Dongeng Fabel Kisah Sekelompok Monyet Dan Bulan

Dongeng Fabel Kisah Sekelompok Monyet Dan Bulan

Dongeng Tentang sekelompok Monyet yang ingin meraih bulan pada bayangan sumur, mereka mengira bulan telah terjatuh dan mencoba untuk mengeluarkannya.

Sekelompok Monyet Dan Bulan

Pada suatu masa, hiduplah kelompok monyet. Mereka hidup di sebuah hutan. Di hutan itu terdapat sebuah sumur. Suatu malam, pemimpin kelompok monyet melihat kedalam sumur dan melihat bayangan bulan. la berkata,

"Lihat! Bulan telah jatuh ke sumur. Kita harus menolong dan mengeluarkannya. Jika tidak, bumi tidak akan mempunyai bulan lagi"

Monyet-monyet lainnya ikut melihat ke dalam sumur dan menyaksikan hal yang sama. "Ya, kita harus mengeluarkan bulan dari dalam sumur kata mereka

Di bawah komando pemimpin monyet, para monyet itu menuruni sumur dengan berpegangan pada tangan monyet di atasnya. Monyet paling atas berpegangan dengan kuat pada sebuah dahan pohon agar monyet-monyet yang berpegangan membentuk rantai di bawahnya itu tidak terjatuh.
Dahan pohon mulai membengkok karena berat nya beban. Tapi, para monyet tidak menyadari.

Monyet yang berpegangan bertambah semakin banyak menyambung kebawah, karena dasar sumur sangat dalam. Dan Lama kelamaan, dahan itu akhirnya patah karena tak mampu menahan beban.

Seluruh monyet pun masuk ke dalam sumur. Banyak monyet yang mati dan terluka. Pemimpin monyet hanya bisa menutup mata melihat nasib anak buahnya. Itulah akibatnya jika orang bodoh memimpin sekelompok orang bodoh. Hasilnya adalah kehancuran.

Pembelajaran

Pesan Moral dari Kumpulan Cerita Anak: Sekelompok Monyet Dan Bulan adalah jadilah pemimpin yang pintar dan bijaksana. Sebab, pemimpin itu akan menjadi contoh bagi orang-orang yang dipimpinnya.