dia bershalat dua rakaat, ia hadapi shalatnya dengan hati dan badanny, melainkan telah wajih baginya masuk surga." (HR. Bukhari dan Muslim, Abu Daud, An-Nasai Ibnu Majah dari Abu Hurairah ra.).


Hukum Shalat Sunnat Wudhu

Shalat Wudhu hukumnya adalah sunnat.
Waktu Shalat Sunnah Wudhu
Adapun mengenai waktu untuk mengerjakan Shalat Wudhu ialah: Setiap selesai mengambil air wudhu secara sempurna, kemudian membaca do'a sesudah wudhu lantas mengerjakan Shalat Wudhu tersebut.

Cara Shalat Sunnah Wudhu

Shalat sunnah wudhu adalah shalat dua raka'at yang dilakukan sesudah mengerjakan wudhu. Jadi setiap selesai berwudhu dan setelah membaca do'a sesudah berwudhu maka disunnatkan untuk mengerjakan shalat sunnah wudhu dua raka'at. Yang cara,mengerjakannya seperti mengerjakan shalat sunnat yang lain, baik gerakannya maupun bacaannya hanya saja niatnya yang berbeda.

Adapun cara mengerjakan shalat tersebut, ialah:

setelah selesai berwudhu', berdoa sebagaimana biasa:

Lafazh doa sesudah berwudhu sebagai berikut:

Asyhadu an laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lah, wa asyhadu anna Muhammadan 'abduhu wa rasuuluh. Allaahummaj'alnii minat-tawwaabiin, waj'alnii minal mutathahhiriin, waj"alnii min ibaadikash-shaalihiin.

Artinya :
"Aku bersaksi tiada Tiuhan selain Allah dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku orang yang ahli taubat, dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang saleh."

Setelah selesai berdo'a, barulah kita berdiri menghadap kiblat dan mengerjakan shalat dua rakaat.

Lafadh Niat Shalat Sunnah Wudhu

اُصَلِّى سُنَّةَالْوُضُوءَرَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى اللهُ اَكْبَرْ

"Saya berniat shalat sunnat wudhu dua raka'at karena Allah Ta'ala Allahu Akbar."

Karena shalat sunnah wudhu biasanya disebut pula dengan shalat sunnah lisyukril wudhu', maka lafadh niat shalat itu bisa berbunyi:
اُصَلِّى سُنَّةً رَكْعَتَيْنِ لِشُكْرِالْوُضُوءِللهِ تَعَالَى

"Saya niat shalat sunnah dua raka'at untuk mensyukuri wudhu lillaalhi ta'ala."

Bilangan Raka'at Shalat Sunnah Wudhu

Adapun mengenai bilangan raka'atnya cukup dua raka'at saja.

Anjuran Shalat Sunnat Wudhu

Rasulullah saw bersabda:
"Baransiapa yang berwiutdhu, lalu mengerjakan shalat dua raka'at tidak lalai (dengan khusyu) dalam keduanya, maka diampuni dosa-dosa yang sudah lewat". (HR. Abu Daud).

Dan sabdanya lagi:
Tidak ada dari seorang yang berwudhu (kemudian) memperbaiki, (menyempurnakan) wudhunya (lalu) dia mengerjakan shalat dua raka'at, dia hadapi shalatnya dengan hati dan wajahnya (khusyuk), kecuali wajib baginya Surga (masuk surga)." (HR. Muslim).

Kedua hadis di atas memberikan pengertian pada kita, bahwa Shalat Wudhu sarngat besar pahalanya dan sebaiknya kita kerjakan secara rutin setiap selesai berwudhu sebagaimana telah dikerjakan oleh Bilal.

Do'a Sesudah Shalat Sunnah Wudhu

اللهم اجعلني من التوابين واجعلني من لمتطهرين واجعلني من عبادء اصالحين ربنا اتنا فى الدنياحسنة وفى الاخرةحسنة وقنا عذاب النار . وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين والحمد لله رب العالمين

Artinya :
"Wahai Allah, jadikanlah saya termasuk golongan orang-orang yang bertaubat, jadikanlah saya termasuk golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah saya dari golongan orang-orang yang shaleh-shaleh. Wahai Tuhan kami, berilah kami kebahagiaan di dunia dan kebahagian di akhirat dan selamatkanlah kami dari siksa neraka. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat kepada junjungan Nabi Muhammad teriring sahabat beliau semuanya. Dan Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam."