Keistimewaan Bacaan Sholawat Badawi Kubro

Keistimewaan Bacaan Sholawat Badawi Kubro

SHOLAWAT BADAWI KUBRO

bacaan sholawat badawi kubro

Membaca bacaan sholawat atas Nabi Muhammad ﷺ adalah bentuk kecintaan kita sebagai umatnya yang melalui rahmatnya bagi sekalian alam menunjukkan jalan yang lurus menuju keridhoan Allah dalam Addin Islam.

Dalam Alquran Allah juga memerintahkan kepada kita untuk ber sholawat kepada Nabi Muhammad ﷺ, perintah tersebut meunuju kepada orang-orang yang ber Iman, sebagai bentuk penghormatan dan kecintaan.

“Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Malaikat-Nya bershalawat atas Nabi. Hai, orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya,” (Qs. Al-Ahzaab: 56)

Sholawat Badawi Kubro

Sholawat Badawi Kubro adalah salah satu dari beragam jenis sholawat Nabi Muhammad ﷺ yang pernah dikarang oleh Syaikh Ahmad Al-badawi ra. 

Sholawat Badawi juga dikenal dengan Sholawat Nuroniyyah atau sholawat Nur/cahaya, karena isinya memuji dengan pujian Nur Muhammad. Adapaun fadhilah dan faedahnya menurut Syaikh  Al-Arif Billah Al-habib 'Ali bin Abdurrohman Al-Habsyi diantaranya adalah sebagai berikut :

Sholawat ini bila dibaca sebanyaknya menurut kemampuannya masing-masing, maka atas ijin Allah,  dapat menghilangkan kesusahan dan kesempitan hidup, dan juga sebagai sarana untuk menggapai suatu kebutuhan atau hajat yang besar dan mendesak.

sebagian Ulama' menyatakan pendapatnya, bahwa bagi siapa saja yang membaca sholawat badawi sebanyak 100 (seratus) kali dengan keadaan berwudhu suci dari hadats kecil dan hadats besar maka atas ijin Allah, orang tersebut mendapat kemudahan dari segala urusannya dan semua yang menjadi hajatnya.

Sedangkan Beberapa kalangan Ulama lain berpendapat mengenai Sholawat ini, bahwa bagi siapa saja yang mengamalkan sholawat badawi sebanyak 3 (tiga) kali maka Allah akan memberinya pahala seperti pahalanya orang yang membaca Sholawat Dalail Khoirot sampai khatam.

Berikut Bacaan Sholawat Badawi Kubro

اَللّٰــٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَــارِكْ عَـلـٰى سَيِّدِنَـا وَمَوْلَانَـا مُحَمَّدٍ. شَـجَـرَةِ اْلأَصْلِ نُــوْرَانِــيَّـةِ وَلَمْــعَةِ الْـقَـبْضَةِ الرَّحْـمـَانِــيَّـةِ وَأَفْــضَلِ الْخَلِـيْـقَـةِ اْلإِنْــسَانِــيَّـةِ وَأَشْـرَفِ الصُّوْرَةِ الْجِسْمَانِــيَّـةِ وَمَـعْـدِنِ الْأَسْرَارِ الرَّبـَّانِــيَّـةِ وَخَــزَائِـنِ الْعُلُوْمِ اْلإِصْطِـفَائِـيَّةِ صَاحِبِ الْـقَـبْضَةِ اْلأَصْلِـيَّـةِ وَالْـبَـهْـجَـةِ السَّنِــيَّـةِ وَالـــُّرتـْــبَةِ الْعَلِـيَّـةِ مَنِ انْــدَرَجَتِ النــَّــبِـيُّوْنَ تَحْتَ لِوَائِـهِ فَـهُـمْ مِـنْـهُ وَإِلَـيْهِ, وَصَلِّ وَسَلِّمْ وَبَـارِكْ عَـلَيْهِ وَعَـلـٰى أٰلِـهِ وَصَحْبِهِ عَــدَدَمَا خَلَـقْتَ وَرَزَقْـتَ وَأَمَتَّ وَأَحْيَــيْتَ إِلـٰى يَــوْمٍ يُــبْـعَثُ مَنْ أَفْــنَــيْتَ وَسِلِّـمْ تَسْلِـيـْمًا كَــثِــيْرًا وَالْحَمْدُ لِلّـٰهِ رَبِّ الْعَالَمِــيْنَ.

Allohumma sholli wasallim. wabaarik ‘alaa sayyidinaa wamawlaanaa Muhammadin syajarotil ashlin nuuroo niyyati , walam ‘atil Qob dhotir rohmaaniyyati. Wa afdholil kholiqotil insaniyyah, Wa asyrofil  shuurotil jasmaaniyyati, wa ‘ma’ dinil asroorir robbaa niyyati, wa khozaaa-inil ‘uluumil ishthifaa-iyyati, shoohibil Qobdhotil ashliyyati walbah jatis saniyyati. warrutbatil ‘aliyyati manin darojatin. nabiyyuuna tahta liwaa-ihi fahum minhu wa-ilayhi. washolli wasallim wabaarik ‘alayhi wa ‘alaa aalihii. wa shohbihii ‘adada maa kholaqta wa rozaqta. wa amatta wa ahyayta ilaa yawmi tub ‘a tsu man afnayta. wasallim tasliimaan ka tsiiroo walhamdulillaahi robbil ‘aalamiin.

Artinya :
“Ya Allah limpahkanlah rahmat, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami yang mulia Nabi Muhammad ﷺ , sebagai sumber cahaya(Nur Muhammad), sebagai genggaman kesayangan yang berkilauan, sebagai manusia yang paling utama diantara yang utama, semulia-mulia jasad, Simpanan rahasia ketuhanan dan khazanah ilmu-ilmu yang terpilih dan suci. Pemilik genggaman yang asli, yang kemilau dan kedudukan yang tinggi di mana kenabian berlangsung di bawah kepemimpinannya. Maka mereka berada di bawah perintahnya. Limpahkanlah Rahmat-Mu dan karuniakanlah kesejahteraan serta keberkahan pada junjungan kami, Para keluarganya dan para sahabatnya sebanyak bilangan ciptaan dari apa yang telah Engkau ciptakan, yang Engkau karuniakan rezeki, yang Engkau matikan dan hidupkan hingga menuju hari kebangkitan yang mana hari itu Engkau bangkitkan orang yang telah Engkau matikan. Karuniakanlah kesejahteraan atasnya dengan kesejahteraan yang sebanyak-banyaknya dan segala pujian milik Allah Tuhan semesta alam”.

Tata Cara Mengamalkan Shalawat Badawi Kubro

Sholawat Badawi Kubro ini dibaca 3 (tiga) kali setelah selesai Sholat fardhu dan 7 (tujuh) kali sebelum tidur

Adapun keutamaan dari Sholawat Kubro in antara lain :
1.        Terhindar dari sihir dan dari segala kejahatan baik lahir maupun batin.
2.        Akan dimudahkan jalan rizkinya.
3.        Akan mendapat cahaya batin dan terbukanya beberapa rahasia yang gaib.