Madu Cairan Emas Dan Keajaiban Manfaatnya

Madu Cairan Emas Dan Keajaiban Manfaatnya

Manfaat madu tidak hanya berhenti pada rasanya yang lezat dilidah kita. Fungsi dan manfaat pada madu yang besar telah lama dikenal dan digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan penyembuhan. Baik AlQuran suci maupun Hadis menyebut madu sebagai penyembuh penyakit.

manfaat madu

Madu Dan Keajaibannya

Dalam Al-Quran disebutkan, “Dan Tuhanmu mengajarkan lebah untuk membangun sel-selnya di bukit, di atas pohon dan di tempat tinggal manusia… ada masalah di dalam tubuh mereka minuman dengan warna berbeda-beda, di mana penyembuhan bagi umat manusia. Sesungguhnya dalam hal ini adalah Tanda bagi mereka yang memikirkan. ”

Selain itu, dalam Sahih Bukhari kita membaca bahwa Nabi saw,  mengatakan: "Madu adalah obat untuk setiap penyakit dan Al-Quran adalah obat untuk semua penyakit pikiran," oleh karena itu  AlQuran dan madu merupakan kombinasi metode penyembuhan yang sempurna.

Madu mengandung sifat antiseptik, antioksidan, dan penambah kekebalan imun yang luar biasa bagi tubuh dan kesehatan kita. Tidak hanya melawan infeksi dan membantu penyembuhan jaringan tetapi juga membantu mengurangi peradangan dan sering digunakan untuk mengobati masalah pencernaan seperti gangguan pencernaan, sakit perut dan gastroenteritis.

Para peneliti dari seluruh dunia menemukan manfaat medis baru yang menarik dari madu dan barang-barang penyembuhan lainnya yang diproduksi di dalam sarang seperti propolis, royal jelly dan bee pollen.

Sama Seperti dalam makanan lain, manfaat kesehatan madu sangat tergantung pada kualitasnya. Madu mentah, bentuk paling murni, datang langsung dari sisir dan ditempatkan ke dalam pengekstraksi atau pengolahan madu. Ini adalah madu yang tidak dipanaskan, tidak dipasteurisasi dan tidak diproses. Karena mentah, cenderung memiliki kristal bertekstur halus di dalamnya yang terjadi secara alami ketika glukosa, salah satu dari tiga gula utama dalam madu, secara spontan mengendap dari larutan madu super jenuh. Jika madu mentah mengkristal, cukup masukkan wadah ke dalam air panas selama 15 menit dan ini akan membantu mengembalikannya ke keadaan cair.

Sebagian besar madu yang ditemukan di supermarket saat ini bukanlah madu mentah, melainkan madu komersial yang telah dipanaskan dan disaring sehingga memiliki tampilan yang lebih halus dan lebih menarik. Ketika madu dipanaskan dan diproses sedemikian rupa akan mempertahankan umur simpan yang panjang tetapi vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh sebagian besar berkurang jauh bahkan hancur dalam proses tersebut. Karena itu, madu tidak bergizi seperti madu mentah.

Varietas madu sangat berbeda dalam warna, tekstur dan rasa. Sisir madu, diambil langsung dari sarangnya, adalah bentuk madu yang paling murni dan paling asli. Sel-sel lilin berbentuk segi enam yang khas yang diisi dengan madu dapat dikunyah seperti permen karet.

Madu cair adalah yang paling dikenal dan paling mudah ditemukan. Ini ditekan dari sisir dan disaring untuk menghilangkan partikel seperti serbuk sari, lilin atau kristal.

Madu krim, juga dikenal sebagai whipped honey, butiran madu atau madu fondant, memiliki konsistensi yang halus dan lembut. Krim madu tidak menetes seperti halnya madu cair, dan dapat menyebar dengan mudah.

