Bacaan Sholawat A'dhom Arab dan Latin

Bacaan Sholawat A'dhom Arab dan Latin

Sholawat A'dhom adalah karya dari Syaikh Ahmad Bin Idris Pendiri Thoriqoh Idrisiyah. Bacaan Sholawat ‘Adzimah / Sholawat A'dzom ini mempunyai khsaiat yang sangat besar sekali.

bacaan sholawat adhom

Sholawat A'dhom

Dalam Kitab Jami’ul Karomati Auliya’ Juz 1. Halaman 349. Tertulis bahwa, tersebut seorang penduduk Kasyf yang hendak bertakziyah untuk memberikan penghormatan terakhir kepada salah satu murid Syaikh Ahmad bin Idris, (Pendiri Thoriqoh Idrisiyah dan juga pengarang Sholawat ‘Adhimah ini). Murid tersebut meninggal di tanah Makkah al Mukarromah dan akan disemayamkan di pemakaman Ma’la.

Lelaki penduduk Kasyf tersebut telah melihat Malaikat izro’il AS, datang dengan membawa permadani dan lentera dari surga lantas masuk kedalam liang lahat murid tersebut.


Terlihat jelas dimatanya, kuburan yang asalnya sempit tiba-tiba menjadi sangat luas, seluas mata memandang. dan cahaya terlihat terang benderang. Kemudian malaikat Izroil mengangat mayat murid tersebut dan meletakkannya diatas permadani yang dibawanya dari surga itu.


Seketika, pemuda pelayat dari Kasyf merasa heran dan bertanya-tanya dalam hatia terhadap kejadian yang mengherankan itu. Dalam batin, ia sangat mendamba saat kematainya dapat mengalami hal serupa seperti murid Saikh Ahmad bin Idris yang baru saja dilihatnya.

Tidak lama setelah itu, sambil bergumam sendiri, Malaikat Izroil AS, menolah kearahya dan berkata “Hai Ibnu Adam! Barang siapa yang mau membaca Sholawat A'dhimah ini, maka Allahﷻ pasti akan memberikan kemuliaan (keramat) seperti mayat (murid) ini karena Keagung dan kekeramtan Sholawat ‘Adzimah”.

Dari kisah siatas, jelaslah bagi kita mengenai manfaat dari membaca Sholawat terhadap kanjeng Nabi Muhammad ﷺ.

Semoga dengan memperbanyak membaca sholawat nabi, kelak kita akan mendapat syafaat untuk menolong kita di akhirat kelak dan juga digolongkan sebagai orang-orang yang mencintai nabi Muhammad ﷺ dan bersanding dengan beliau Rasulillah  .ﷺdan semoga Allohﷻ memuliakan kita baik di dunia maupun diakhirat. Semoga Allohﷻ berkenan memberikan keistimewaan dan keajaiban saat kita masih hidup dan sesudah mati. Amin ya Robbal ‘Alamin.

Akhir kata, semoga bermanfaat, dan semoga Allohﷻ meridloi. Wassalamu'alaikum wr.wb.


Adapun bunyi dan lafal dari Sholawat A'dzimah adalah seperti berikut :

بسم اللـه الرحمن الرحيم
اَللّـهُمَّ إِنِى أَسْئَلُكَ بِـنُوْرِ وَجْهِ اللّـهِ الْعَظِيْمِ اَلَّــذِىْ مَلَاءَ أَرْكَانِ عَرْشِ اللّـهِ الْعَظِيْمِ وَقَــامَتْ بِهِ عَوَالِمُ الْعَظِيْمِ أَنْ تُصَلِّيَ عَلَى سَيِّدِنَـا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ ذِى الْقَدْرِ الْعَظِيْمِ بِــقَدْرِ عَظَمَةِ ذَاتِ اللّـهِ الْعَظِيْمِ فِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَــفَسٍ عَدَدَ مَا فِى عِـلْمِ اللـّهِ الْعَظِيْمِ صَلَاةً دَائِمَةً بِدَوَامِ اللّـهِ الْعَظِيْمِ تَعْظِيْمًا لِحَقِّكَ يَامَوْلَانَا يَامُحَمَّدٌ يَاذَا الْخُلُقِ الْعَظِيْمِ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَعَلَى أَلِهِ مِثْلَ ذَلِكَ وَاجْمَعْ بَــيْنِى وَبَــيْنَهُ كَمَا جَـمَعْتَ بَــيْنَ الرُّوْحِ وَالنَّــفْسِ ظَاهِرًا وَبَاطِنًا يَــقْـظَةً وَمَــنَامًا وَاجْعَلْهُ يَارَبَّ رُوْحًا لِــذَّاتِى