10 Air Terjun Tertinggi Di Dunia

10 Air Terjun Tertinggi Di Dunia

Air terjun adalah sungai atau badan air lainnya yang jatuh dari atas tebing berbatu ke dalam kolam yang lebih rendah bawahnya. Air terjun juga disebut cascades.


Proses erosi, pengikisan tanah, memainkan peran penting dalam pembentukan air terjun. Air terjun itu sendiri juga mengakibatkan erosi.

Seringkali, air terjun terbentuk sebagai aliran aliran dari batuan lunak ke batuan keras. Ini terjadi baik secara lateral (saat aliran mengalir melintasi bumi) dan vertikal (saat aliran turun di air terjun). Dalam kedua kasus tersebut, batuan lunak terkikis, meninggalkan bekas di mana aliran air jatuh. Berikut adalah 10 Air Terjun Tertinggi Di Dunia.

10 Air Terjun Tertinggi

Berikut adalah 10 Air Terjun Tertinggi Di Dunia

No Nama Lokasi Sungai Tinggi
1. Angel Venezuela A.S. Caroni/Churun 1.000 M
2. Tugela Natal, Afrika Selatan
Tugelas 947 M
3. kukenaam Guyana Kukenaam 656 M
4. Sutherland
Selandia Baru Arthur 580 M
5. Ribbon California Creek 491 M
6. Upper Yosemite California A.S. Merced 435 M
7. Gavamie Perancis Gave de Pau 421 M
8. Takkakaw Colombia A.S. Yoho 380 M
9. Silverstrand California A.S. Merced 357 M
10. Staubbach Swiss Staubach 299 M

 

1. Air Terjun Angel

Air Terjun Angel, Spanyol Salto Ángel, juga disebut Salto Churún Merú, air terjun di Dataran Tinggi Guyana di negara bagian Bolívar, Venezuela tenggara, di Sungai Churún, anak sungai Caroní, 160 mil (260 km) tenggara Ciudad Bolívar. Air terjun tertinggi di dunia, Tinggi Air terjun 3.212 kaki (979 meter) dan lebar 500 kaki (150 meter) di dasarnya. 

 

Air Terjun Angel
image source : britannica.com

 

Berada pada dataran tinggi, Auyán-Tepuí ("Gunung Setan/ Devil Mountain"). Air terjun ini terletak di Taman Nasional Canaima, dan dikelilingi oleh hutan lebat, air terjun ini paling bagus dilihat dari udara.

 

2. Air Terjun Tugela

Air Terjun Tugela, merupakan rangkaian pegunungan di provinsi KwaZulu-Natal, Afrika Selatan. Air terjun ini terletak di dekat sumber Sungai Tugela di pegunungan Drakensberg dan berada di dalam Taman Nasional Royal Natal. Air Terjun Tugela termasuk  yang tertinggi di dunia, dengan ketinggian sejauh 1.350 kaki (411 meter) dan jarak total 3.110 kaki (947 meter).

 

air terjun Tugela
image source : craiglotter.co.za

Selama bulan-bulan musim dingin, Air Terjun Tugela bagian atas dapat membeku, membentuk pilar es  kejadian tersebut tidak sering terlihat di Afrika Selatan ketika cerah.

3. Air Terjun Kukenaam

Air terjun Kukenaam , Spanish Salto Cuquenán, air terjun tinggi di perbatasan Guyana-Venezuela. berasal dari gunung Kukenaam (8.620 kaki [2.627 m]), ke barat laut Gunung Roraima (9.094 kaki) dan merupakan awal dari Sungai Cuquenán (Kukenaam), anak sungai Sungai Caroni. Air terjun ini memiliki ketinggian 2.000 kaki (600 meter), salah satu yang tertinggi di Amerika Selatan.

Air terjun Kukenaam
image source : outdoorphotographer.com


4. Air Terjun Sutherland

Sutherland adalah air terjun dekat Milford Sound di Taman Nasional Fiordland, Selandia Baru. termasuk di antara air terjun tertinggi di dunia, air terjun ini memiliki kemiringan yang curam. Air terjun dalam tiga jeram, bagian atas tingginya 229 meter (751 kaki), tengah - 248 meter (813 kaki) dan yang paling rendah - 103 meter (338 kaki), dengan total tinggi vertikal 580 meter (1902 kaki). 

