Bacaan Doa Ampunan Setelah Shalat Sunnah Taubat

Bacaan Doa Ampunan Setelah Shalat Sunnah Taubat

Seseorang tidaklah bisa luput dari perbuatan dosa, untuk menyesali perbuatannya, telah diajarkan Rasulullah dengan mengerjakan sholat sunnah taubat diikuti dengan bacaan doa mohon ampunan setelahnya atau doa setelah sholat taubat.

bacaan doa setelah sholat sunnah taubat

Doa Setelah Sholat Taubat

Sehabis mengerjakan Shalat Taubat, membaca doa setelah sholat taubat perbanyaklah membaca istighfar yang intinya mohon ampun kepada Allah dan bertaubat (kembali kepada Allah) dengan menaati segala perintahnya serta menjauhi semua larangannya. Setelah selesai shalat, membaca doa sebagai berikut :


"Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, Tiada Tuhan melainkan Engkau Yang telah menciptakan aku. Akulah hamba-Mu. Aku mengikuti ketentuan dan janji-Mu sekuat yang saya kerjakan. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang aku perbuat. Aku mengakui nikmat-Mu yang telah limpahkan kepadaku dan mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku. Sebab tidak ada yang dapat memberi pengampunan kecuali hanyalah Engkau." (3 x)



Kemudian membaca sebagai berikut:

اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيِ لاَاِلَّهَ إِلاَّهُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ تَوْبَةَ عَبْدٍ ظَالِمٍ لاَيَمْلِكُ لِنَفْسِهِ ضَرًاوَلاَ نَفْعًا وَلاَمَوْتًا وَلاَحَيَاةً وَلاَنُشُوْرًا

Artinya :
"Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, yang tidak ada Tuhan nelainkan Dia (Allah) Yang Maha Hidup lagi berdiri sendiri. Aku juga bertaubat kepada-Nya sebagai taubatnya seorang hamba yang menganiaya yang tiada dapat memiliki (menguasai) untuk dirinya sendiri akan kemadharatan dan tidak pula kemanfaatan, kematian, kehidupan dan kebangkitan."

Atau bisa membaca doa setelah sholat taubat ii :


اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيِ لاَاِلَّهَ إِلاَّهُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ . (70) اَللّهُمَّ اغْفِرْلِى ذُنُوبِي كُلَّهُ مَاقَدَّ مْتُ وَمَااَخَّرْتُ وَمَااَسْرَرْتُ وَمَااَعْلَنْتُ وَمَااَعْلَمُ بِهِ مِنِّى اَنْتَ مُقَدِّمُ وَاَنْتَ مُوءَخِّرُلاَاِلَهَ اِلاَّاَنْتَ . اللَهُمَّ اِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيرًا وَلاَيَغْفِرُالذُّنُوبَ اِلاَّ اَنْتَ . فَاغْفِرْلِي مَغْفِرَةً مِنْعِنْدِكَ وَارْ حَمْنِيْ اِنَّكَ اَنْتَ الْفَقُورُالرَّحِيْمُ

Artinya :
"Saya mohon ampun pada Allah Yang Maha Agung. Dzat yang tidak ada Tuhan kecuali Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri dan saya bertaubat kepada-Nya. (Dibaca 70 kali). Wahai Allah, ampunilah segala dosaku yang telah lewat dan yang akan datang, yang saya rahasiakan, yang saya tampakkan dan yang Engkau lebih mengetahi dari aku. Engkaulah Dzat Yang Maha Dahulu dan Engkaulah Yang Maha Akhir. Tidak ada Tuhan kecuali Engkau Wahai Allah, sesungguhnya saya telah menganiaya diriku sendiri dengan penganiayaan (dosa) yang banyak dan tidak ada yang (sanggup) mengampuni, kecuali Engkau. Maka ampunilah aku dengan pengampunan dari sisi-Mu dan belas kasihanilah aku sesungguhnya Engkau adalah Dzat Yang Maha Penganıpun lagi Maha Penyayang".

Atau bisa pula doa setelah sholat taubat iii:


اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيِ لاَاِلَّهَ إِلاَّهُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ تَوْبَةَ عَبْدٍ ظَالِمً لاَيَمْلِكُ لِنَفْسِهِ ضَرًّا وَّلاَنَفْعًا وَلاَ مَوْتًا وَلاَحَيَاةً وَلاَنُشُوْرًا

Artinya :
"Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung Dzat yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha berdiri sediri, aku bertaubat kepada-Nya selaku taubatnya seorang hamba yang dhalim, yang tidak mempunyai daya upaya terhadap dirinya untuk berbuat madharat, manfaat, untuk mati dan hidup serta tidak pula untuk bangkit kembali.

Dan boleh juga doa setelah sholat taubat membaca induk istighfar di bawah ini:


اَللّهُمَّ اَنْتَ رَبِّى لاَاِلَهَ اِلاَّاَنْتَ خَلَقْنَنِى وَاَنَا عَبْدُكَ وَاَنَاعَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ اَعُوذُبِكَ مِنْ شَرِّمَا صَنَعْتُ اَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَاَبُوْءُبِذَ نْبِى فَاغْفِرْلِى فَانِّهُ لا يَغْفِرُ الذُّ نُوبِ اِلاَّ اَنْتَ


Artinya :
"Wahai Tuhanku! Engkau adalah Tiuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau yang telah menjadikan aku dan aku adalah hamba-Mu dan aku adalah atas ketentuan-Mu dan janji-Mu semampu mungkin aku kerjakan, aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah Engkau jadikan, aku mengakui nikmat-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku, dan aku mengakui dosaku maka ampunilah aku, karena sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa selain hanya Engkau".

Membaca Tasbih

Sesudahnya doa setelah sholat taubat Membaca tasbih sebagai berikut:

سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ

"Mahasuci Allah, Yang Maha Agung, dan dengan mengucapkan puji-pujian kepada-Nya."

Shalat sunnat taubat ini hukumnya adalah sunnat muakkad bagi orang yang berbuat dosa, sekalipun dosa itu tidak disengaja, apabila dosa itu dikerjakannya dengan sengaja.

Marilah kita susulkan amal perbuatan yang baik, manakala kita melakukan kesalahan-kesalahan, sehingga kesalahan-kesalahan dan dosa-dosa yang baru dikerjakan itu dapat diampuni oleh Allah SWT.


Allah SWT berfirman dalam kitab suci al-Quran:

وَالَّذِيۡنَ اِذَا فَعَلُوۡا فَاحِشَةً اَوۡ ظَلَمُوۡۤا اَنۡفُسَهُمۡ ذَكَرُوا اللّٰهَ فَاسۡتَغۡفَرُوۡا لِذُنُوۡبِهِمۡ وَمَنۡ يَّغۡفِرُ الذُّنُوۡبَ اِلَّا اللّٰهُ ۖ وَلَمۡ يُصِرُّوۡا عَلٰى مَا فَعَلُوۡا وَهُمۡ يَعۡلَمُوۡنَ

Artinya :
"Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. " (QS. Ali Imran: 135).

Seusai Shalat Taubat, dalam diri orang itu ada tekad yang kuat (berjanji kepada Allah dan kepada diri sendiri) bukan hanya doa setelah sholat taubat saja yang dibaca namun janji untuk tidak mengulang perbuatan kejinya.