Fakta Dan Bacaan Doa Ketika Bersin

Fakta Dan Bacaan Doa Ketika Bersin

Bersin adalah proses alami sebagai bentuk reaksi tubuh terhadap iritasi untuk mengeluarkan benda asing yang mengumpul didalam saluran pernafasan, seperti bau makanan, pilek, flu, kuman, debu, dan bulu binatang, atau yang lainnya.

doa ketika bersin

Fakta Bersin

Prosesnya diawali oleh perintah otak atas respon masuknya benda asing untuk mengambil nafas secara dalam. Proses ini menyebabkan otot-otot didada menegang dan udara dikeluarkan secara cepat bersamaan dengan pelepasan nafas.

Ketika otot didada menegang dari reaksi pengambilan nafas yang dalam, irama / ritme jantung menjadi lambat bahkan ada yang mengatakan jantung berhenti beberapa saat atau se per sekian detik, namun dikatakan oleh pihak ahli bahwa hal itu adalah mitos belaka.

Doa Ketika Bersin

Didalam Islam kita disunnahkan untuk mengucap doa atau panjatan syukur ketika sehabis bersin, hal tersebut telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad s.a.w sebelum fakta medis terungkap seperti sekarang. Ucapan syukur tersebut adalah ucapan sukur atas manfaat dari kejadian tersebut.

Bisa dibayangkan bukan? bahwa betapa luar biasanya Islam dan Nabi Muhammad menyikapi setiap kejadian yang membawa manfaat maupun yang menyebabkan mudharat.

Berikut Ucapan Doa orang yang bersin dan yang mendengarnya.

- Orang yang Bersin Mengucapkan
Orang yang bersin setelahnya membaca Hamdallah sebagai ucapan syukur

الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ

Alhamdulillah hirobbil 'aalamiin

Artinya:
Segala puji bagi Allah disetiap keadaan

- Orang yang Mendengar Mendo'akannya
Bagi orang yang mendengar dan berada didekat orang yeng sedang bersin dan mengucap hamdallah diatas bacaan yang dibaca adalah :

يَرْ حَمُكَ اللهُ

Yar hamukaulloh

Artinya:
Semoga Allah memberi rahmat kepadamu

-Orang yang Bersin Mendo'akan Orang yang Mendo'akannya
Kemudian orang yang bersin ketika mendengar ada yang mendoakan dirinya, wajib untuk mendoakan kembali karena telah mendoakannnya dengan bacaan :


يَهْدِيكُمُ اللهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ

Yahdii kumullohhu wayusylihu baalakum

Artinya:
SEmoga Allah memberi hidayah dan melimpahkan kesejahteraan kepada kamu sekalian