Bacaan Sholawat Alfiyyah Keutamaan Seribu Kebaikan

Bacaan Sholawat Alfiyyah Keutamaan Seribu Kebaikan


Shalawat Alfiyyah adalah salah satu macam sholawat Ghoiru Ma’tsur  yang dinukilkan dari Syaikh Abdul Abbas Ahmad Al-Hajiri ini ,

bacaan sholawat alfiyyah

Sholawat Alfiyyah

bacaan Sholawat Alfiyyah sebagai berikut:

اللّهُمَّ صَلِّ عَلَی سَيِّدِنَا مُحَمَّد . حَاءِ الرَّحْمَةِ وَمِيْمَا الْمُلْكِ . ودال الدوام السيد الگامل الفاتح الخاتم عدد مافی علمك گائن او قد گان کلما ذگرك وذگره الذاکرون وغفل عن ذکرك وذکره الغافلون صلاة دائمة بدوامك باقية ببقائك لامنتهی لها دون علمك إنك علی کل شيئ قدير

Allâhumma sholli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin haâ-ir-rahmati wa mîmal-mulki wa dâlid-dawâmis-sayyidil kâmilil-fâtihil-khôtimi ‘adada mâ fî ‘ilmika kâ-inun aw qod kânâ kullamâ dzakaroka wa dzakarohudz-dzâkirûna wa ghofala ‘an dzikrika wa dzikrihil ghôfilûna shôlâtan dâ-imatan bidawâmika bâqiyatan bibaqô-ika lâ muntahâ lahâ dûna ‘ilmika innaka ‘alâ kulli syai-in qodîr.

Terjemahnya:

“Wahai Allah, anugerahkanlah Rahmat terhadap junjungan kami, Muhammad Saw, ha- nya rahmat, mim- nya al-mulk (singgasana), dan dal- nya dawam (keabadian), junjungan yang sempurna, pembuka dan penutup(ke-Nabian), dengan bilangan apa yang ada pada ilmu-Mu, baik yang akan ada maupun yang sudah ada, setiap kali orang yang selalu ingat mengingat Mu dan mengingat Rasul Mu dan setiap kali orang yang lalai dengan melalaikan-Mu serta melalaikan Rasul Mu. sholawat yang abadi dengan keabadian Mu, sholawat yang kekal dengan kekekalan-Mu, yang tiada batas dihadapan ilmu-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Imam Hasan Al-‘Adawi Al-Mishri dalam Syarh ad-Dalail Mengutip dari kakeknya sendiri yaitu, Syaikh Yusuf Al-Fasi, dari Abul ‘Abbas Ahmad Al-Hajiri Ra, ia berkata, “Telah sampai kepadaku bahwa barang siapa bersholawat kepada Rasulullah saw dengan sholawat ini, ia mendapatkan sepuluh kebaikan.

Saat seseorang menjumpai Nabi Muhammad Saw kemudian ia bertanya kepadanya, ‘Wahai Nabi Allah, apakah orang yang bersholawat kepadamu dengan sholawat ini akan mendapatkan sepuluh kebajikan seperti yang mereka katakan?”

Kemudian Rasul saw menjawab, ‘Iya, setiap sholawat memiliki sepuluh kebajikan, dan bahkan satu kebajikan dibalas sepuluh kebaikan.’

Imam Hasan Al-‘Adawi Al-Mishri menukilkan dari Syaikh Abul Hasan ‘Ali Al-Mudarisi bahwa sholawat Alfiyah ini juga dikenal dengan Sholawat  seribu kebaikan, dan beliau juga menukilkan dari Syaikh Abdullah bin Musa Ath-Tharabulsi dari Syaikh Muhammad bin Abdullah Az-Zaituni yang mengatakan bahwa ke dua puluh gurunya mengajarkan sholawat yang sama kepadanya.

Wallahu A’lam