Warna madu, sebagian besar ditentukan oleh sumber bunga nektar dari mana lebah mengumpulkannya, dikelompokkan ke dalam kategori terang, kuning dan gelap, dengan varietas yang lebih gelap lebih kuat secara medis. Secara umum, varietas madu yang lebih ringan, seperti madu bunga liar yang telah dikumpulkan dari nektar beberapa bunga, memiliki rasa yang lebih ringan. Varietas yang lebih gelap, seperti madu soba, dikumpulkan dari nektar bunga gandum soba, memiliki rasa yang lebih kuat dan lebih kuat. Sekitar 23 varietas madu umum termasuk soba, semanggi, linden, sage, tupelo dan bunga liar.

Kandungan Dalam Madu

Selain karbohidrat, madu mengandung protein (termasuk enzim) dan asam amino, dan kaya akan vitamin dan mineral. Beberapa vitamin yang terkandung dalam madu adalah B6, thiamin, niasin, riboflavin, asam pantotenat dan asam amino tertentu. Mineral termasuk kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium dan seng.

Sementara kandungan asam amino minor, spektrum luas sekitar 18 asam amino esensial dan nonesensial yang ada dalam madu adalah unik dan bervariasi berdasarkan sumber bunga. Juga terdapat polifenol, yang dapat bertindak sebagai antioksidan dan berperan dalam membersihkan radikal bebas dan senyawa reaktif tubuh yang dapat menyebabkan penyakit serius seperti kanker dan penyakit jantung.

Dipercayai bahwa madu mengandung antioksidan serupa yang ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan hijau termasuk brokoli, bayam, apel, jeruk, dan stroberi.

Rata-rata Komposisi Madu Yang Telah di Ekstrasi
Komponen Dalam Persen Dalam Gram
Air 17,20 78,00
Fruktosa 38,19 173,20
Glukosa 31,28 141,9
Maltosa 7,31 33,20
Sukrosa 1,31 5,90
Asam 0,57 2,60
Protein 0,26 1,20
Abu 0,17 0,8
sumber : Gojmerac,1979
Kandungan Vitamin B Kompleks dala Madu
Vitamin Kadar per 100gram Madu Lebah
Asam Nikrotinat 4,000 ug - 92,000 ug
Asam Pantotenat 63,000 ug - 590,000 ug
Piridoksin 227,000 ug - 480,000 ug
Riboflavin 35,000 ug - 145,000 ug
Thiamin 2,1000 ug - 9,100 ug
Biotin 0,066 ug
Asam Folat 3,000 ug
sumber : Steyn, D.G

Manfaat Madu Yang Terkandung

Untuk melawan kolesterol tinggi, tidak terlihat lebih jauh dari madu gandum. Dalam studi tahun 2004, Pengaruh konsumsi madu pada status antioksidan plasma pada subjek manusia, ahli biokimia H. Gross dan rekan-rekannya dari University of California, Davis, memeriksa hasil darah dari 25 peserta yang masing-masing diberikan empat sendok makan madu soba setiap hari untuk 29 hari di samping diet reguler mereka.

Pada interval yang diberikan, sampel yang diambil dari mereka setelah konsumsi madu menunjukkan bahwa ada hubungan langsung antara konsumsi madu subjek dan tingkat antioksidan polifenol dalam darah mereka. Dengan kandungan mineral, vitamin, dan antioksidannya yang tinggi, sejumlah kecil madu soba yang ditambahkan setiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol dengan meningkatkan kadar senyawa antioksidan pelindung dalam tubuh dalam darah.

Penggunaan madu untuk pengobatan:

1) Luka berat atau infeksi

Manfaat madu yang dicampur dengan minyak ikan dan dioleskan pada luka berat atau infeksi, menurut hasil penelitian dapat mengeringkan luka dalam waktu 10 hari. Selain itu diketahui pula bahwa madu dapat memperbesar keluarnya glutathion dari luka, sehingga mempercepat sembuhnya luka atau infeksi.

2) Penyakit lambung asam

Manfaat madu untuk penyakit lambung asam. Minum madu setelah makan dan dilakukan secara teratur, dapat mengurangi kadar zat asam pada pasien sakit perut dan gangguan usus.

