Pengertian Dan Panduan Sholat Sunnah Awwabin

Pengertian Dan Panduan Sholat Sunnah Awwabin

Pengertian Shalat Sunnat Awwabin - Yang dimaksud dengan shalat awwabin, ialah shalat yang tujuannya memperbanyak pendekatan kepada Allah, dengan menggunakan waktu yang telah diberikan Oleh-Nya dimanfaatkan yang sebaik-baiknya untuk mengerjakan shalat dimana waktu tersebut tidak dilarang untuk mengerjakan shalat-shalat sunnat.

tata cara sholat sunnah awwabin

Shalat Sunnah Awwabin

Shalat sunnat awwabin adalah shalat yang dikerjakan Setelah mengerjakan shalat maghrib, sedikitnya dikerjakan dua raka'at dan sebanyak-banyaknya dikerjakan empat raka'at dengan dua raka'at satu salam.

Hukum Shalat Sunnah Awwabin

Adapun mengenai hukumnya shalat Awwabin adalah: sunnat, sebagaimana telah diterangkan di atas, bahwa Shalat selain shalat fardlu (lima waktu) hukumnya sunnat.

Waktu Shalat Sunnah Awwabin

Mengenai ketentuan waktu mengerjakannya. yaitu sesudah Shalat Maghrib sehabis mengerjakan shalat sunnat ba'diyah Maghrib.

Cara Shalat Sunnah Awwabin

Sedangkan cara mengerjakan shalat Awwabin, adalah sebagaimana shalat-shalat sunnat yang lain hanya saja berbeda pada lafadh niatnya.

Tata cara mengerjakan shalat sunnah Awawbin, ialah:

1. Berdiri menghadap Kiblat sambil niat dalam hati lalu bertakbir seraya membaca Allaahu Akbar, dan setelah membaca surat al-Fatihah lalu diteruskan membaca sura al-Ikhlash 6 kali, surat al-Falaq satu kali dan surat an-Nas satu kali, demikian juga untuk raka'at yang kedua.

2. Sesudah salam lalu berdiri lagi dengan niat yang sama, setelah membaca surat al-Fatihah lalu diteruskan dengan membaca surat ayat atau surat dalam al-Qur'an sekehendak hatinya lalu diteruskan hingga salam.

3. Sesudah salam berdiri lagi dengan niat yang sama, dan setelah membaca surat al-Fatihah lalu diteruskan membaca surat al-Kaafiruun dan untuk raka'at yang kedua setelah membaca surat al-Fatihah lalu membaca surat al-Ikhlash lalu diteruskan hingga salam.

Lafadh Niat Shalat Sunnat Awwabin

Sementara itu mengenai lafadh niat shalat sunnat Awwabin seperti ini:
اُصَلِّى سُنَّةً رَكْعَتَيْنِ صَلاَةَ اْلاَوَّابِيْنَ ِللهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatar rak 'ataini sholaa tal awwaa biina lillaahi ta 'aa laa

"Aku niat mengerjakan shalat sunnat Awwaabin dua raka'at karena Allah Yang Mala Tinggi. Allah Maha Besar"


Bilangan Raka'at Shalat Sunnat Awwabin

Mengenai bilangan raka'atnya shalat Awwabin, paling sedikit dua raka'at dan paling banyak enam raka'at.

Anjuran Shalat Sunnat Awwabin

Adapun mengenai anjuran untuk mengerjakan shalat awwabin ini tidak ada hadits yang menganjurkan secara jelas, oleh karena itu bagi orang yang banyak mempunyai kelonggaran waktu, silakan untuk mengerjakannya.




Do'a Sesudah Shalat Sunnat Awwabin

Setelah selesai mengerjakan Shalat Awwabin, perbanyaklah dengan berdzikir yang menyebabkan mendapat ampunan dan pahala yang banyak, misalnya:

membaca istighfar, tasbih, tahmid, tahlil, takbir dan membaca shalawat atas Nabi Muhammad saw yang sebanyak-banyaknya, kemudian berdo'a :
اَللّهُمَّ اجْعَلْنِيْ شَكُورًا وَاجْعَلْنِيْ صَبُوْرًا وَاجْعَلْنِىْ فِى عَيْنِيْ صَغِيْرًا . وَفِى اَعْيُنِ النَّاسِ كَبِيْرًا . رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
وَصَلَّى اللهُ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya :
"Wahai Allah, jadikanlah saya ini (termnasuk) orang yang suka bersyukur (pada segala karunia-Mu) dan jadikanlah saya ini (termasuk) orang yang sabar (atas segala musibah / cobaan); serta jadikanlah saya ini kecil dalam pandangan saya, namun dalam pandangan orang-orang lain besar (atau banyak jasanya). Wahai Tuhan kami, berilah kami kebahagiaan di dunia dan berilah kami kebahagiaan diakhirat serta selamatkanlah kami dari siksa api neraka, Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam".

Demikian Pengertian dan panduan melakukan sholat sunnah Awwabin, semoga kita selalu bisa istiqamah dalam memndekatkan diri kepada Allah SWT.