Dongeng Anak Tentang Kisah Laba-laba dan Lalat Pembohong

Dongeng Anak Tentang Kisah Laba-laba dan Lalat Pembohong

Laba-Laba dan Lalat Pembohong

Suatu hari di hutan berbukit, angin kencang beristirahat dan tidak lagi bertiup. Di puncak bukit, dibalik batu besar, angin tertidur panjang. Sementara itu, para binatang mulai merindukan angin.

Merekapun mengirimkan laba-laba untuk mencari angin, dan berpesan agar angin bertiup lagi ditempat mereka.

Setelah melakukan perjalan panjang menaiki hutan yang berbukit-bukit, laba-laba pun menemukan angin dan membangunkannya. Angin tidak suka tidurnya diganggu olah laba-laba. Anginpun mengusir laba-laba dan kembali tidur.

Laba-laba pun kembali pulang dan berjalan dengan perlahan, butuh waktu yang lama baginya turun dari bukit. Saat didalam perjalanannya, dia bertemu dengan seekor lalat yang terbang perlahan seperti sedang mencari sesuatu.

Ternyata lalat pun juga dikirim untuk mencari angin, oleh binatang yang lain. Karena para binatang tidak sabar menunggu Laba-laba yang sudah sekian lama tak kembali membawa kabar baik.

Lalat bertanya kepada laba-laba : "Apakah kau menemukan Angin?"

"Ya, Aku telah menemukannya dan berhasil membujuknya." Jawab Laba-laba.

Menjawab pertanyaan lalat, Laba-laba berbohong dengan mengatakan bahwa ia telah menemukan angin dan berhasil membujuknya.

Laba-laba memang telah menemukan angin, namun ia tidak bisa membujuk angin untuk bertiup kembali. Malahan sebenarnya angin mengusir laba-laba.

Mendengar apa yang dikatakan laba-laba, lalat pulang lebih dulu dengan terbang cepat ke tempat tinggalnya meninggalkan laba-laba, Lalat berencana mengakui bahwa ia yang terlebih dulu bertemu angin dan membujuknya, bukannya laba-laba. la berharap akan mendapatan pujian dari para binatang.

Rencana berjalan lancar. la tiba di bawah sebelum laba-laba. Dengan cerita bohong yang dibuat-buat, lalat menceritakan perjalanan beratnya untuk menemukan angin. Para binatang bersorak atas keberhasilan serta memuji lalat setinggi langit.

Sementara itu, lain halnya saat laba-laba pulang, ia diusir oleh para binatang karena tidak berhasil menemukan angin. Sejak saat itulah laba-laba dan lalat menjadi musuh.

Laba-laba dendam dan membuat rencana dengan sengaja membuat jebakan untuk membunuh dan memakan lalat.

Sementara itu, angin sudah bangun dari tidur dan mulai bertiup kembali, seolah-olah tidak ada kejadian apapun selama ia tertidur.

Pesan Moral yang dapat diambil dari Dongeng anak tentang Laba-Laba dan lalat Pembohong adalah:

Jangan suka berbohong kepada teman atau siapa pun, Jika kita berbohong akan dijauhi teman dan dapat membawa masalah yang lebih besar. Belajarlah jujur walau itu tidak enak bagi kita. sifat jujur adalah mulia dan disukai Tuhan.