3) Penyakit insomnia

Manfaat madu untuk penyakit Insomnia. Berdasarkan laporan penelitian, penyakit insomnia atau sulit tidur terdiri dari tiga macam, yakni:
  • Sukar tidur padahal merasa ngantuk.
  • Sering terbangun di tengah malam pada saat yang berbeda-beda.
  • Terlalu lekas bangun.
Bagi para penderita insomnia, selain kesulitan untuk tidur, juga merasa gelisah. jantung berdebar-debar, otak terasa berputar terus, selalu mengingat sesuatu yang dikerjakan sepanjang hari, sehingga meski tidur sebenarnya tidak merasa tidur, Pengobatan dengan segelas air susu yang dicampur madu yang diminum secara teratur waktu akan tidur, merupakan obat paling mujarab bagi penderita insomnia

4) Penyakit jantung

Manfaat madu untuk penyakit jantung, Orang yang jantungnya sering berdebar, mudah kaget, merupakan SUatu gejala umum menderita penyakit jantung. Bila secara teratur makan buah delima dan madu setiap hari dengan takaran tidak berlebihan, akan sangat bermanfaat untuk penyembuhan penyakit jantung.

5) Penyakit rematik

Penyakit rematik atau encok dapat melumpuhkan anggota badan bisa diatasi dengan Manfaat madu. Gejala rematik yang ringan adalah sakit pinggang. Pengobatannya adalah dengan minum madu dicampur telur ayam dan larutan jahe: diminum setiap 2 hari sekali secara teratur.

6) Penyakit sesak nafas

Manfaat madu untuk Penyakit sakit nafas, sesak nafas dapat mengandung risiko yang cukup fatal bagi penderita. Pengobatannya adalah dengan ramuan madu, larutan air temulawak, kunyit, asam, dan telur ayam. Pada musim hujan pengobatannya adalah dengan minum ramuan madu tersebut 2 kali sehari, pagi dan sore.

7) Penyakit campak

Penyakit campak biasanya disertai panas badan dan timbul bintik-bintik merah atau hitam pada kulit tubuh. Pengobatannya adalah dengan minum madu dicampur telur ayam, dan sebagian dioleskan secara teratur pada bagian tubuh yang berbintik-bintik.

8) Panas badan

Manfaat madu untuk panas dan demam. Penderita sakit panas badan yang tinggi biasanya sering mengigau, mata melotot. Penyakit ini sangat berbahaya bagi penderita yang masih usia balita. Pengobatannya adalah dengan minum madu dicampur kuning telur ayam, dan air jeruk nipis. Ramuan tersebut diminum secara teratur sampai panas badan turun.

9) Luka puting susu

lbu yang menyusui bayi, sering mengalami luka pada putingnya karena digigit oleh bayinya. Manfaat madu untuk Pengobatannya adalah dengan mengoleskan madu pada luka di puting tersebut secara teratur sampai kering/sembuh.

10) Jerawat pada wajah

Jerawat sangat menjengkelkan, apalagi kalau tumbuh di wajah sering menimbulkan rasa malu dan rendah diri. Jerawat dapat disembuhkan dengan minum madu dicampur kuning telur ayam, dan sebagian dioleskan pada wajah yang jerawatan setiap hari dua kali. Dalam waktu Singkat jerawat tersebut pasti akan mengering dan hilang tanpa menimbulkan belang.

Menjaga Keseimbangan Gula Darah

Penderita diabetes sering mempertanyakan apakah mereka dapat minum madu. Dalam bukunya, The Honey Revolution - Memulihkan Kesehatan Generasi Masa Depan, Ron Fessenden MD mengatakan bahwa satu sendok makan madu terdiri dari kandungan karbohidrat yang hampir sama dengan satu cangkir apel mentah, dan bahwa seorang penderita diabetes dapat yakin bahwa mengkonsumsi madu akan menghasilkan respons gula darah yang jauh lebih rendah daripada jumlah gula yang setara atau pati kaya glukosa lainnya. Keseimbangan gula dan adanya berbagai faktor pendamping dalam madu berfungsi untuk membuat makanan alami ini sangat berbeda dari gula meja, sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS) atau pemanis buatan lainnya.

