Nama Tingkatan Surga Dan Calon Penghuninya

Nama Tingkatan Surga Dan Calon Penghuninya

Surga adalah sebaik-baiknya tempat kembali, bagi orang-orang muslim dan mukmin yang selalu mengerjakan amal sholeh dan menjauhi dosa. Mengerjakan perintah Allah dan menjauhi laranganNya. Banyak sekali disediakan jalan untuk menuju surganya Allah, dan jalan tersebut menuju pada tingaktan-tingkatan didalam surga.

 

Nama Tingkatan Surga Dan Calon Penghuninya
 

Bagi calaon penghuni surga, Mereka memperoleh buah-buahan dan segala sesuatu yang mereka kehendaki (Q.S. Yaa Siin: 57) Mereka dikelilingi oleh pelayan-pelayan muda yang (selamanya) tetap muda. 

Apabila penghuni surga melihat mereka, ia akan mengira mereka mutiara yang bertaburan (Q.S. Al Insan: 19) Allah SWT memberikan kepada mereka bidadari untuk menemani (Q.S. Ad Dukhan: 54 dan Ar Rahman: 72) Bidadari yang bermata jeli (Q.S. Al Waqi'ah: 22), cantik jelita dan putih bersih (Q.S. Ar Rahman: 72). Mereka tidak mendengar perkataan kosong dan dusta (Q.S. An Naba': 35), tidak mendengar perkataan yang tiada guna, kecuali ucapan selamat (Q.S. Maryam: 62).

Nama Tingkatan Surga

Perihal nama-nama surga, tingkatan dan calon-calon penghuninya diterangkan demikian.

Surga Firdaus

Surga Firdaus diciptakan oleh Allah SWT dari emas. Tentang calon penghuninya dijelaskan dalam surat Al-Mukminun ayat 1-11: 


a) orang-orang yang memelihara dan khusyuk shalatnya;
b) orang-orang yang menjauhkan diri dari ucapan dan perbuatan yang tiada guna.
c) orang-orang yang membayar zakat,
d) orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri-istrinya; dan
e) orang-orang yang memelihara amanat dan menepati janji.
 

Surga Adn 

Surga Adn diciptakan oleh Allah SWT dari intan putih. Calon penghuninya, ialah:


a) orang yang bertakwa kepada Allah SWT (Q.S. An Nah: 30-31)
b) Orang yang benar-benar beriman dan beramal saleh (Q.S. Thaha: 75-76):
c) orang yang banyak berbuat baik (Q.S, Fathir: 32-33);
d) orang yang sabar, menginfakkan hartanya dan membalas kejahatan dengan kebaikan (Q.S. Ar Rad: 22-23)
 

Surga Na'im 

Surga Na'im diciptakan oleh Allah SWT dari perak putih. Calon penghuninya ialah orang-orang yang benar-benar bertakwa dan beramal saleh (Q.S, Al Qalamn; 34, Q.S. Luqman: 8, dan Q.S. Al Haj: 56)
 

Surga Ma'wa 

Surga Ma'wa diciptakan oleh Allah SWT dari zamrut hijau. Calon penghuninya ialah:


a) orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT (QS. An Najm: 15);
b) orang-orang yang benar-benar beriman dan beramal saleh (Q.S. As Sajdah: 19);
c) orang-orang yang takut pada kebesaran Allah SWT dan menahan diri dari hawa nafsu buruk (Q.S. An Nazi'at: 40-41)
 

Surga Darusslam

Surga Darusslam, diciptakan oleh Allah SWT dari yakut merah. Calon penghuninya ialah orang-orang yang kuat iman dan islamnya, memperhatikan ayat-ayat Al-Quran serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari karena Allah SWT (Q.S. Al An'am: 127)

 

Surga Darul Muqamah

Surga Darul Muqamah diciptakan oleh Allah SWT dari permata putih. Calon penghuninya ialah orang-orang yang kebaikannya amat banyak dan sangat jarang berbuat kesalahan.

 

Surga Al Maqaamul Amiin

Surga Al Maqaamul Amiin, diciptakan oleh Allah SWT dari emas. Calon penghuninya ialah orang-orang yang keimanannya telah mencapai tingkat muttaqien, yakni orang-orang yang benar-benar bertakwa kepada Allah SWT (Q.S. Ad Dukhan: 15)

 

Surga Khuldi

Surga Khuldi, diciptakan oleh Allah SWT dari marjan merah dan kuning, Calon penghuninya ialah orang-orang yang taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya(Q.S, Al Furqaan: 165)


Jarak antara tingkatan surga yang satu dengan surga yang lain diterangkan dalam hadis. Surga itu terdiri dari seratus tingkat. Jarak antara yang satu dengan lainnya seperti antara bumi dan langit. Dan tingkatan tertinggi adalah surga Firdaus." (H.R. Abi Said Al Khudri).