 

Air Terjun Sutherland
image source : worldtoptop.com

Air Terjun Sutherland dialiri oleh danau melingkar kecil, bernama Lake Quill, yang menempati cekungan batu kecil yang dibentuk oleh aksi es selama Zaman Es, dan tumpah hampir langsung ke bawah dinding pegunungan yang hampir vertikal ke dalam lembah. Sudut terindahnya diambil dari atas, saat Anda dapat melihat danau di balik air terjun yang dibingkai dengan pegunungan yang tertutup salju di musim dingin.

 

5. Air Terjun Ribbon

Air Terjun Ribbon berada di sepanjang pengunungan Rim yang terkenal, dan juga dapat diakses dari Peternakan Phantom yang menjadikannya satu-satunya air terjun di Taman Nasional Grand Canyon yang dapat diakses tanpa jalur yang sulit.

 

Air Terjun Ribbon
image source : waterfallsofthegrandcanyon.com


Di sisi utara Sungai Colorado, sekitar 6 mil di atas Bright Angel Creek dan tersembunyi di sisi ngarai, disanalah letak Air Terjun Ribbon. Air terjun setinggi sekitar 100 kaki, air yang  mengandung kaya mineral mengaliri puncak menara travertine raksasa di bawah air terjun. 


6. Air Terjun Upper Yosemite

Air terjun Upper Yosemite terletak di dekat Lembah Yosemite, California , untuk dapat menuju keatas menggunakan jalan setapak sepanjang 12,2 kilometer  dan hanya direkomendasikan untuk petualang yang sangat berpengalaman. Jalur ini terutama digunakan untuk hiking atau jalur pendakian.

 

Air terjun Upper Yosemite
image source : wildlandtrekking.com


Taman Nasional Yosemite mengenakan biaya untuk masuknya. Biayanya adalah $ 35 per kendaraan atau $ 30 per sepeda motor. Jika Anda masuk dengan berjalan kaki, berkuda, atau bersepeda biayanya adalah $ 20 per orang. Anda juga dapat membeli tiket tahunan seharga $ 70.

 

7. Air Terjun Gavamie

Air Terjun Gavamie terletak di Perancis dengan ketinggian total mencapai 421 M, mengalir dari sumber sungai Gave de Pau.

 

8. Air Terjun Takkakaw

Air Terjun Takakkaw adalah air terjun bervolume cukup tinggi di sepanjang aliran A.S. Yoho yang mengalir dari Gletser Daly di Taman Nasional Yoho British Columbia. Air terjun ini memiliki total 992 kaki dalam empat tahap berbeda, pertama jatuh di atas dua jurang sempit yang tersembunyi di dalam celah ngarai di bagian atas air terjun (tidak ada yang dapat dilihat dari dasar air terjun). Sungai tersebut kemudian meluncur 853 kaki melewati sisi dinding Lembah Yoho, kemudian mengalir menuruni tangga sempit setinggi 94 kaki. 

 

Air Terjun Takakkaw
image source : cbc.ca

 

Air terjun dengan ketinggian 1.248 kaki (380 meter)  dikelilingi oleh pemandangan yang indah diPegunungan Rocky Kanada.

 

9. Air Terjun Silverstrand

Air terjun Silver Strand turun di sepanjang Meadow Brook, di ujung barat Lembah Yosemite, di dalam Taman Nasional Yosemite. Air terjun  diperkirakan mempunyai ketinggian 1170 kaki (356m), namun ketinggian ini masih diragukan. Ada penelitian lain yang mengatakan mempunyai ketinggian 574 kaki (175m).

Air terjun Silver Strand
image source : world-of-waterfalls.com

 

Meadow Brook akan mengering pada pertengahan Juli selama musim salju.

 

10. Air Terjun Staubbach

Air Terjun Staubbach - Air terjun yang sangat menakjubkan, terletak tepat di atas Lauterbrunnen di Bernese Oberland, Swiss. Air terjun ini menempati urutan ke-2 air terjun tertinggi di Swiss. 

 

Air Terjun Staubbach
image source : worldfortravel.com

 

Air terjun ini jatuh dari ketinggian 297 meter (1000 kaki), dari tepi tebing berbatu dan kemudian jatuh dengan indah menjadi semburan saat aliran air mencapai ketinggian U berbentuk lembah. Lembah dan Pegunungan Alpen Swiss melengkapi pemandangan yang sempurna.