Fessenden selanjutnya mengatakan bahwa ketika dikonsumsi secara teratur selama beberapa minggu atau bulan, madu akan menurunkan gula darah dan kadar hemogobin terglikasi. Dia mengatakan bahwa secara umum menambahkan tiga hingga lima sendok makan madu sehari ke dalam makanan dan menghilangkan sebagian besar gula dan HFCS harus direkomendasikan kepada penderita Diabetes Tipe 2.

Selama berabad-abad, madu murni telah digunakan pada anak-anak sebagai obat rumahan untuk membantu meringankan beberapa gejala yang terkait dengan flu biasa. Dalam penelitian Desember 2006 tentang penekan batuk, Pengaruh Madu dan Dekstrometorfan terhadap Batuk Nokturnal dan Tidur dari Penn State College of Medicine, para peneliti membandingkan madu dengan obat-obatan yang dijual bebas untuk menghilangkan gejala infeksi saluran pernapasan atas, seperti batuk, pada anak-anak 2 -ke-18 tahun. Kesimpulannya adalah bahwa madu memberikan alternatif yang aman bagi anak-anak. Madu mengungguli obat batuk dalam menawarkan tidur malam yang lebih baik dan mengurangi keparahan batuk. Di seberang papan, orang tua dalam penelitian ini menilai madu secara signifikan lebih baik daripada obat batuk atau tidak ada pengobatan untuk menghilangkan gejala batuk malam hari dan kesulitan tidur anak-anak mereka.

American Academy of Pediatrics dan profesional kesehatan anak-anak lainnya telah menyuarakan keprihatinan tentang obat bebas yang umum, keamanan produk penekan batuk ini dan apakah manfaatnya membenarkan setiap risiko potensial dari penggunaan produk ini pada anak-anak, terutama pada anak di bawah 2 tahun. Ian Paul MD, M.Sc., seorang dokter anak, peneliti dan profesor pediatri di Penn State College of Medicine dan Penn State Children's Hospital mengatakan, “Studi tambahan harus dipertimbangkan, tetapi kami berharap para profesional medis akan mempertimbangkan potensi positif madu sebagai pengobatan ... ”Namun, jangan memberi makan produk yang mengandung madu atau menggunakan madu untuk bayi di bawah satu tahun.


Dalam merawat luka, American Journal of Dermatology, dalam Honey in the Treatment of Wounds and Burns mengatakan Manfaat madu yang dioleskan pada luka dapat meningkatkan penyembuhan juga, atau dalam banyak kasus lebih baik daripada salep dan pembalut konvensional. Manfaat madu pada Sifat anti-inflamasinya mengurangi pembengkakan dan rasa sakit sementara sifat antibakteri mencegah infeksi.

Suplai Energi

Manfaat madu Untuk menjaga agar tingkat energi Anda tetap tinggi, gunakan madu sebagai sumber energi yang mudah sekali berasimilasi, madu adalah salah satu bentuk karbohidrat yang paling efektif untuk dikonsumsi sebelum berolahraga dan untuk mengisi kembali tingkat energi Anda.

Glukosa yang terkandung dalam Manfaat madu diserap oleh tubuh dengan cepat, memberikan dorongan energi langsung, sementara konten fruktosa diserap lebih lambat, memberikan energi berkelanjutan. Madu juga ditemukan menjaga kadar gula darah cukup konstan dibandingkan dengan jenis gula lainnya, dan tampaknya menjadi sumber karbohidrat yang relatif ringan pengaruhnya terhadap gula darah dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya.

Manfaat madu telah digunakan selama ribuan tahun untuk membantu menenangkan batuk anak, membantu meringankan kolesterol dan pencernaan, serta mempromosikan penyembuhan luka. Madu, dalam bentuknya yang paling murni benar-benar merupakan obat dari ujung ke ujung yang pasti akan semakin banyak digunakan di tahun-tahun mendatang.