Rahasia Doa Mustajab setelah Sholat Tahajud

Rahasia Doa Mustajab setelah Sholat Tahajud

Doa adalah senjatanya orang muslim, mintalah kebaikan dan apa-apa yang menjadi kebutuhanmu niscaya Allah kabulkan. Rahasia Doa Mustajab setelah sholat tahajud mempunyai adab yang harus kita lakukan terlebih dahulu.

Rahasia Doa Mustajab setelah Sholat Tahajud

Apa yang menjadi adab keutamaan agar rahasia doa mustajab setelah sholat tahajud dapat kita dapatkan secara maksimal? Agar apa yang menjadi doa kita segera dikabulkan oleh Allah SWT
Setelah kita melakukan sholat tahajud dan hendak berdoa, perhatikan hal berikut :
  1. Niat hanya karena Allah
  2. Melakukan Sholat Tahajud dengan Ikhlas
  3. Sholawat kepada Nabi
  4. Menjauhi Dosa Tidak Memutus Silahturahmi dan tidak Tergesa-gesa
  5. Awali dengan Taubat
  6. Makan makanan yang halal
  7. Dilakukan Pada waktu yang mustajab

1. Niat Hanya Karena Allah

Doa Mustajab setelah Sholat Tahajud Niat hanya karena Allah, Dalam Hadits tentang seseorang yang berniat Karena Allah dan RasulNya, maka yang didapat adalah ridhonya Allah, maka barang siapa yang mendapatkan ridho Allah segala kemudahan akan, namun barang siapa hanya berdoa untuk dunia atau wanita semata, hal tersebut bisa ia dapatkan tapi belum tentu mendapat Ridhonya Allah dan RasulNya yang didapat.

ٍعَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ 
إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Dari Umar radhiyallahuanhu, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda,

“Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya mendapatkan Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau hijrahnya karena wanita yang mau dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai yang ia minta.” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)

2. Melakukan Sholat Tahajud dengan Ikhlas

Allah berfirman untuk orang yang melakukan sholat tahajud dan balasan yang didapatkannya dengan ikhlas karena Allah:

"Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. "(QS. Al-Israa : 79)

3. Sholawat kepada Nabi

Doa Mustajab setelah Sholat Tahajud dengan Sholawat kepada Nabi Muhammad, sholawat adalah media penghantar untuk doa kita, untuk membuka tabir agar yang menjadi permintaan kita menuju langsung kepada Allah.

Dari Saydina Ali bin Abi Thalib :
"Tiap-tiap doa itu masih tertutup, sehingga mengucapkan sholawat kepada Muhammad saw dan keluarga Muhammad." (Diriwayatkan oleh ath Thabrani)."

4. Menjauhi Dosa, Tidak Memutus Silahturahmi dan tidak Tergesa-gesa

Dalam Shahih Muslim, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

“Seorang hamba akan selalu dikabulkan doanya oleh Allah selagi ia tidak berdoa dengan sesuatu yang berdosa, memutus silaturahim, dan tergesa-gesa.” 

5. Awali dengan Taubat

Setelah kita mengetahui bahwa dosa adalah tabir penghalang bagi doa kita yang terkabul, maka jalan yang haru s ditempuh adalah denga ber taubat yang sebenar-benarnya. Tidak ada manusia yang luput akan dosa.

Bertaubat akan dosa yang kita sadari maupun yang tidak, yang disengaja atau yang tidak disengaja, yang besar maupun yang kecil. Bersihkanlah dengan Taubat dan permohonan akan Rahmatnya, dan janganlah berputus asa akan rahmatNya.

قُلۡ يٰعِبَادِىَ الَّذِيۡنَ اَسۡرَفُوۡا عَلٰٓى اَنۡفُسِهِمۡ لَا تَقۡنَطُوۡا مِنۡ رَّحۡمَةِ اللّٰهِ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ يَغۡفِرُ الذُّنُوۡبَ جَمِيۡعًا‌ ؕ اِنَّهٗ هُوَ الۡغَفُوۡرُ الرَّحِيۡمُ

Katakanlah, “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.(Qs AzZumar : 53)

6. Makan makanan yang halal

Rahasia Doa Mustajab setelah Sholat Tahajud berikutnya adalah dengan makan makanan yang halal.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah menceritakan seorang hamba yang melantunkan doa sambil mengangkat kedua tangannya. Ia berdoa dengan sarat kekhusyuan. Namun ternyata doanya tidak pernah diluluskan oleh Allah SWT. Ternyata yang menjadi penyebabnya sederhana sekali, adalah makanan orang tersebut bersumber dari makanan yang haram.
Perhatikan :
  • Darimana uang yang didapat
  • Dengan cara apa mendapatkan makanan
  • Jenis makanan halal dan haram (Babi, darah, Makanan yang disebelih bukan dengan nama Allah, dll)

7. Dilakukan Pada waktu yang mustajab

Waktu yang mustajab adalah 1/3 malam yang terakhir, pada setiap malamnnya. Allah turun kelangit dunia dan disana para Malaikat menyaksikan orang yang sholat tahajud dan mengangkat tangan untuk berdoa. waktu tersebut adalah Rahasia Doa Mustajab setelah Sholat Tahajud

"Perintah Allah turun ke langit dunia di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru : Adakah orang- orang yang memohon (berdoa) / sholat tahajud, pasti akan Kukabulkan, bila ada orang yang meminta, pasti akan Kuberi dan adakah yang mengharap / memohon ampunan, pasti akan Kuampuni baginya. Sampai tiba waktu subuh.