Bacaan Doa Minta Hujan Sesudah Sholat Sunnah Istisqa

Bacaan Doa Minta Hujan Sesudah Sholat Sunnah Istisqa

Ketika Kemarau panjang yang tak kunjung usai, dan keadaan wilayah tertentu mengalami kekeringan baik ladang dan lahan pertanian menjadi imbasnya, Maka Nabi Muhammad mengajarkan untuk meminta hujan dengan Sholat Sunnah Istisqa dan doa minta hujan.

Sholat Istisqa dikerjakan secara bersama sama, orang tua, pemuda, laki-laki, perempuan maupun bayi-bayi. ditambah lagi dengan membawa hewan-hewan ternak untuk menambah belas kasih sayang Allah kepada yang meminta doa.



Bacaan Doa Sesudah Shalat Sunnah Istisqa

bacaan doa setelah sholat istisqa

Di bawah ini beberapa doa untuk minta hujan terutama setelah mengerjakan Shalat Istisqa' atau pada waktu khatib berdoa bersama-sama jama'ah:

Bacaan Doa Sholat Sunnah Istisqa 1


اَللّهُمَّ اجْعَلْهَا سُقْيَا رَحْمَةٍ وَلاَتَجْعَلْهَا سُقْيَا عَذَابٍ وَلاَ مُحْقٍ وَلاَ بَلاَءٍ وَلاَ هَدَمٍ وَلاَغَرَقٍ

"Wahai Allah, jadikanlah hujan ini sebagai siraman rahmat, janganlah Engkau jadikan sebagai siraman siksa, memusnahkan harta, bencana, menghancurkan dan menenggelanmkan.

Bacaan Doa Sholat Sunnah Istisqa 2


اَللّهُمَّ بِالْعِبَادِ وَالْبِلاَدِ مِنَ الْجُهْدِ وَالْجُوعِ وَالضَّنَكِ وَلاَ نَشْكُوْ اِلاَّ اِلَيْكَ

"Wahai Allah, hamba dan negeri sedang dilanda kemalaratan, kelaparan, kesempitan hidup dan kami tidak bIsa mengadukan kecuali kepada-Mu."


Bacaan Doa Sholat Sunnah Istisqa 3


اَللّهُمَّ عَلَى الطِّرَابِ وَالاَكَامِ وَمَنَا بِتِ الثَّجَرِ وَبُطُونِ اْلاَوْدِ يَةِ اَللّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَعَلَيْنَا . اَللّهُمَّ اَسْقِنَا الْغَيْثَ وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ الْقَا نِطِيْنَ

Artinya :
"Wahai Allah, curahkanlah hujan di atas gundukan tanah, bukit-bukit, tempat tumbuh-tumbuhan pohon, dan pada waduk-waduk lembah. Wahai Allah curahkanlah hujan disekitar kami dan jangan di atas kami. Wahai Allah, curahkanlah hujan pada kami dan janganlah Engkau jadikan kami termasiuk orang-orang yang putus asa."

Bacaan Doa Sholat Sunnah Istisqa 4


اَللّهُمَّ اسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا هَنِيءًا مَرِيءًا مَرِيعًا سَحًّا عَامًّاغَدَقًاطَبَقًا مُجَلَّلاً دَاءِمًا اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ . اَللّهُمَّ اسْقِنَا الْغَيْثَ وَلاَ تَجْعَلْنَا مِنَ الْقَا نِطِيْنَ

Artinya :
"Wahai Tuhanku! curahkanlah kepada kami curahan yang menyelamat kan, yang menikmatkan, yang menyenangkan, yang menyuburkan, yang mengalirkan ke segala penjuru air yang banyak penuh kebaikan, memenuhi Sungai-sungai, dan selalu mengalir dengan merata hingga pada hari kiamat. Wahai Tuhanku! curahkanlah kepada kami, akan hujan dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang berputus asa."

Bacaan Doa Sholat Sunnah Istisqa 5


اَللّهُمَّ اَنْبِتِ الزَّرْعَ وَاَدِرَّلَنَا الضَّرْعَ وَاَنْزَلْ عَلَيْنَا مِنْ بَرَكَاتِ السَّمَاءِ وَاَنْبِتْ مِنْ بَرَكَاتِ الاَرْضِ وَاكْشِفْ عَنَّا مِنَ الْبَلاَءِ مَالاَيَكْشِفُهُ غَيْرُكَ

Latin :
Allahumma an(m) bitiz zar 'a wa adir ralanaadhdhar 'a wa an'zil 'alainaa min(m) barakaatis samaai wa an(m)nit min(m)barakaatil ardhi waksyif 'annaa minalbalaa i maa laa yaksyifuhu ghairuka

Artinya :
"Wahai Tuhanku! tumbulhkanlalh tanaman-tanaman ini untuk kami dan perbanyaklah air-air susu binatang-binatang untuk kami, curahkanlah atas kami dari berkah-berkah langit dan tumbuhkanlah atas kami dari berkah-berkah bumi, serta hindarkanlah kami dari marabahaya bencana alam yang kami tidak mampu menghindarinya, kecuali Engkau wahai Tuhanku".

Bacaan Doa Sholat Sunnah Istisqa 6


اَللّهُمَّ اِنَّانَسْتَغْفِرُكَ اِنَّكَ كُنْتَ غَفَّا رًا فَاَرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْنَا مِدْرَارًا

Latin :
Allaahumma inna nastaghfiruka innaka kunta ghaffaa ran' fa arsilis samaa a 'alainaa mid raa raan

Artinya :
"Wahai Tuhanku! sesungguhnya memohon ampunan, Kepada Engkau (karena) sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha Pengampun, dan curahkanlah (hujan) dari langit untuk kami dengan selebat-lebatnya".



Demikianlah beberapa macam bacaan doa setelah sholat istisqa untuk minta hujan, semoga membawa manfaat.