Bacaan Sholawat Barriyah dan Keistimewaannya

Bacaan Sholawat Barriyah dan Keistimewaannya

SHOLAWAT BARRIYAH

bacaan sholawat bariyyah


Salah satu bentuk kecintaan umat Muhammad kepada nabinya adalah ucapan salam dan shalawat. Dan juga sebuah bentuk ketaatan atas perintah Allah untuk bersholawat kepada Rasulullah sebagai bentuk penghormatan terhadap jasanya bagi rahmat alam semesta.

“Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai, orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya,” (Qs. Al-Ahzaab: 56)

Sholawat Barriyah

Dari berbagai macam bacaan sholawat nabi salah satunya adalah sholawat Barriyyah, fadhilah sholawat ini menurut Keterangan dari Kitab : Majmu’ Qulyuby mempunyai derajat yang tinggi bagi permohonan rahmat Allah.

Fadilah Sholawat Barriyah

Menurut sahabat Ibnu Abbas RA berkata :

Bagi seseorang yang mengamalkan bacaan Sholawat Barriyah sebanyak 10 (sepuluh) kali pada hari Jum’at atau malamnya, maka Allah akan menetapkan baginya seratus juta kebaikan. Dan semua dosanya akan dihapuskan sebanyak seratus juta keburukan dari perbuatan dosanya, dan akan diangkat derajatnya seratus juta derajat. Dan kelak akan dipertemukan dan  bercengkrama bersama Nabi Ibrahim Khaliluloh di Mihrobnya.

Berikut bacaan arab sholawat barriyah


اَللّهُمَّ يَادَائِمَ الْفَضْلِ عَلَى الْبَرِيَّــةِ يَابَاسِطَ الْيَدَيْنِ بِالْعَطِيَّةِ يَاصَاحِبَ الْمَوَاهِبِ السَّنِــيَّةِ, صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَــيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ الْوَرٰى سَجِــيَّةٍ وَاغْفِرْلَنَا يَاذَالْعُلٰى فِى هٰذِهِ الْعَشِيَّةِ

Allahumma yaa daaimal fadli 'alal bariyyah. yaa baasithal yadaini bil'athiyyah. yaa shaahibal mawahibissaniyyah sholli 'alaa sayyidina Muhammadin. khoiral waraa sajiyyah waghfir lii. yaadzal 'ulaa fii haadzihil 'asyiyyah.

Artinya :
Ya Allah , wahai Dzat yang langgeng anugerahnya kepada manusia, wahai dzat yang membentangkan kedua tangannya dengan pemberian. Wahai Dzat yang mempunyai pemberian-pemberian yang luhur. Anugerahkanlah segala rahmatMu dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, sebaik-baiknya manusia di dalam budi pekertinya/akhlaqnya. Dan ampunilah aku, wahai dzat yang mempunyai keluhuran di malam ini.